Resume pertemuan ke 21 belajar menulis gelombang 8
Oleh: Rasita
Nama : Dr. H. IMRON
ROSIDI, S.Pd., M.Pd
Tempat/Tanggal
Lahir : Surabaya, 10 Juni 1966
Agama :
Islam
Jenis
Kelamin : Laki-laki
Pangkat/Golongan : Pembina Utama Muda/ IV C
Nip/karpeg
: 19660610 198903 1
022/E.533675
Masa
Kerja Sebagai Guru: 32 tahun, 5 bulan
Masa
Kerja Keseluruhan : 36 tahun, 5 bulan
Pendidikan terakhir : Pascasarjana S3 bahasa Indonesia
Fakultas/Jurusan : Pendidikan Bahasa Indonesia
No HP : 081210500199
Menulis Menuangkan gagasan, pikiran dan perasaan.
Menulis untuk naik pangkat dari golongan II/c samapi
golongan IV/b, Berhak naik golongan sampai IV/e dengan mau menulis, dan menulis
bisa juga kita ke luar negeri, dan bisa di wawancara juga di TV, wawancara
dengan presiden. Sekali lagi mau ke IV/e menulislah, berpedomanlah dengan buku
4. Jadi dalam menulis itu harus membaca buku 4 mau menulis harus dibaca
langkah-langkahnya atau sistemnya.
PKB ( Pengembagan Keprofesian Berkelanjutan )
Pengembangan
diri,
diklat fungsional, harus hati-hati siapa yang mengadakan sebab menurut buku 4
bisa diakui oleh diknas atau organisasi profesi.
Publikasi
ilmiah, ada 10 jenis publikasi ilmiah, bisa PTK,PTS, Karya
Inovatif.
Karya inovatif , bisa buat media pelajaran buat laporan,
Tinjauan
Ilmiah, atau tinjaun ilmiah popular, dan artikel ilmiah
yang di muatkan dalam jurnal.
Motivasi Menulis
Banyak kalimat kalimat motivasi untuk memberikan semangat menulis yang dilahirkan dari pengalaman dan pengamatan para penulis hebat.
Jika kita pikir, sungguh hebat mereka terutama para penulis seperti Imam Al Ghazali yang menulis karya besar dan sampai saat ini buku buku nya masih relevan menjadi rujukan dalam ilmuwan masa kini.
Menulis buku menjadi keterampilan yang mengasah kerja otak dan menstimulus otak agar terus berpikir kreatif. Bagi penulis pemula, latihan dan terus latihan merupakan salah satu cara jitu menjadi seorang penulis yang produktif. Pada dasarnya, menulis sebuah keterampilan. Setiap orang memiliki keterampilan, dengan kata menulis adalah keterampilan.
Say termasuk kategori yang sering di paparkan bapak ibu narasumber yg terhormat, dari kecil saya suka membaca dan menulis dan slalu terputus ditengah jalan, karena slalu mencari alasan dan slalu ada alasan itu, salah satu nya adalah aturan pembuatan tulisan yang di paparkan bapak dalam ppt, mohon di jelaskan lebih spesifik lagi karena saya slalu tergerak tetapi tidak bisa menulis... Terima kasih atas bantuannya pemahamannya.
Bagaimana teknis menulis buku pelajaran *yang menarik*, kita tahu bahwa siswa milenial (meski tidak semuanya) kenyataannya kurang suka membaca buku, lebih menyukai youtube. Terima kasih.
Paragraf itu gabungan kalimat yg koheren atau padu. Ada 3 cara agar padu, 1. Mengulang kata yg sebelumnya disebutkan, 2. Mengganti dg kata lain yg sama maknanya, dan 3. Memberi konjungsi antarkalimat. Paragraf itu terdiri atas 3 sd 5 kalimat, bisa 1 kalimat utama dg 2 kalimat penjelas.
Tentunya setiap orang berbeda. Gairah dan motivasi keduanya sijoli dan berjodoh. Ketika ada motivasi aku hrs nukis agar siswaku bangga, saat itu bisa muncul gairah. Gairah ini akan terus bertambah ketika tukisan kita terbit. Waduh, akhirnya terus menulis dan menulis.
Kadar warsa dengan kenaikan pangkat bisa dilihat dari
tahunnya PAK terakhir.
Di Tunggu Komentarnya Kawan-kawan
ReplyDeleteJika ada kemauan pasti jalan, yakin dan percaya lah itu
ReplyDeleteJika ada kemauan pasti jalan, yakin dan percaya lah itu
ReplyDeleteSudah bagus bu ... ayo semangat.
ReplyDelete