Friday, April 10, 2020

Resume Dasar menulis meliputi : Pemilihan kata,penulisan kalimat,dan menyusun pragraf

Dasar menulis,meliputi : Pemilihan kata,Penulisan Kalimat,dan Penulis pragrap.
Resume:  materi dari Mas Imam Fitri Rahmadi, Dosen Universitas Pemalang

Oleh : Rasita
Kepala SDN 16 Penarik

Semua orang bisa menulis.Paling tidak menulis di whatsaApp dan Facebook,atau sekedar menulis keterangan foto yang di unggah di Instagram.Tulisan bisa menggunakan kata,kalimat,dan bentuk pragraf sesukanya.Menulis secara personal memang sangat bebas tidak harus ada aturan,beda dengan penulisan tertentu.Beda jika menulis formal,apalagi menulis untuk akademik.terdapat berbagai kaidah.

Semoga tulisan bisa bermanfaat bukan hanya sebagai landasan teoretis tetapi juga landasan praktis bagi siapa saja yang sedang belajar menulis.baik gaya personal,formal maupun akademik.

1 Pemilihan Kata

Prihal pilihan kata disebut diksi.antara penulisan personal,formal dan akademik,diksi bisa sangat berbeda miskipun dimaksud untuk mengungapkan hal yang sama.cermati tiga kalimat dibawah ini:
Ibu guru sedang ngobrol-ngobrol dengan kepla sekolah.
Ibu guru sedang berbincang-bincang dengan kepala sekolah
Ibu guru sedang berdiskusi dengan kepala sekolah.
Berbeda satu kata saja dapat merobah rasa dari kalimat.

2. Penulisan Kaliamt

Kalimat terdiri dari kalimat yang sederhana (simple setance)kalimat gabungan (Compound setance) kalimat komplek (complex setance) dan kalimat campuran.

Sederhana :
Saya membaca tulisan di blog

Gabungan :
Saya membaca tulisan di blog untuk menambah pengetahuan saya tentang cara menulis kalima

Komplek :
Saya membaca tulisan diblog ketika sedang bekerja dari rumah.

Campuran :
Saya membaca tulisan di blog untuk menambah pengetahuan saya tentang cara menulis kalimata ketika sedang bekerja dari rumah.

3. Penyusunan pragraf

Pragraf adalah Kumpulan kalimat yang mempunyai satu kalimat topik ( topic sentence ) sebagai ide pokok atau gagasan utama (main idea)atau gagasan utama (supporting tance) sebagai detail yang menjelaskan ide pokok.supaya enak dibaca dan mudah di pahami,susunan pragraf dedukatif.

Contoh pragraf yang baik:
Bekerja dari rumah memiliki kekurangan dan kelebihan.pada satu sisi,bekerja dari rumah membuat jadwal kerja tidak begitu jelas sehingga staf membuat jadwal dan jam kerja sendiri.
Bekerja membuat kurang begitu nyaman bagi yang memiliki rumah sempit,orangnya banyak. Pada sisi lain,justru waktu menjadi lebih fleksibeldan lebih banyak waktu untuk keluarga.bisa menghemat pengeluaran untuk transportasi dan juga menghemat biaya kantor.

Itulah cuplikan dasar menulis dari Mas Imam Fitri Ahmadi mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kiat semua.

1 comment: