Wednesday, May 13, 2020

SUKSES MENULIS DI MEDIA CETAK


Resume Belajar menulis online gelombang ke 8 bersama om Jay
Oleh Rasita


Bersama nara sumber buk Rahmi Wilandari, mengajar di SMAN 21 Surabaya, beliau buru biasa. Mengajar bidang studi Pendidikan Ekonomi dan kewirausahaan.


Pada hari Rabu, 13 Mei 2020 kuliah online bersama om Jay sebagai pemandu di mulai pada pukul 13.00 samapi pukul 15.00, saya siap menyimak materi dari ibuk Rahmi Wilandari, ternyata beliau luar biasa pengalamnnya dalam menulis dengan kejadian sehari-hari yang ditemuinya di tulisnya di leptop kemudian di kembangkan.

Awal saya tertarik untuk menulis segala apa kejadian sehari-hari saya alami saya tulis.  Pada saat berangkat kerja ada kejadian menarik. Setiba di sekolah langsung buka laptop apa yg saya lihat kejadian  saya tulis garis besarnya.  Setelah sampai dirumah saya buka lagi laptop untuk melanjutkan cerita yang tertunda  siang tadi
Saya juga tidak pandai merangkai kata- kata untuk menjadi sebuah kalimat  menjadi sebuah paragrag yg enak untuk dibaca. Untuk menulis itu ada macam-macam penulis. Ada Penulid Cerpen,  ada penulis Novel,  ada penulis cerita bersambung ( Cerbung).Ada juga penulis Ilmiah. Kategori Penulis Fiksi dan non Fiksi, Penulis artikelpun juga ada macamnya : penulis Umum ada Penulis buku teks. Janganlah enggan untuk memulai menulis.
Jika saya ada waktu luang selalu saya habiskan utk membaca di perpustakaan, Selain perpustakaannya adem,  tenang untuk membaca dan bisa menginspirasi untuk menulis

Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI)  atau artikel dibutuhkan wawasan untuk rajin membaca baik buku cetakan atau e book. Untuk Penelitian ada penelitian Deskriptif. Penelitian eksperimen ( penelitian murni)  dan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Bagi guru  adalah harus bisa melaksanakan dan  sangat mudah karena dari kejadian sehari saat mengajar.

Pertama kali saya ikut lomba KTI ( PTK)  tahun 2013. Saat penelitian saya laksanakan, saya tidak punya target untuk menang.  Ya, hitung-hitung cari pengalaman

Saat itu gencar-gencarnya workshop-worskhop tentang Penulisan PTK dan Karya Ilmiah.  Banyak guru- guru pada penasaran bagaimana menulis PTK

Bagi bapak dan ibu guru yg ikut workshop ini kan juga sama dengan saya, sama-sama jadi penulis hebat. Sebuah keberhasilan harus disertai usaha, semangat serta kerja kera.

Terkadang kita lg mood menulis,  jika penyakit malas kambuh enggan lg menulis. Mulailah belajar disiplin diri menulis setiap hari. Insya'allah kalau sudah terbiasa akan enak,  dan kecanduan untuk selalu menulis dan menulis.
1.Kriteria judul PTK yg bagus seperti apa biar tidak ditolak. PTK minimal hrs 2 siklus,  3 siklus lbh baik. Di PPT saya ada lampiran apa saja yg diperlukan supay PTK tidak ditolak.
2. Bentuk artikel ilmiah bagaimana dan apa syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam isi artikeltersebut
3. Cara kirim artikl ke media seperti majalah, jawa pos.  Didalam PPT saya ada langkah penulisan PTKdan artikel Ilmiah....
Jelaskan penelitian deskriptif itu apa dan  contohnya yang bagaimana dan apakah bisa digunakan sebagai karya tulis ilmiah Bu. Penelitian diskriptif : Peneliti mampu mengidentifikasi mengapa,  apa dan bagaimana fenomena sosial... Banyak sekali gejala sosial yg terkadang kita bisa memprediksinya.

Untuk judul PTK dari kegiatan kita mengajar bisa kita jadikan PTK....
Apakah PTK wajib menggunakan sebuah model atau metode pembelajaran? Dan apakah mutlak 3 siklus yang ada dalam sebuah PTK?
Salah satu faktor penghambat kenaikan pangkat guru adalah kekurang mampuan meneliti dan menulis karya ilmiah seperti PTK.
1. Ciri utama PTK adalah adanya siklus. Bagaimana kalau hasil penilaian siklus 1 ke siklus 2 menurun Penelitian dari siklus 1 ke siklus 2 dan siklus 3 ya hrs ada peningkatan .Guru kan dalan bagaimana  menjalankan lakon agar bisa meningkat
2. PTK diseminarkan disekolah. Bagaimana prosedurnya ?
Dalam pembuatan PTK itu awalnya adalah problem dalam kelas yg akan di perbaiki. Treatmen apa yang dilakukan supaya PTK itu benar-benar sebuah penelitian, karena terkadang guru hanya mengejar  target untuk kenaikan pangkat belaka .
Dalam penulisan PTK, sumber utamanya kan kita guru, berdasarkan temuan-temuan kita saat mengajar, adakah sumber2 tambahan dari luar yg Ibu ambil sebagai referensi dalam Penulisan PTK bu?.
Saya pernah lomba Best Practice sesuai dengan ketentuan dari panitia, namun setelah presentasi ada komentar beberapa orang mengatakan bahwa best practice saya terlihat seperti PTK, yang mau saya tanyakan apa perbedaan signifikan antara PTK dan best practice?, mengingat keduanya sama2 mencari solusi dengan menerapkan strategi tertentu. Antara PTK dan Best Practice tidak sama ibu.  Best Practice pengalaman terbaik. Utk lbh jelasnya lihat buku 4 dan buku 5 Pedoman Kenaikan pangkat.

Mohon penjelasan perbedaan pembahasan pada HASIL dan PEMBAHASAN. Sy kdg keliru antara HASIL dan PEMBAHASAN. Terima kasih.

Saya lihat di PTK abstrak menggunakan bahasa inggris. apakah abstrak  di dalam PTK harus menggunakan bhsa inggris buk? terimakasih
Pertanyaan 9, Assalaamu'alaikum bu rahmi, sy sri indayani dr lamongan. Yg saya tau di sekitar saya biasanya PTK datanya tdk asli karena mencari data nilai asli seperti yg diharapkan susah banget. Bagaimana tipsnya agar saat melakukan penilaian didapatkan nilai spt yang diharapkan saat membuat ptk shg data nilai yg dipakai asli?
.
Saya terus terang lemah sekali dalam menulis terutama dalam merangkai kata. bagaimana tip untuk supaya ada keterampilan dalam merangkai kata sehingga menjadi tulisan yang menarik?

Pertanyaan 11, assalamualaikum bu Rahmi, saya eti haryati dari Bogor. saya terus terang lemah sekali dalam menulis terutama dalam merangkai kata. bagaimana tip untuk supaya ada keterampilan dalam merangkai kata sehingga menjadi tulisan yang menarik?

Kalau pakai media pembelajaran  maka PTK ada 3 variabel,  dan hrs ada lembar pengamatan penggunaan Media...

pertanyaan 12, Asalamualaikum bu rahmi saya Donieks .S dari Palangka Raya. Saya mau bertanya gimana penulisan yang menarik pada PTK

Pertanyaan 13, Apa ciri -ciri artikel yang mudah dimuat di media  cetak, Sri Budi gresik

Dalam pembuatan PTK itu awalnya adalah problem dalam kelas yg akan d perbaiki. Treatmen apa yang dilakukan supaya PTK itu benar2 sebuah penelitian, karena terkadang guru hanya mengejar  target untuk kenaikan pangkat belaka .

Dalam penulisan PTK, sumber utamanya kan kita guru, berdasarkan temuan2 kita saat mengajar, adakah sumber2 tambahan dari luar yg Ibu ambil sebagai referensi dalam Penulisan PTK bu?.

Pertanyaan 6, Yth.Ibu Rahmi, perkenalkan saya bu Beni dr Bojonegoro, saya pernah lomba Best Practice sesuai dengan ketentuan dari panitia, namun setelah presentasi ada komentar bebrapa orang mengatakan bahwa best practice sya terlihat seperti PTK, yang mau saya tanyakan apa perbedaan signifikan antara PTK dan best practice?, mengingat keduanya sama-sama mencari solusi dengan menerapkan strategi tertentu.

Pertanyaan 7, Ibu, mhn penjelasan perbedaan pembahasan pd HASIL dan PEMBAHASAN. Sy kdg keliru antara HASIL dan PEMBAHASAN. Terima kasih.

Pertanyaan 8, assalamualaikum ibu.. saya sumarjiyati dari Gk,yang mau saya tanyakan buk.. saya lihat di ppt abstrak menggunakan bahasa inggris. apakah abstrak  di dalam PTK harus menggunakan bhsa inggris buk? terimakasih
Pertanyaan 9, Assalaamu'alaikum bu rahmi, sy sri indayani dr lamongan. Yg saya tau di sekitar saya biasanya PTK datanya tdk asli krn mencari data nilai asli seperti yg diharapkan susah banget. Bagaimana tipsnya agar saat melakukan penilaian didapatkan nilai seperti yang diharapkan saat membuat PTK seharusnya data nilai yg dipakai asli?

Penelitian diskriptif : peneliti mampu mengidentifikasi mengapa,  apa dan bagaimana fenomena sosial... Banyak sekali gejala sosial yg terkadang kita bisa memprediksinya.

Tahun 2017 saya dan murid saya tentang layanan non tunai,  dengan tehnik wawancara. Ternyata pelayanan sekarang lebih banyak menggunakan E Money... pernah mengadakan penelitian diskriptif

PTK minimal hrs 2 siklus,  3 siklus lbh baik. Di PPT saya ada lampiran apa saja yg diperlukan supaya PTK tidak ditolak

Pertanyaan 11, assalamualaikum bu Rahmi, saya eti haryati dari Bogor. saya terus terang lemah sekali dalam menulis terutama dalam merangkai kata. bagaimana tip untuk supaya ada keterampilan dalam merangkai kata sehingga menjadi tulisan yang menarik?
Kalau pakai media pembelajaran  maka PTK ada 3 variabel,  dan hrs ada lembar pengamatan penggunaan Media...

Yah... Penelitian dari siklus 1 ke siklus 2 dan siklus 3 ya harus ada peningkatan. Guru kan dalang bagaimana menjalankan lakon agar bisa meningkat.

Pertanyaan 12, Asalamualaikum bu rahmi saya Donieks .S dari Palangka Raya. Saya mau bertanya gimana penulisan yang menarik pada PTK

Apa ciri -ciri artikel yang mudah dimuat di media  cetak,

Nah... Pandangan ini yg salah ibu. Jangan membuat PTK krn mau naik pangkat,  usahakan 1 tahun Pelajaran minimal 1 PTK,  jd pas naik pangkat aman dan tenang krn kita sdh siap buka PTK yg jahitkanMaksud saya bukan PTK hasil jahitan

Dari luar maksudnya buku2 bacaan? Untuk referensi tahunnya hrs 10 tahun ke belakang,  jd kita cari judul dan pengarang yg sama tapi edisi terbaru

Antara PTK dan Best Practice tdk sama ibu.  Best Practice pengalamsn terbaik. Utk lbh jelasnya lihat buku 4 dan buku 5 Pedoman Kenaikan pangkat.

Hasil Penelitian menggabarkan bgmn hasil penelitian dari siklus 1- 3 disertai data tabel hasil Penelitian.

Cukup jelas dan gamblang meskipun sedikit agak repot utk mengolah data,  grafik dan tabel...

Saya ibu setiap menyusu RPP satu semeter, saya sudah merencanakan bab mana yg akan saya buat PTK,  dan kira2 siswa mengalami kesulitan,  dan pakai metode apa, model pembelajarannya bgmn jd betul2 saya persiapkan...
Pertanyaan 14, Saya mau tanya bahwa Penulis artikel ada macamnya : penulis Umum ada Penulis buku teks keduanya apa memiliki ciri penulisan yang berbeda atau bagai mana untuk memulai menulisnya.

Ibu idealnya abstrak itu ada bahasa Indonesia dan ada yg bahasa Inggris.  Dengan membuat  PTK kita bisa  mendapat: Jurnal Ilmiah baik cetak atau online, PTK juga hrs diseminarkan,  ada berita Acara,  ada undangan dll seperti dalam PPT saya,  insya'allah nilai 4, dan jng lupa ada bukti Surat Keterangan Penyerahan PTK ke Petugas Perpustakaan pasti lolos kenaikan pangkatnya.

Menarik atau tdk tergantung kita merangkai kata-kata, bahasa Indonesia yang baik,  titik,  koma dan Huruf besar dan huruf kecil tepat pengunaannya.
Apakah mutlak kalau penelitian di sekolah harus menggunakan PTK? Boleh ibu, untuk unsur utama kenaikan pangkat tdk harus PTK,  bisa Artikel Ilmiah yg sdh dipublikasikan di Majalah atau Surat Kabar lokal atau Nasional.

Karena setahu saya ada berbagai jenis penelitian yaitu eksperimen, deskriptif/kualitatif, R &D dan PTK itu sendiri.

Apakah tidak boleh jika kita memilih penelitian R&D atau eksperimen yang ada kelas eksperimen dan kelas pembanding, terlepas ini nantinya digunakan atau tidak sebagai syarat kenaikan pangkat.

Ibu menulis artikel bisa dari kejadian, peristiwa atau gejala yg ada disekitar kita sehari2. Contoh apa dampak Pandemi Covid -19 thd ekonomi masyarakat. Atau dengan adanya Pandemi Covid 19 masalah apa yang dihadapi orangtua peserta didik cukup tulis 500-1000 kata,  ada masalah,  ada bahasan,  ada solusi kirim ke redaksi majalah atau surat kabar, dapat COIN dan POINT. Coin dpt honor,  POINT dpt nilai 2 utk kenaikan pangkat jika majalah/surat kabar Nasional. Kalau surat kabar dan majalah regional / provinsi nilai 1, 5
Menarik atau tdk tergantung kita merangkai kata2, bahasa Indonesia yg baik,  titik,  koma dan Huruf besar dan huruf kecil tepat pengunaannya.
Ibu menulis artikel bisa dari kejadian, peristiwa atau gejala yg ada disekitar kita sehari-hari. Contoh apa dampak Pandemi Covid -19 thd ekonomi masyarakat. Atau dengan adanya Pandemi Covid 19 masalah apa yg dihadapi orangtua peserta didik cukup tulis 500-1000 kata,  ada masalah,  ada bahasan,  ada solusi kirim ke redaksi majalah atau surat kabar, dapat COIN dan POINT. Coin dapat honor,  POINT dapat nilai 2 utk kenaikan pangkat jika majalah/surat kabar Nasional. Kalau surat kabar dan majalah regional / provinsi nilai 1, 5

Penulis Umum itu bisa menulis buku teks Pembelajaran,  kalau yang khusus menulis buku ilmiah atau buku Motivator
Boleh ibu, untuk unsur utama kenaikan pangkat tdk harus PTK,  bisa Artikel Ilmiah yg sdh dipublikasikan di Majalah atau Surat Kabar lokal atau Nasional.

Semakin sering menulis artikel,  dan semakin sering pula dimuat di Surat kabar Regional atau Nasional,  maka semakin banyak tabungan Publikasi Ilmiah. Semakin cepat naik pangkat,  dengan jujur dan bermartabat. Dan bukan sebagai guru Plagiat.

Riset and Development juga bisa,  kebetulan saya pengampu mapel PKWU bisapakai R & D 
Apa perbedaan jurnal, artikel dan PTK. Trima kasih
Artikel sedang antara 1500-2000 kata,  artikel berasal dari fenomena / kejadian disekeliling kita,  ada permasalahan, pembahasan dan kesimpulan tanpa / dengan penelitian
Jurnal adalah ringkasan dari PTK,  yang diringkas menjadi kurang lebij 10-15 halaman,  jika jurnal online kata2 plagiat dalam jurnal minimal 30% dari keseluruhan kata dlm jurnal.
Kesimpulan :
- Marilah kita membiasakan menulis setiap  hari sedikit demi sedikiy lama jd bukit... Eeh Buku
- Hari ini pertanyaan terbanyak seputar PTK,  ada juga artikel dan Best Practice
- Untuk PTK minimum 2 siklus,  alangkah lebih baik jika 3 siklus
- Untuk merangkai kata kata dalam PTK perlu banyak membaca dan latihan
- PTK menggunakan 2 variabel yakni variabel X dan Y. Apakah perlu pakai metode / model. Kalau metode itu metode Ceramah, diskusi kelompok atau pemberian tugas. Kalau model bisa menggunakan Cooperative Learning, PBL atau PJBL. Cooperative Learning  ada Think Pair Share,  Make a Match dll
Utk menulis artikel dimajalah atau surat kabar,  dng 500- 1000 kata sdh jd artikel asal dalam paragraf sdh ada latar belakang. permasalahan dan paragrag berikutnya solusi 6-9 paragraf,  paragraf ke 10 ada kesimpulan.Terkadang tiap penerbit punya aturan dan kriteria yg berbeda.

Menulis selain bisa menjadi hoby atau kebiasaan jika kita bisa mencoba  mengirim ke Surat kabar / majalah bisa mendapat COIN dan POINT.Semakin sering menulis dan dipublikasikan semakin cepat naik pangkat jujur dan bermartabat.  Sekian dulu resume/ kesimpulan workshop belajar menulis hari ini.Jika ada kata-kata atau tulisan yang tdk berkenan saya mohon maaf yang sebesar2nya.Saya disini bukan yg paling pintar,  tetapi kita belajar sharing bersama agat bisa menjadi guru yang hebat,  profesional dan berkompeten. Dan selamat menunaikan ibadah suci Romadhon bagi yang menunaikannya.
Terima kasih bunda @+62 812-3519-2393.

Pertanyaannya salah. Artikel dl jurnal adalah artikel ilmiah hasil penelitian dan nonhasil penelitian. Yg dlm.koran atau majalah adalah artikel ilmiah populer.
Ya. Saya mengikuti. Saya baca pertanyaannya tadi dan yg salah pertanyaannya . Banyak yg bilang menulis jurnal, padahal.menulis artikel.ilmiah dalam jurnal.
Artikel.ilmiah hasil penelitian dlm jurnal hrs diambil dr laporan hasil penelitian, salah satunya adalah PTK.

Demikianlah resume yang saya buat, dengan adanya resume ini mudah – mudahan bisa membantu kawan-kawan yang membutuhkan, mari kita menulis dengan senang dan jangan menganggap pekerjaan berat. Terima kasih.

2 comments: