Thursday, April 30, 2020

MENGENAL ARTIKEL



Materi Kang encon dalam belajar menulis Artikel

Apa itu Artikel Populer ?
ARTIKEL  adalah karya jurnalistik berupa tulisan  yang berisi pendapat (opini), gagasan (ide), pemikiran, serta fakta.
Artikel dalam jurnalistik termasuk dalam kategori views (pandangan atau opini) seperti Tajug Rencana, Surat Pembaca, Kolom, Analisis Berita, Karikatur. (Sumber : Jurnalistik Terapan, Asep Syamsul M. Romli, Batik Press, 2003: 79)

ARTIKEL   adalah sebuah karangan faktual (nonfiksi) tentang suatu masalah secara lengkap yang panjangnya tidak ditentukan tergantung koran yang bersangkutan, untuk dimuat disurat kabar, majalah dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan atau fakta guna meyakinkan, mendidik, menawarkan pemecahan suatu masalah, atau menghibur.

ARTIKEL   ditulis  berdasarkan realitas yang memperkuat fakta-fakta kebenaran sebagai subtansi utamanya.
Hakikat artikel  menunjukkan analisis singkat masalah yang besar dan aktual.
Setelah membaca artikel  pembaca menjadi tahu keadaan sesuatu yang telah, sedang dan akan terjadi lewat analisis singkat artikelis.

ARTIKEL  adalah karangan prosa  dalam media masa yang membahas  pokok masalah  secara lugas. Dari segi bentuk tak ubahnya seperti esai. Meski begituh bukan esai karena sifatnya tidak pribadi dan cakupannya sangat luas. Juga beda dengan esai, artikel tidak terlalu memperhatikan keindahan bahasa dan bentuk. Panjangnya bervariasi, dimaksudkan untuk menyampaikan gagasan (fakta, dengan tujuan meyakinkan/membujuk/menghibur pembaca) yang penting dalam artikel adalah isi yang benar dan aktual , susunannya rapih, dan kehematan (ekonomi) kata,
(Sumber: Ensiklopedia Indonesia, Ichtiar Baru-Jakarta, 1984:273 dan Ensiklopedia Pers Indonesia, Gramedia Jakarta, 1991:14)

ARTIKEL adalah karya tulis  lengkap dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya.
(Sumber : KBBI, Jakarta, 1988: 49)

ARTIKEL adalah tulisan nonfiksi, biasanya singkat dan lengkap seperti berita dan khas dalam surat kabar , majalah
(Sumber: Webster’ New World Dictionary, New York, 1990:26)

ARTIKEL adalah bagian tulisan nonfiksi yang berbentuk bebas, bagian dari  penerbitan seperti laporan dan esai. (Sumber: The American Heritage Desk Dictionary, Boston, 1981: 59)

ARTIKEL adalah tulisan  lengkap dalam surat kabar, majalah , dsb.
(Sumber: Essential English Dictionary, London, 1989:39)

ARTIKEL adalah  karangan yang menampung gagasan dan opini penulis, bisa berupa gagasan murni. Atau memungut dari sumber lain, referensi, perpustakaan, atau pernyataan orang lain.
(Sumber: Tjuk Swarsono wartawan senior)

ARTIKEL adalah suatu tulisan tentang berbagai soal , mulai politik, sosial, ekonomi budaya dll.
(Sumber: R. Amak Syarifuddin, dosen STIKOSA AWS surabaya)

ARTIKEL yang baik memiliki muatan fakta, interpretasi dan opini.
FAKTA adalah kenyataan yang ada sesuai dengan data yang sebenarnya.
INTERPRETASI adalah  hasil pemikiran berupa penafsiran, pengertian atau pemahaman.
OPINI adalah pendapat atau pandangan seseorang terhadap masalah yang terjadi.

Kesimpulan dari Artikel adalah:
Berdasarkan berbagai pemikiran para ahli di atas tentang artikel maka dapat disImpulkan ARTIKEL   ditulis  berdasarkan realitas yang memperkuat fakta-fakta kebenaran sebagai subtansi utamanya.
Hakikat artikel  menunjukkan analisis singkat masalah yang besar dan aktual. Setelah membaca artikel  pembaca menjadi tahu keadaan sesuatu yang telah, sedang dan akan terjadi lewat analisis singkat artikelis.

2 comments: