Wednesday, April 8, 2020

Sekarang Belajar lewat online

Aplikasi online yang bisa mulai SEKARANG gunakan untuk mengajar secara online

Oleh : Rasita
Berita dimanan-mana tentang COVID-19, pertama saya biasa-biasa saja menanggapinya,setelah mendengar cerita dari orang tua saya ada tetangga Desa yang baru terjakit COVID-19 langsung meninggal saya mulai berpikir dan mencari tau apa sebenarnya COVID-19 serta bagaimana penyebarannya.  rasa takut mulai menghantui saya dan rekan-rekan satu sekolah.

Mendengar berita dan informasi dari teman Virus COVID-19 adalah sebuah penyakit yang bisa menular lewat kita bersin dan batuk,yang mudah di serang adalah usia Lansia dan orang yang fisik lemah

Dengan merebah Virus COVID-19 pemerintah mulai kuatir terhadap kesehatan masyarakat terutama masyarakat yang berkumpul dengan jumlah yang besar seperti sekolah,maka pemerintah pusat mengeluarkan suatu keputusan untuk melibur Sekolah. Pemerintah daerah mulai menindaklanjuti keputusan pemerintahan  pusat,dengan membuat surat edaran meliburkan sekolah.

Surat edaran dari Bupati tentang libur COVID-19,kepala Sekolah,guru dan staf mulai kebingungan   
1. Akan terngganggu program sekolah
2. Akan terganggu proses pembelajaran
Namun kita tetap melaksanakan surat edaran libur tersebut demi kesehatan guru dan siswa serta salah satu jalan untuk memutus rantai penyebaran Virus COVID-19.

Libur selama 14 hari tentu pembelajaran tetap berjalan,karena kita tau pembelajaran tidak selalu diruang kelas dimanapun bisa menjadi ruang kelas.
Pembelajaran yang tepat saat ini adalah pembelajaran online atau daring karena tidak banyak menimbulkan resiko terhadap virus COVID-19.

Pembelajaran online atau daring dilakukan dengan menggunakan alat yaitu laptop, smartphone serta internet.
Pembelajaran online atau daring banyak permasalahan yang di hadapi terutama siswa yang tidak punya smartphone andoroid,jaringan internet yang tidak ada,jaringan yang lemot dan siswa serta orang tua ada yang kurang mahir menggunakan IT.

Pembelajaran online dilaksanakan dengan membuat wa group masing-masing kelas.
Saat memberi pengumuman tentang libur COVID-19, Kepala Sekolah memberi arahan menyuruh siswa mencatat no hp gurunya masin-masing supaya dikasih dengan orang tuanya, nanti orang tua mengirim no hp dengan guru,baru di buat group wa Kelas.

Pembelajaran lewat online mulai berjalan guru memberi beberapa soal setiap hari sesuai dengan jadwal yang di tentukan guru.siswa mulai mengerjakan tugas.
Diantara beberapa siswa yang mengerjakan tugas ada juga yang kurang mengerti, mereka meminta pertolongan orang tua, orang tua pun ada juga yang bingung memberi pertolongan , akhirnya orang tua menelepon guru untuk meminta penjelasannya jadi begitulah keadaan di lapangan,namun ada juga orang tua yang bisa mengatasinya.
Bagi siswa yang tdk punya smatphone terpaksa minta bantu kawan terdekat.

2 comments:

  1. Sebagai pemula sudah oke...sinkronisasi antara judul dan isi nampaknya perlu diperhatikan lagi...kalau lihat judul lebih mengajak dan memberikan motivasi menggunakan media online...

    ReplyDelete