Thursday, April 16, 2020

Mengajar Gaya Motivator


Pertemuan 11, resume Mengajar Gaya Motivator (MGM)
Oleh : Rasita
Kepala SDN 16 Penarik

Bersama nara sumber : Aris Ahmad Jaya,merupakan seorang motivator sekolah-sekolah unggul Indonesia ,sebagai coach dan konsultan bagi sekolah-sekolah unggul  Indonesia untuk menemukan kekhasan dan kekhususan.pada hari Kamis 16 April 2020.
Bagai mana menjadi pribadi yang mampu menarik dan menyenangkan,pribadi yang di rindukan , Pribadi yang mampu menginsfirasi serta menjadi pribadi yang dicintai dan di sayangi anak didik anda.
Berdasarkan niat seseorang menjadi guru ada dua bagian :
1.       Guru betulan
2.       Guru kebetulan

Guru Betulan adalah guru dari awal ingin menjadi  seorang pendidik ingin mengajar dan ingin menjadi guru,guru betulan ini memang ingin menjadi guru yang diidamkan,guru yang memiliki energi  untuk mengajar dan memiliki energi untuk  ketemu siswa,energi untuk menularkan ilmunya dengan siswa .

Guru Kebetulan,sebagian guru yang saya kenal adalah kebetulan yaitu  kebetulan ada luangan menjadi pengajar sehingga menjadi guru,kebetulan lulus dari universitas dan sambil menunggu pekerjaan makanya melamar menjadi guru dia diterima maka seterusnya dia menjadi guru.apakah  salah guru kebetulan menjadi guru? Salah,kalau dia tidak memperbaiki  kesalahannya dan tidak mau belajar,dan menyampaikan pelajaran asal-asalan.
Apakah anda Guru betulan atau guru kebetulan saya tidak masalah,yang jadi masalah adalah apabila anda tidak mau menerima profesi anda sebagai seorang guru.guru betulan atau guru kebetulan apabila anda menerima profesi anda sebagai guru, mau memberi pelajaran dengan baik dan menyenangkan .


Berdasarkan  Kinerja ada 3 tipe guru :
1.       Nyasar
2.       Bayar
3.       Sadar

Guru Nyasar adalah guru yang tidak punya tujuan,tidak punya arah,dia guru yang menyesatkan, mengapa ? murid-murid bisa membenci pelajaran karena sering tidak punya energi dan tidak punya target dan dia seorang guru seperti  jam dinding yang lambat bergeraknya akhirnya murid jadi jenuh.

Guru Bayar adalah guru yang energi terkait dengan fenansial  dia bekerja karena ada gaji sebatas dia karena ada fenansial yang di peroleh. Guru bayar ini kadang-kadang bekerja berdasarkan energi uang. Guru seperti ini adalah guru yang tidak konsisten,kadang-kadang tanggal muda wajah cerah,semangat dan cerah,mungkin karena ada fenansial yang cukup,ada sertifikasi,namun kadang  mukanya sangat menyedihkan tidak semangat gara-gara dia merasa pekerjaan ini bukan pekerjaan yang  menjanjikan.

Guru Sadar adalah seorang guru yang kehadirannya menjadikan murid-murid mencintai dirinya,mencintai pelajarannya,mencintai kehidupan apapun yang keluar dari mulutnya menjadi kata-kata yang mampu menyadarkan.kehadirannya adalah menyenangkan kepergiannya adalah yang di rindukan.ilmunya ditinggalkan adalah magnet yang tinggalkannya.



Ada 4 peran guru dalam mengajar :
1.       Mengajar
2.       Mendidk
3.       Menginspirasi
4.       Menggerak

Kadang kita lebih pokus dengan peran yang pertama yaitu mengajar,memindahkan ilmuan yang ada di otak kita ke otak murid kita memindahkan kurikulum yang ada kepikiran murid kita kalau guru hanya sekedar mengajar maka kita akan kalah dengan metode dan pola-pola hari ini bisa online,mereka bisa belajar dari youtube, sekarang sudah ada kelas-kelas online yang memungkin murid-murid bisa belajar keilmuan tanpa kehadiran guru.

Sekarang kita masuk dengan guru mendidik,bagai mana guru bisa mendidik ? tentu guru bisa menjadi edola,menjadi teladan dan menjadi contoh. Guru sendiri menjadi dua kata di gugu dan di tiru diharapkan ketika masuk ke renah mendidiktanamkan nilai-nilai,norma-norma baik yang bisa dijalankan oleh anak didik kita dalam keseharian,kedispilanan,kejujuran,bisa di percaya ,berbagi,bekerja sama,komunikasi,memudahkan urusan orang lain,menolong ,membantu itulah pola-pola yang bisa dimasukkan ketika anda mendidik dan anda bisa masuk lewat pelajaran apapun.

Guru yang mampu mendidik ternyata mampu menginspirasi kenapa ? karena apa yang dididik dia terinspirasi dia akan menjadikan anda bagian dari histori dan bagian dari sejarah mereka .ketika anda bisa menunjukkan energi,keteladanan dan mampu menunjukkan anda sepenuh hati maka anda dalah inspirator dan moti vator bagi mereka .

Apabila kita bisa menjadi inspirator atau motivator bagi mereka maka kita bisa menjadi Penggerak untuk mereka mengerjakan apa yang kita sarankan dan menggerakkan mereka apa yang kita harapkan. Jadi guru yang hebat adalah guru yang mampu mengajar,mendidik,menginspirasi dan menggerak .

Ada beberapa langkah sederhana Mengajar :
1.Jadi guru yang menarik dan menyenagkan,menarik dimulai apa yang terlihat,menyenangkan dimulai  dari apa yang terasa, ketika pandangan pertama murid sudah suka dengan anda tatapan pertama dan nyaman berarti ini sudah mulai tertarik,dari segi penampilan dan prilaku saja mereka sudah bisa tertarik,
2.Jadi guru yang mampu menjadi bagian pemain bukan penonton ,temukan titk lebihnya dan motivasilah mereka , temukan  nilai unggul dan nilai tambah mereka.
3.Berikan label positif pada mereka  contoh ketika masuk kelas berilah pujian kepada mereka bahwa kita suka dengan kelas ini atau suka dengan kalian,karena kelas ini rapi ,bersih dan baik.
Bahasa cinta guru idola,dengan  bahasa cinta yang cerdas seorang guru akan mendapatkan cinta dari anak didiknya.

5 bahasa cinta yang layak di pelajari dan paraktekkan :
1.       Jempol  yaitu Apresiasi  memberi sentuhan emas atau menghargai  siswa
2.       Telunjuk yaitu Komitmen memberi megastars guru yang mapu memberikan komitmen,konsisten,disiplin dan layak untuk ditiru.
3.       jari tengah yaitu keunggulan jadilah pribadi yang memilik ke unggulan,keunikan,nilai tambah dan nilai lebih
4.       jari manis yaitu hubungan interpersonal ,buat lah hubungan yang baik yang saling mencintai dan menyanyangi, saling membutuhkan.
5.       Jari kelingking yaitu hargailah hal-hal yang kecil ,jangan meremehkan hal yang kecil seperti contoh menyapa mereka dengan menyebut nama mereka,memberi  catatan kecil di buku tugas mereka , memberi ucapan terima kasih misalnya apabila mereka sudah mengerjakan tugas .

Demikianlah rangkuman saya, terima kasih pak Aris Ahmad Jaya dan om jay sebagai moderator yang telah memeri mater dan memandu jalannya pelajaran malam ini.


1 comment: