Thursday, May 7, 2020

Dengan Menulis Bisa naik Pangkat samapi 4/e

Resume pertemuan ke 21 belajar menulis gelombang 8
Oleh: Rasita

Nama                                 : Dr. H. IMRON ROSIDI, S.Pd., M.Pd
Tempat/Tanggal Lahir       : Surabaya, 10 Juni 1966
Agama                               : Islam
Jenis Kelamin                    : Laki-laki
Pangkat/Golongan            : Pembina Utama Muda/ IV C
Nip/karpeg                        : 19660610 198903 1 022/E.533675
Masa Kerja Sebagai Guru: 32 tahun, 5 bulan
Masa Kerja Keseluruhan   : 36 tahun, 5 bulan
Pendidikan            terakhir           : Pascasarjana S3 bahasa Indonesia
      Fakultas/Jurusan                : Pendidikan Bahasa Indonesia
      No HP                               : 081210500199

Menulis Menuangkan gagasan, pikiran dan perasaan.
Menulis untuk naik pangkat dari golongan II/c samapi golongan IV/b, Berhak naik golongan sampai IV/e dengan mau menulis, dan menulis bisa juga kita ke luar negeri, dan bisa di wawancara juga di TV, wawancara dengan presiden. Sekali lagi mau ke IV/e menulislah, berpedomanlah dengan buku 4. Jadi dalam menulis itu harus membaca buku 4 mau menulis harus dibaca langkah-langkahnya atau sistemnya.

PKB ( Pengembagan Keprofesian Berkelanjutan )
Pengembangan diri, diklat fungsional, harus hati-hati siapa yang mengadakan sebab menurut buku 4 bisa diakui oleh diknas atau organisasi profesi.

Publikasi ilmiah, ada 10 jenis publikasi ilmiah, bisa PTK,PTS, Karya Inovatif.
Karya inovatif , bisa buat  media pelajaran buat laporan,
Tinjauan Ilmiah, atau tinjaun ilmiah popular, dan artikel ilmiah yang di muatkan dalam jurnal.

Motivasi Menulis

Banyak kalimat kalimat motivasi untuk memberikan semangat menulis yang dilahirkan dari pengalaman dan pengamatan para penulis hebat.
Jika kita pikir, sungguh hebat mereka terutama para penulis seperti Imam Al Ghazali yang menulis karya besar dan sampai saat ini buku buku nya masih relevan menjadi rujukan dalam ilmuwan masa kini.

Menulis buku menjadi keterampilan yang mengasah kerja otak dan menstimulus otak agar terus berpikir kreatif. Bagi penulis pemula, latihan dan terus latihan merupakan salah satu cara jitu menjadi seorang penulis yang produktif.  Pada dasarnya, menulis sebuah keterampilan. Setiap orang memiliki keterampilan, dengan kata menulis adalah keterampilan.

Say termasuk kategori yang sering di paparkan bapak ibu narasumber yg terhormat,  dari kecil saya suka membaca dan menulis dan slalu terputus ditengah jalan,  karena slalu mencari alasan dan slalu ada alasan itu,  salah satu nya adalah aturan pembuatan tulisan yang di paparkan bapak dalam ppt,  mohon di jelaskan lebih spesifik lagi karena saya slalu tergerak tetapi tidak bisa menulis... Terima kasih atas bantuannya pemahamannya.


Bagaimana  teknis menulis buku pelajaran *yang menarik*, kita tahu bahwa siswa milenial (meski tidak semuanya) kenyataannya kurang suka membaca buku, lebih menyukai youtube. Terima kasih.


Paragraf itu gabungan kalimat yg koheren atau padu. Ada 3 cara agar padu, 1. Mengulang kata yg sebelumnya disebutkan, 2. Mengganti dg kata lain yg sama maknanya, dan 3. Memberi konjungsi antarkalimat. Paragraf itu terdiri atas 3 sd 5 kalimat, bisa 1 kalimat utama dg 2 kalimat penjelas.

Tentunya setiap orang berbeda. Gairah dan motivasi keduanya sijoli dan berjodoh. Ketika ada motivasi aku hrs nukis agar siswaku bangga, saat itu bisa muncul gairah. Gairah ini akan terus bertambah ketika tukisan kita terbit. Waduh, akhirnya terus menulis dan menulis.

Kadar warsa dengan kenaikan pangkat bisa dilihat dari tahunnya PAK terakhir.

Demikianlah Rangkuman yang saya buat, terima kasih kepada nara sumber dan pemandu

4 comments: