Friday, May 8, 2020

Proses Penerbit Buku Ajar


Resume Pertemuan ke 21 Belajar Menulis online gelombang ke 8
Oleh : Rasita



Profil nara sumber adalah di bawah ini:


Diawal Menulis harus mempunyai motivasi yang kuat, Kalau Proses  menerbit buku di awali oleh Penulis yang sudah punya naskah, proses penerbitan dimulai dari gambar besar dengan empat pelaku pelaku yaitu penerbit, penyalur, pembaca  dan penulis.  Kita lihat gambar di bawah ini alur penerbitan naskah


Kalau Naskah kita diterima nanti penerbitkan akan memberi tahu kita, kemudian di edit dan di seting sesuai dengan market marketingnya. Dan setelah naskah itu di koreksi oleh penerbit akan di buat flem untuk di cetak lembar demi lembar.


Dari gambar diatas dapat kita lihat Indikator  dari apakah penulis itu berhasil apa tidak, kalau iberhasil mendapat kepuasan karena bermanfat untuk orang, Reputasinya bagus banyak yang menguji webset, like dan mengomentari, kemudian karirnya meningkat, kemudian mendapat loyalty.


 Penerbitan buku kalau dinilai sukses apabila pemasarannya sukses atau banyak terjual atau laku, atau peluangnya besar. Buku-buku yang mempunyai ciri-ciri sukses bisa di lihat dari awal yaitu tema popular penulis juga popular , di lihat dari sudut  kuwadran Kanan atas.

Untuk penulis pemula carilah tema-tema popular miskipun penulis belum popular, bisa dilihat dari sudut kuwadran kanan bawah. Tema popular untuk mengecek popular tidak bisa dilihat dari google gredf. Kalau grafiknya naik berarti bagus peluangnya, seperti contoh kalau corona masih mewabah berarti peluangnya besar untuk menulis atau menulis buku pelajaran. Sedangkan untuk refotasi penulis penerbit juga bisa mengecek keseharian penulis di media social seperti menjadi adminnya punya group dengan anggota yang bayak.


Proses penerbitan tidak lepas dari jumlah buku yang di cetak, yang sering di sebut dengan oplah, penerbit bisa melihat dari kowadrannya, yang biasanya  laku yang marketnya panjang jangan tulis buku yang marketnya pendek.
Jadi kalau penerbit membebaskan gaya salingkung apa saja boleh, asalkan naskah itu tetap konsisten.  Yang telah boleh ada beberapa gayanya tidak sama dalam sebuah naskah.

Jadi yang perlu diketahui menulis carilah cerita yang banyak di minati seperti contoh buku pendidikan Dasar, yaitu Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Atas (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA). Inilah peluang yang banyak dan mudah di pasarkan kaarena banyak yang minat.

Demikianlah Resume saya, mudah-mudahan bisa dimanfaat oleh teman-teman semua. Terima kasih pada nara sumber dan pembimbing.




6 comments: