Friday, April 10, 2020

Bingkisan Buah Kurma dari saudara

Kurma bingkisan dari saudara





Oleh : Rasita
Kepala SDN 16 Penarik

Desa ku terletak di pingir Danau dan di bawah Kaki Bukit Barisan,namanya Desa Keluru,disini hidup beberapa kepala keluarga yang kental dengan adat istiadat,dan selalu kompak dalam kegiatan apapun.

Menjelang keberangkatan Haji semua warga dikumpulkan untuk memberi penghormatan dengan cara di beri hiburan (batale) dan mendoakan supaya mereka yang berangkat Haji di beri kesehatan dan kekuatan dari mulai berangkat sampai pulang.
Ketika berangkat diarak bersama-sama beberapa km untuk istilah mengantar jemaah Haji dan pulang di jemput kira-kira berapa kilo sesuai dengan kamampuan masyarakat berjalan kaki.

Nah ketika pulang inilah tradisi jemaah Haji membawa oleh-oleh untuk warga yaitu buah KURMA, setiap masyarakat yang berkunjung kerumah di berikan buah KURMA.
Sedangkan untuk saudaranya disamping dikasih makan waktu menengoknya juga diantar sebagai bingkisan atau oleh-oleh.

Terasa senang betul kita menerima oleh-oleh dari saudara,apalagi rasanya heemmmm enaak sekali
Manis dan lezat.
Buah kurma memang enak di konsumsi apalagi di bulan puasa.sekarang kita akan menghadapi puasa, harusnyakita punya stok dirumah.
Jadi di group wa pun kita bisa memesannyanya tidak perlu keluar rumah,mengingat wabah COVID-19 masih belum reda.

3 comments:

  1. Begitulah kebiasaan sosial budaya masyarakat Desa Keluru menyambut warganya pulang menunaikan Ibadah Haji dan menjadi kebiasaan Jemaah Haji yang baru pulang untuk menyuguhkan Kurma dan Air Zam-zam untuk warganya.

    ReplyDelete
  2. Jadi rindu sama kampung 😥

    ReplyDelete