Wednesday, May 27, 2020

SEKOLAH TANGGUH DI PENDEMI COVID-19

Persiapan Menghadapi Sekolah Baru New Normal  Di Masa Pendemi Covid-19


Di tulis oleh: Rasita Kepala SD Negeri 16 Penarik dan wakil  Ketua 1 Persatuan Guru republic Indonesia (PGRI) Kabupaten Mukomuko


Ditengah Pendemi Covid-19 Sekolah selama ini tetap berjalan, tetapi dengan sistem Daring, siswa belajar di rumah gurupun mengajar dari rumah.

Untuk menghadapi tahun ajaran baru, Dinas Pendidikan Kabupaten  mempersiapkan langkah – langkah menghadapi New normal Pendidikan di masa Pendemik covid-19.

Untuk membuka kembali Sekolah baru harus memperhatikan sejumlah hal atau  harus mempersiapkan langkah - langkah, sesuai dengan anjuran yang di sampaikan oleh seorang pakar epidemiologi Dr, Gigi Budiman mengatakan pola hidup baru dan pola kehidupan sektor lainnya. Hal tersebut penting di ingatkan karena potensi besar bahwa pendemi ini akan berlangsung lama.

Terdapat panduan umum pelaksanaan pola sekolah baru di tengah pendemi.
1.       Proses skrining kesehatan bagi guru dan Staf sekolah
2.       Skirining zona lokasi tempat tinggal, melakukan identifikasi zona tempat tinggal guru dan staf
3.       Melakukan test Covid-19, Test disarankan dengan metode RT-PCR sesuai standar WHO.
4.       Sosialisasi virtual, seminggu sebelum belajar mengajar di berlakukan, lakukan sosialisasi virtual    pola baru ke orang tua, siswa, guru  dan staf sekolah.
5.       Waktu belajar diatur agar tidak bersamaan dengan waktu padat lalu lintas dan kurangi durasi di sekolah.
6.       Guru kelas terpilih wajib mendata dan cek kondisi siswa dan orangtua siswa secara virtual sebagai sekerining awal. Siswa atau orangtua yang sakit di berikan keringanan tetap belajar di rumah hingga dokter menentukan sehat.
7.       Pengaturan posisi duduk di ruang kelas dan ruang guru kelas dan ruang guru menimal  berjarak 1,5 meter. Bila memungkinkan pakai pembatas plastik
8.       Guru kelas di upayakan tetap tidak berpindah kelas
9.       Guru tetap menjaga jarak dari siswa dan tidak mobile
10.   Melaksanakan skrining harian yang di lakukan oleh siswa, guru serta staf di sekolah.
11.   Pengantar atau penjemput berhenti di lokasi yang di tentukan dan di luar lingkungan sekolah serta dilarang menunggu atau berkumpul.
12.   Penerapan pola sekolah baru yang mengadopsi upaya pencegahan Covid-19.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten bersama dengan pemerintah Daerah dan didukung oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Mukomuko, telah mempersiapkan langkah - langkah untuk menghadapi Sekolah Baru New Normal Pendidikan di masa Pendemi Covid-19 dengan nama program “Sekolah Tangguh Di Masa Pendemi Covid-19




Program  Sekolah Tangguh di masa Covid-19 ini,  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Daerah dan PGRI telah menyusun langkah – langkah dan Kriterianya yang mengaju dengan  metode RT-PCR sesuai standar WHO.

Langkah – langkah atau kriteria yang harus dipersiapkan oleh Sekolah bersama orang tua adalah :
1.       Mensosilaisasikan Program Sekolah Tangguh dengan warga sekolah diantaranya guru, staf, siswa dan wali murid.
2.       Menyiapkan Sarana kesehatan yang berupa tempat cuci tangan, sabun, senitezer, masker, alat pengukur suhu , ruang UKS yang bersih dll yang dianggap perlu
3.       Membentuk Tim penanggulangan Covid-19 di Sekolah
4.       Mengadakan kerja sama dengan petugas kesehatan terdekat dan pihak Pemerintahan Desa untuk antisipasi Virus Corona
5.       Mengatur jadwal Pelaksanaan Proses Pembelajaran (PBM) baik itu jam belajar, tempat duduk maupun materi yang disampaikan

"Program sekolah Tangguh" adalah salah satu Program yang bertujuan untuk bisa memberikan pemahaman  kepada warga sekolah (guru, siswa, tenaga Kependidikan, Orang tua dan komite) bagaimana mengantasipasi penularan atau penyebaran Virus Corona di dunia Pendidikan dengan mengaju kepada Protokol kesehatan yang telah di tetapkan.

"Setelah tangguh" tidak lain untuk membiasakan diri hidup bersih, mulai dari mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan langkah – langkah yang di persiapkan ini, mudah – mudahan bisa terbantu pihak sekolah dan pendidikan New Normal bisa berjalan dengan lancar, mohon semua pihak bisa ikut serta membantunya, dengan adanya Covid-19 ini banyak pelajaran yang bisa kita petik  untuk kehidupan kita sehari – hari. 


3 comments:

  1. Semoga rencana sekolah tangguh mampu memberikan solusi terhadap kejenuhan siswa dan murid serta guru selama masa daring KBM dirumah, termasuk Orang tua wali murid sudah merasa Kuatir terhadap keberlangsungan pendidikan anak anaknya.

    ReplyDelete