Resume Belajar Menulis online gelombang 8
Oleh Rasita
Dengan nara sumber, bapak Wijaya Kusumah beliau adalah
blogger terkenal dan selalu sabar dan ikhlas membimbing guru Indonesia dari
mulai membuat blog sampai cara menulis untuk bisa di terbitkan menjadi sebuah buku.
Saat belajar dari rumah ciptakanlah, guru senang muridpun senang,
disana senang disini senang itulah inti dari pembelajaran efektif yang seharusnya terjadi di rumah. Bagaimana pembelajaran efektif itu terjadi karena
akses internetnya lancar kalau internetnya tidak lancar maka pembelajaran
terjadi tidak menyenangkan. Tapi menegangkan.
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia pola adalah suatu sistem
kerja atau cara kerja sesuatu, menurut kamus antrofologi pola adalah rangkaian unsur-unsur
yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar
atau mendiskrifsikan gejala itu sendiri
Menciptakan adalah membuat sesuatu yang baru dari yang belum
ada menjadi ada dari sesuatu yang benar-benar tercipta karena kondisi yang
dibuat oleh guru itu sendiri sesuai dengan teknologi yang ada.
Belajar adalah suatu proses perubahan kepridian seseorang dimana perubahan tersebut
dalam bentuk peribahan peningkatan prilaku seperti peningkatan pengetahuan,
keterampilan, gaya pikir, pemahaman, sikap
dan perubahan lainnya.
Efektif bisa
diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang
diharapkan, pengertian efektif merupakan
suatu usaha dilakukan secara maksimal siswa yang di harapkan dan efektif bisa
diartikan sebagai usaha yang tidak pernah lelah sebelum harapan yang di
inginkan tercapai.
Rumah salah satu bangunan untuk tempat tinggal, berdasarkan
definisi diatas dapat diartikan bahwa belajar efektif dari rumah adalah sebagai
suatu susunan kegiatan, yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan tingkah laku yang maksimal, dari
sutu tempat yang nyaman agar dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan, pembelajaran
harus menyenangkan semua.
Peserta didik yang melaksanakan pembelajaran pola efektif
dari rumah dapat membuat pola perencanaaan kegiatan dengan disiplin belajar dan
membuat penjedwalan yang dikuti dengan
konsisten, dan siswa bisa mandiri, gurupun
tinggal memantau lewat wa group. Ini contoh yang terjadwal dengan baik.
Prinsip yang harus diperhatikan dalam menciptakan pola
pembalajar dari rumah adalah kegiatan pembelajaran harus menyenangkan semua.
Siswa senang, orng tua senang dan gurunya juga senang. Akses internet lancar,
dan guu bisa menggunakan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kondisi siswa di
rumah.
Gunakan teknologi yang ada untuk menciptakan pola
pembelajaran yang efektif dari rumah. Bila adanya hanya WA Group, gunakan WA
Group tersebut dengan memadukan antara teks, foto dan video.
saya menyarankan bapak ibu untuk melejitkan keterampilan
menulis iswa lewat blog di internet. Sebab siswa dapat belajar menulis secara
online melalui blognya masing-masing.
Siswa dibiasakan untuk menulis apa yang ingin
disampaikannya, dengan begitu bukan hanya lisan saja yang terlatih, tapi juga
tulisan.
berikut ini omjay contohkan pjj sekolah dasar, https://www.youtube.com/watch?v=9uvfiZuh9vs.
Kesimpulan materi hari ini adalah dalam menciptakan pola
pembelajaran efektif dari rumah, guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi
siswa di rumah dan disesuaikan dengan kondisi guru di rumah. Artinya,
komunikasi guru dan siswa dari rumah masing-masing harus membuat mereka saling
berinteraksi dan berdiskusi sehingga pembelajarn menjadi menyenangkan dan
bermakna. Semua itu bisa dilakukan bila kegiatan Pembelajaran jarak jauh dibuat
secara terjadwal. Kegiatan harus membuat siswa menjadi mandiri dan menemukan
kemerdekaan belajar,
Semoga materi yang omjay sampaikan siang ini bermanfaat buat
kawan kawan semua. Bila ada yang ingin ditanyakan, kita bisa diskusi melalui WA
Group ini. Nanti kawan kawan bisa bertanya kepada pak bambang Purwanto sebagai
moderator sesuai dengan nomor WA yang dibagikan di atas, terima aksih.
Jadwal belajarnya di tentukan oleh guru berdasarkan jadwal
pelajaran seperti hari-hari biasa atau kah di rubah?..
Pembelajaran nya lebih menekankan kepada pembentukan
karakter mandiri YG berefek pada keseharian siswa? Lalu untuk pencapaian ranah
kognitif nya dapat kita ukur dalam satu hari satu mapel atau bgm untuk jenjang
SD.
Walaikum salam, jadwal jelas harus berubah, tidak sma dengan
tatap muka di sekolah, pembelajaran lebih kepada 3 hal yaitu literasi,
numerasi, karakter dengan memadukan iptek dan imtak
untuk peneilian guru dapat melakukan penilaian berbasis
proyek atau potofolio, disesuaikan dgn kondisi murid sd
mungkin nanti akan terjadi pembelajaran blended learning,
ada tatap muka di kelas dan ada tatap muka di dunia maya, oleh karena itu guru
harus belajar sepanjang hayat supaya tdk tergantikan oleh teknologi modern
Untuk keberhasilan pembelajaran daring yang efektif kepada
siswa yang terkendala tidak memiliki HP atau jaringan yang lemot bgm solusinya?
solusinya gunakan
teknologi yg ada. kalau yg ada kertas atau buku, maka gunakan itu, sebab mau
tdk mau, suka atau tdk suka, siswa dan guru akan dipaksa menggunakan teknologi
baru untuk meningkatkan SDM unggul
Om Jay, selama Belajar dari rumah ini, disekolah kami
melaksanakan pembelajaran melalui group WA.
Di akhir pertemuan, guru memberi tugas sbg instrumen
penilaian. Namun sayang, ternyata yg mengumpulkan tugas hanya maksimal 75%
siswa saja.
Bagaimanakah cara yang bisa kita tempuh agar siswa juga
aktif mengumpulkan tugas tsb?
Jangan dipaksa,
biarkan mereka mengerjakan tugasnya dngan sukarela. Kita cukup mengingatkan
saja bila ada murid atau siswa yg belum mengumpulkan tugasnya, ortu harus
diberitahu karena kerjasama guru dan ortu sangat penting dalam pembelajaran yg
efektif dari rumah
1. Bagaimana cara mengatasi pembelajaran apabila anak-anak
memiliki minim sarana daring ?
2. Untuk anak TK pembelajaran yang dinilai adalah proses
bukan tergantung hasil. Sementara kadang anak tidak mau mengirimkan tugas
misalnya merekam hafalannya.bercerita dan mengerjakan tugasnya.
Bagaimana menilainya untuk ditulis di Rapot?
1. Bagaimana penilaian siswa yg tidak aktif dikarenakan
beberapa kendala dalam pembelajaran daring untuk saat ini walaupun sudah
terjadwal?
2. Penilaian yg tepat untuk pembelajaran daring seperti ini
yg cocok itu seperti ap? Mengingat pak menteri pernah mengatakan jika
pembejaran daring ini tidak boleh dimasukkan dalam penambahan penilaian pada
erapor.
Mengajukan pertanyaan :
1. Bagaimana penilaian siswa yg tidak aktif dikarenakan
beberapa kendala dalam pembelajaran daring untuk saat ini walaupun sudah
terjadwal? Dicatat, kemudian diberikan surat teguran dari sekolah, kemudian
dicaritahu apa masalahnya. Sebab bisa jadi ada masalah serius di keluarga
siswa, seperti ortunya kena phk, atau sakit, dll.
2. Penilaian yg tepat untuk pembelajaran daring seperti ini
yg cocok itu seperti ap? Mengingat pak menteri pernah mengatakan jika
pembejaran daring ini tidak boleh dimasukkan dalam penambahan penilaian pada
erapor. Kalau masalah cocok itu reltif karena kondisinya tidak sama di setiap
daerah. Guru dapat melakukan inovasi sendiri sesuai dengan pencapaian siswa,
anda bisa…
Dalam menciptakan pola belajar yg efektif dr rumah itu.kita
sdh mmbuat jadwal dan berharap siswa jg bs mlksanakn. Pmbjran sesuai jadwal
tersebut.tp pd knyataan yg kmi alami d sekolah kami.ada sbgian siswa yg kurang
mmperhtikan shingga dpt mnghmbat klncaran proses pmbljran sesuai jadwal yg d smpikan. Bgamana sikap kita untuk
hal tersebut om.. Mengingat siswa blm bisa
mngikuti pmljaran sesuai jadwal sec. konsisten.. .bnyk dr para wali
siswa mngeluhkan untuk pmbelajaran dr
rumah ini siswa tdk menurut kata ortu.shingga tgs2 yg d brikn tdk dpt
trselesaikan dg cepat.akhirnya pmbjran ini di rasa tdk efektif.
Bagmna tindakn kita sbgi guru. Mngingat peserta didik kami masih
pada kelas rendah( SD)
Terimakasi..
Dalam menciptakan pola belajar yg efektif dr rumah itu.kita
sdh mmbuat jadwal dan berharap siswa jg bs mlksanakn. Pmbjran sesuai jadwal
tersebut.tp pd knyataan yg kmi alami d sekolah kami.ada sbgian siswa yg kurang
mmperhtikan shingga dpt mnghmbat klncaran proses pmbljran sesuai jadwal yg d smpikan. Bgamana sikap kita untuk
hal tersebut om.. Mengingat siswa blm bisa
mngikuti pmljaran sesuai jadwal sec. konsisten.. .bnyk dr para wali
siswa mngeluhkan untuk pmbelajaran dr
rumah ini siswa tdk menurut kata ortu.shingga tgs2 yg d brikn tdk dpt
trselesaikan dg cepat.akhirnya pmbjran ini di rasa tdk efektif.
Izin bertanya. Apakah ada kendala yang dialami dalam PJJ
selain jaringan internet, dan mohon arahnya dalam mengatasi nya?
Izin bertanya. Apakah ada kendala yang dialami dalam PJJ
selain jaringan internet, dan mohon arahnya dalam mengatasi nya? Pasti ada,
bukan hanya akses internet tapi juga fasilitas yg dimiliki siswa dan guru di
rumah. Kalau akses internet tdk ada gunakan teknologi yg ada di sana, misalhnya
cuma ada sms, belum ada wa, siswa punya hp tapi tanpa kamera, maka telpon lsg
adalah solusinya walaupun guru harus keluar biaya pulsa cukup besar. Jadi
setiap guru akan mengalami hal yg bergam, inilah dinamikannya dan jangan lupa
pengalaman kita dituliskan di blog sehinga dpt menginspirasi guru lainny
Keluhan siswa tidak konsisten guru menggunakan aplikasi,
sehingga selain harus belajar lagi cara menggunakan aplikasi juga terlalu
banyak kapasitas penyimpanan data yg terpakai.
Berdasarkan pengalaman aplikasi yang paling cocok, mudah,
dan efektif yg mana?
Keluhan siswa tidak konsisten guru menggunakan aplikasi,
sehingga selain harus belajar lagi cara menggunakan aplikasi juga terlalu
banyak kapasitas penyimpanan data yg terpakai.
Berdasarkan pengalaman aplikasi yg paling cocok, mudah, dan
efektif yg mana?
Omjay saat ini menggunakan aplikasi zoom dan anak anak suka,
walaupun ada aplikasi yg lain, tapi berdasarkan pengalaman pakai zoom itu murah
dan mudah cara pemakaiannya.
Pertanyaan ;
1. Disekolah saya masih banyak siswa belum punya HP Android.
Gunakan hp yg ada dulu, dan sederhana saja, buat modul khusus untuk kondisi
seperti ini dengan penugasan yg tak terlalu sulit.
2. Ada yg punya HP tapi alasan tidak mampu beli kuota. Kalau
ini guru harus coba cari donatur atau sponsor, peran komite sekolah harus
diperdayakan sehingga guru terbantu dengan adanya komite sekolah
3. Pembelajaran dirumah terjadwal. Bagaimana trik/solusi
guru dlm menghadapi siswa seperti ini ?
Yang saya alami saat masa pandemi ini sungguh dilematis. Dg
zonasi sklh kmi dg siswa2 tinggl di daerah terpelosok dan kondisi ekonomi siswa
kami. Ini kendala besar pembeljrn secara daring yg dilakukan. Adakah solusi
menarik utk ttp menciptkn belajar efektif dirumah dg menyenangkn. Terimakasih. Kondisi seperti ini sebenarnya
bukan hal baru buat Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Kreativitas dan
inovasi guru sangat diperlukan dalam memberikan solusi dari masalah yg dihadapi.
Bila pembelajaran jarak jauh tdk bisa dilaksanakan, maka gunakan pembelajaran
jarak dekat, guru bisa mengunjungi rumah muridnya bila alat komunikasi tdk ada.
memang dibutuhkan pengorbanan luar biasa untuk menjadi guru ta…
Belajar dari rumah kami sebagian besar melalui WA G,kendala
BDR kami sinyal lemah dan guru belum
punya laptop yg mdukung,bagaimana solusi
BDR yg efektif dan berapa prosentase pembagian materi pembelajaran antara imtaq
n iptek agar tujuan pembentukan karakter peserta didik tercapai?
Apakah dengan penjadwalan belajar siswa yg sdh dirancang
sedemikian rupa oleh guru dan bekerja sama dg orang tua ini menunjukkan setiap
siswa memiliki jadwal yg berbeda2. Apakah maknanya sudah mengorganisir semua
mapel yg ada pada kurikulum ? Dan apakah penjadwalan ini bisa memfasilitasi
setiap siswa yg memiliki kemampuan belajar yg berbeda misalnya ada siswa yg
lebih condok ke tipe pembelajar visual, kinestetik, naturalis dll
setiap penjadwalan disesuaikan dengan kesepakatan guru di
sekolah tsb dengan memeprhatikan gaya belajar siswa
Om Jay ...saya mau bertanya tentang pembelajaran daring dari
rumah dikaitkan dengan kenaikan kelas apakah cukup dari nilai daring atau
bgmana karena tatap muka juga tidak pernah...mohon pencerahannya
Ibu Rachmi yg baik,
penilaian hanya guru yg bersangkutan yg lebih tahu, kalau dirasa dengan
online sdh cukup nilainya, maka gunakan itu, tapi bila blm cukup bisa gunakan
waktu eremedial melalui online. hal itu saya lakukan bila ada nilai siswa yg
kurang dgn menghubungi wali kela dan orang tua siswa, biasanya kami rapat
dengan dewan guru untuk meberikan solusi terbaik buat siswa yang jarang hadir
Setelah kita simak materi dari om jay dapat saya simpulkan
bahwa belajar efektif dari rumah, kita harus konsisten dan saran harus memadai,
seperti akses internetnya harus lancar.
Mari kita ajak siswa kita untuk bisa menjalankan dengan
konsisten dan penuh di siplin. Terima kasih om jay dan inlah rangkuman saya
mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kawan semua dan bagi pembacaya.
Ditunggu komentarnya ya
ReplyDeleteKeren siiip lengkap bu
ReplyDeleteMantapp bu
ReplyDeletePembelajaran di saat wabah ini, kita sbg pendidik, hrs ekstra bagi siswa yg blum punya hp/masalah sinyal.
ReplyDeleteKerennn..bu rasita..
ReplyDeleteAamiin tetap semangat ibuk...
ReplyDeleteterus semangat menulis
ReplyDeletemantab!
ReplyDelete