Saturday, April 18, 2020

Menikmati makan bersama dalam kesederhanaan


Menikmati makan bersama dalam kesederhanaan

Oleh Rasita
Kepala SDN 16 Penarik


Di tengah wabah covid-19 yang beritanya dimana-mana saja ada,sehingga keluarga kami sangat berhati-hati dalam berakifitas baik dalam bekerja maupun dalam kegiatan menyiapkan makanan untuk keluarga.

Kebetulan kami tinggal di suatu  Desa yang wilayahnya masih jarang penduduknya dan pekarangan rumah  termasuk lumayan luas, sehingga pekarangan bisa dimanfaatkan untuk membuat kolam ikan, menanam sayuran dan  buah-buahan serta ternak ayam.

Di saat COVID-19 melanda Negara kita,kami tidak begitu repot untuk mencari kebutuhan dapur yang ingin dimasak,  beberapa bahan sudah tersedia di pekarangan rumah. Jadi kami tidak begitu banyak keluar rumah, kecuali membeli yang tidak tersedia di pekarangan rumah.

Untuk kebutuhan beras kami dikirimi oleh orang tua dari kampung, karena orang tua adalah seorang petani, mereka menanam padi, sayuran dan tanaman keras seperti kayu kulit manis, jeruk dan kopi.

Anak saya yang bungsu ada di rumah kebetulan kuliahnya diliburkan  selama Wabah COVID-19 dia membantu saya, dia masak dengan bahan apa saja yang ada di sekitar rumah, masakannya ala anak kuliahan.

Anak saya meminta pada bapaknya untuk menangkap ikan karena mau di goreng, bapaknya segera mengambil jaring dan langsung berjalan  kesamping rumah untuk menangkap ikan, tidak begitu lama beliau sudah membawa sekitar enam ekor ikan Nila, kemudian saya bersihkan sedangkan  anak memetik sayur di pekarangan untuk di rebus .

Ikan Nila di goreng di campur dengan cabe, dan di tambah lagi ada sisa tempe di kulkas di goreng juga, setelah selesai semua masakan kami hidangkan di meja makan. Makanan siap di santap.
Semua kelurga sudah duduk dimeja makan untuk menikmati masakan sederhana tapi membawa nikmat, saya melihat betapa lahapnya mereka menyantap makanan sampai mengeluarkan keringat.
Setelah itu semuanya kekenyangan, kami segera membereskan sisa makanan dan mencuci piring yang kotor sambil bercerita enak dan nikmatnya makan bersama walaupun sederhana.

3 comments: