Saturday, May 16, 2020

RINDU GURU DENGAN SISWA

Rindu Kebersamaan Di Sekolah



 
Oleh: Rasita,S.Pd Kepala SD Negeri 16 Penarik, yang rindu mengawasi dan membimbing guru serta Siswa

Libur Sekolah biasanya menyenangkan bagi siswa, guru, dan orang tua. Karena  biasanya digunakan untuk kegiatan seperti , rekriasi ke tempat wisata, berkunjung ke kampung halaman, jalan-jalan ke Kebun, dan lain-lain.


Tetapi kali ini tidak berlaku untuk guru, siswa dan orang tua. Justru libur membuat mereka hampir tidak merasa nikmat. Bukan karena alasan COVID-19 atau  Pemberhentian sosial berskla besar (PSBB), yang mana mewajibkan mereka tinggal dirumah. Tetapi karena Belajar dari rumah yang penuh dengan tugas dan di bimbing oleh orang tua, kadang orang tuanya yang tidak sabar

Kangen sama teman-temannya sekelas, kawan satu sekolah, kangen dengan guru-gurunya, kangen dengan kegiatan ekstrakurikuler dan kangen dengan jajan di kantin sekolah.
Kemudian ada pertanyaan yang lucu, pak kalau masuk sekolah nanti langsung naik kelas ya ?
Kerinduan ini terbukti dengan postingannya di wa group Kelas seperti dibawah ini






Bahkan ada yang menyukai sekolah normal seperti biasa, karena diantara mereka tidak semua orang tuanya yang membimbing dengan penuh kesabaran dan ketelitian, bahkan ada kala  orang tuanya yang suka marah kalau terlalu sering di Tanya ini postingan wa dibawah ini.


Bagaimana cerita orang tua mendampingi anaknya mengerjakan tugas ?  lucu, senang dan ada juga yang menyebalkan. Atau membuat guru pusing, karena lain yang di sampaikan oleh guru dan ada yang  menanggapi lain pula sama orang tua.

Kegiatan belajar dirumah ada juga wali murid yang merasa kerepotan, karena ada beberapa orang tua tidak semata-mata dirumah saja, ada yang bekerja kantoran, Petani dan ada yang pedagang. Bagi orang tua yang di rumah saja memang banyak waktu mendampingi anaknya, apa lagi mereka mengerti dengan IT sangat terbantu  sekali bagi siswa. Nah dengan keadaan seperti ini mungkin juga siswa ada merasa senang ketika mengerjakan tugas. 

Bagi orang tua yang repot dengan pekerjaannya terutama kelas rendah tentu sedikit mengganggu konsentrasi guru karena tugas siswa lambat dikirim, apa lagi ada orang tua yang salah tanggap.  tapi kalau terjadi hal seperti ini,sering di bantu oleh wali murid yang lain untuk menjelaskan kembali.



Wah macam-macamlah kejadian dalam wa gruop kelas masing-masing guru. Kadang kita membacanya lucu juga, tapi kita tetap mengambil hikmahnya dengan baik. Dengan adanya COVID-19 ini membuat komunikasi antara guru dan orang tua lancar, jadi sama- sama mengetahui kelemahan masing-masing. Lanjutan komunikasi orang tua dengan guru Kelas rendah


Ketika berinteraksi antara siswa dan guru di Sekolah bisa juga menjadi obat  letih ketika  selesai mengajar dan obat letih ketika selesai belajar bagi siswa.


Mudah-mudahan Virus Corona ini Cepat berlalu, sekolah bisa kembali normal. Antara, guru, siswa dan Kepala Sekolah bisa cepat bertemu kembali dengan aktifitas yang mengasyikkan. Ini kenangan ketika corona belum menyerang.




 
Inilah cerita Kerinduan antara guru dan siswa serta kepala sekolah. Rindu semua dengan kegiatannya.

8 comments: