Sunday, April 19, 2020

Peyek Pemberian Mbah Yem


Peyek pemberian Mbah Yem

Oleh Rasita
Kepala SDN 16 Penarik


Pada hari Selasa 13 April 2020 kira-kira pukul 8.00 pagi saya mau mau meninjau sekolah ingin melihat tanaman,sebelum berangkat saya ingat dengan Mbah Yem dan suaminya yang tinggal disamping Sekolah mereka tinggal berdua saja karena anaknya sudah punya rumah sendiri.

Saya meminta dengan suami untuk mengambil buah papaya yang matang dan buah naga untuk di kasih dengan Mbah Yem. Suamipun mendekati pohon tersebut dan memetik buahnya dan memetik juga buah naga, setelah itu memberi dengan saya.

Buah Pepaya dan Buah Naga yang masak saya masukkan kedalam kantong plastik, dan suami menghidup mesin mobil untuk segera mengantar saya.sampai dilokasi sekolah saya suruh suami berhenti dan saya segera menuju rumah Mbah Yem, pintu pagarnya saya buka dan saya mengetok pintu sambil mengucapkan assalamualaikum dari dalam Mbah Yem menjawab waalikumsalam sambil membuka pintu, saya kasih buah dalam kantong tadi dengan Mabah Yem beliau menerima dengan senang hati dan mengucapkan terima kasih.

Setelah itu saya pergi dan menuju pekarangan sekolah dan saya mulai mengamati tanaman, dalam hati saya tanaman ini harus di siram saya pun mengambil air dan menyiram bunga, dalam asyik menyiram bunga Mbah Yem datang ketempat saya dengan membawa satu bungkusan. Bungkusan itu isinya peyek untuk saya, jadi saya menerima peyek yang di berika tadi saya gantung di  dekat bunga. Mbah Yem duduk dekat saya saya pun terus saja dengan pekerjaan sambil bercerita dengan Mbah Yem.

Selesai menyiram bunga saya duduk dekat Mbah Yem, beliau bercerita bahwa peyek itu bikin sendiri sama Mbah lanang. Bahannya di beli diwarung depan Cuma kelapanya yang susah nyari maunya kelapa yang sudah tua kata Mbah Yem. Kemudian saya menjawab bahwa dirumah saya ada pohon kelapa Mbah nanti saya kasih ya ? toh di rumah juga tidak di pakai karena saya beli santan siap.

Mbah Yem menyuruh saya menyicip peyeknya apa enak rasanya, saya ambil satu peyeknya saya makan ternyata enak dan rapuh sekali, saya bilang dengan Mbah Yem enak Mbah Peyek bikinan Mbah. Mbah jawab terima kasih saya senang betul bikin Peyek katanya.Tidak lama kemudian Mbah Yem pamit pulang dan saya melanjutkan pekerjaan lagi.

Tidak lama suami datang untuk jemput saya, tapi saya suruh nunggu sebentar karena masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan, kemudian  saya tawarkan peyek yang dikasih Mbah Yem dengan suami, memang suami suka betul dengan peyek dia dengan senang hati mengambil peyek dan menyantapnya. Ternyata Peyek yang dikasih Mbah Yem tadi habis disantap oleh Suami. Saya hanya dapat kebagian satu saja  he he he .
Itulah cerita peyek dari saya, terima kasih om Jay yang sudah memberi ppancingan supaya kami menulis.

4 comments: