Resume Belajar Menulis online gelombang 8
Belajar Menulis bersama om Jay gelombang 8 di beri istimewa
pada tanggal 11 Mei 2020, dengan dua pelajaran yaitu Pelatihan Menggunakan
Cisco Webex Untuk Pengajaran Jarak Jauh.
Pembicara: Eka Septian Singgih.
Yang kedua adalah materi dari Om Budiman, Keluar dari krisis
sebagai pemenang.
Strrytelling gambangnya Mendongeng. Siapakah yang pernah
didongengin orang tua waktu kecil? Aku jawab Bambang. Nah, pernah suatu hari saya ngajar di Laku
Kopi Bintaro. Salah satu pesertanya ada yang berusia 70 tahu. Ibu ini mengaku dia sering didongengin.
Hebatnya ibu ini masih inget cerita si Kancil yang dibacakan orangtuanya waktu
dia berusia 5 tahun.
Coba bayangkan! Ibu itu usianya 70 tahun dan masih bisa
mengingat dongeng yang dia dengar 65 tahun yang lalu. Ck…ck…ck… Luar biasa kan? Dan ternyata ini tidak hanya
terjadi pada ibu itu tapi dialami oleh banyak sekali orang di dunia.
Saya ingat waktu kecil
bahwa saya tinggal bersama nenek setiap mau tidur nenek selalu mendongeng,
yang paling berkesan dengan saya adalah dongeng tentang cerita rebus ubi.
Lanjut cerita dari nara sumber tadi tentnag mendongeng, Hal inilah yang membuat
pakar-pakar marketing berpikir, “Kalo
iya sebuah cerita mampu menanamkan pesan sedemikian dahsyat, kenapa cara
mendongeng tidak dijadikan saja sekalian sebagai strategi marketing?” Setelah
saya tela’ah lebih dalam, ternyata cara menyampaikan pesan melalui cerita
memang adalah cara yang terbaik. Kenapa? Karena, ternyata, bercerita adalah juga cara
Tuhan dalam menyampaikan pesan pada umatnya.
Penulis juga punya pengalaman di sekolah bahwa mendongeng
sangat mudah menyampaikan nilai karakter yang baik, jadi setiap hari selasa di
SDN 16 Penarik satu jam pelajaran guru mendongeng, siswapun sanagat senang.
Dan ini bisa kita
lihat dan buktikan dalam semua kitab suci agama apapun. Contoh storytelling Coba
diliat dulu video ini. Semoga bisa dibuka ya....
Setelah melihat video ini kita bisa menarik kesimpulan:
CIRI-CIRI SEBUAH STORYTELLING!
1. Kekuatannya ada pada cerita. Brand sering muncul belakangan
2. Kalaupun brand muncul di depan kehadirannya menjadi
bagian dari cerita itu
sehingga tetap tidak terlalu terasa bahwa itu
adalah iklan
3. Brand terlihat muncul seperti btw tapi sebenernya
kehadirannya kuat
4. Brand diperlakukan secara netral dan tidak sebagai hero
5. Nuansa iklannya hampir gak terasa
6. SURPRISENYA TINGGI sehingga orang mau nge-share.
Sebelum kita membahas
lebih jauh tentang storytelling, ada baiknya kita memetakan dan mempelajari
macam-macam cara orang berjualan yang sering dilakukan orang:
1. ROUGH SELLING
Cara berjualan dengan cara kasar dan menyakiti hati
konsumennya.
Misalnya produk MLM. Mereka mengundang orang untuk datang ke
suatu tempat cuma ngasih tau bahwa ada prospek bisnis. Pas kita datang ke rumahnya, ternyata mereka
jualan. Begitu juga yang terjadi pada
orang yang jualan asuransi. Seringkali salesgirlnya berjualan dengan cara yang
memaksa sehingga kita jadi kesel dan marah. Cara berjualan seperti ini biasanya
membuat orang jadi tidak bersimpati pada brand kita.
2. HARD SELLING
Hard selling adalah cara berjualan dengan cara berteriak-teriak
seperti tukang obat. Yang diteriakkan biasanya semua tentang kehebatan dan
semua benefit yang ada di brandnya.
Cara berjualan seperti ini biasanya sulit untuk dipercaya
karena janjinya too good to be true. Kalo di social media, ini contoh hard
selling...
3. SOFT SELLING
Cara berjualan secara halus dengan tone and manner yang
elegan.
Meskipun caranya halus, orang tentu saja tau bahwa itu
iklan.
Cara berjualan seperti ini mungkin menyenangkan calon
konsumen tapi karena tau bahwa itu iklan, mereka sering enggan untuk nge-share.
Coba lihat iklan ini. Gak ada satupun kata2nya yang jualan.
Kata-katanya justru berisi puisi dari seorang anak untuk bapaknya di Father's
day... Gak gitu kebaca ya?
Because I’ve known you all my life
Because a red Rudge bicycle once made me the happiest boy on
the street
Because you let me play cricket on the lawn
Because you used to dance in the kitchen with a tea-towel
round your waist
Because your cheque book was always busy on my behalf
Because our house was always full of book and laughter
Because of countless Saturday morning you gave up to watch a
small boy play rugby
Because you never expected too much of me or let me get away
with too little
Because of all nights you sat working at your desk while I
lay sleeping in my bed
Because you never embarrassed me by talking about the birds
and the bees
Because I know there’s a faded newspaper clipping in your
wallet about my scholarship
Because you always made me polish…
4. COVERT SELLING
Covert Selling adalah cara beriklan dengan cara menyembunyikan
brandnya. Orang tidak tau dan tidak merasa bahwa itu iklan.
Cara berjualan seperti ini biasanya tidak disukai oleh Team
Marketing. Kenapa demikian? Karena
mereka merasa apa gunanya bayar mahal-mahal kalo brandnya disembunyikan?
Hehehehe....
Mereka gak tau bahwa covert selling adalah cara yang paling
ampuh untuk mendapatkan share... Orang merasa gak keberatan nge-share karea
merasa itu bukan iklan, Contoh covert
selling tapi dibacanya ntar aja ya.
https://www.kompasiana.com/budiman_hakim/551ae0a4a33311be20b65a69/hnp-bisa-disembuhkan-tanpa-operasi?page=all
STORYTELLING ADA DI MANA DONG?
Kalo digambarkan kira-kira begini... Storytelling ada di
irisan antara soft selling dan covert selling. Diharapkan sebuah storytelling,
komunikasinya bisa halus dan elegan seperti soft selling tapi juga sekaligus
mampu mendapatkan share sebanyak mungkin seperti covert selling.
CONTOH STORYTELLING DALAM TEKS
PUYUNGHAY SIALAN
Habis benerin NOTE-5 di North bridge PIM saya mampir ke
bakmi GM kangen sama Puyunghay yg menurut saya memang nomer satu di dunia.
Saya order sepiring nasi goreng dan seporsi Puyunghay.
Sambil menunggu puyunghay tiba saya foto2 nasi goreng
sepuasnya. Takut keburu dingin saya makan nasi goreng dikit-dikit sambil nunggu
puyunghay.
Sialnya sampai nasi goreng habis Puyunghay sialan itu belum
juga tiba. Lalu saya pakai jurus pamungkas yg selalu berhasil. Saya panggil
waiter lalu saya bilang "Order Puyunghay saya batalkan, saya minta uang
kembali"
Lalu saya dengar ribut2 dari arah dapur dan sekejap kemudian
Puyunghaysialan itu terhidang.
"Bungkus" kata saya setengah membentak. 2 menit
kemudian saya keluar dari resto bakmi GM menenteng bungkus…
STORYTELLING DALAM
BENTUK IMAGE
Coba liat iklan ini. Hanya mengandalkan gambar yang
bercerita. Gak atu huruf pun di sana kecuali kata-kata dalam sachet.
MEMASARKAN PRODUK ATAU BRAND DI SOCIAL MEDIA.
BRAND adalah apa yang orang CERITAKAN tentang kita.
Jadi, apapun bisnis kalian, konsumen harus mempunyai
pengalaman unik untuk diCERITAkan pada komunitasnya
Nah, persoalannya adalah bagaimana kalau ternyata produk
kita tergolong generik?
Setelah dipikir-pikir ternyata brand kita tidak ada bedanya
dengan brand kompetitor. Repot juga, kan?
Kalau itu yang
terjadi maka KITA PERLU MENCIPTAKAN SESUATU sehingga konsumen tetap mempunyai
pengalaman yang menarik UNTUK DICERITAKAN. Caranya bagaimana?
Saya punya temen namanya Iwan SJP. Dia pergi ke Starbucks
mengajak seorang temennya bernama Abigail.
Seperti kita ketahui, setiap kali kita memesan kopi,
baristanya akan menanyakan nama pembeli lalu mereka tuliskan di atas cup kopi
kita. Nah, masalahnya, Barista tersebut salah menuliskan spellingnya.
Iwan kecewa berat, 'Perusahaan multinasional kok bisa salah
menuliskan ejaan?'
Karena kesal Iwan SJP memotret cup bertuliskan nama yg salah
tersebut dan mempostingnya di FB.
Ini postingan Iwan
Kenapa kok bisa begitu, ya? Nah, ini yang kocak. Iwan tidak
mengetahui bahwa Barista tersebut ternyata menulis dengan ejaan yang salah
secara sengaja. Starbucks sedang memberi konsumennya bahan untuk diceritakan. Tanpa disadari orang yang terjebak itu telah
menjadi brand ambassador gratisan.
Satu hal yang perlu dicatat bahwa di era digital, orang
tidak takut melakukan hal yang cenderung negatif dalam berkomunikasi. Buat
mereka mendapat liputan itu jauh lebih penting dari nama baik... Dan strategi
itu udah sangat biasa dilakukan oleh orang di seluruh dunia baik itu artis atau
politisi.
Kalo kalian perhatikan di video tadi, Sang Barista tanpa
merasa bersalah mengatakan, "I am fucking with you."
Sebuah ungkapan yang sangat tabu dalam dunia periklanan dan branding
sebelum jaman digital Digital telah memporaporandakan tata nilai, norma sampai
bahasa.
Seorang temen pernah berkata, “Gak usah heran, Om Bud,
Starbucks mah duitnya banyak. Jadi mereka bisa dengan mudah membayar orang
pinter untuk membuat strategi marketing seperti itu. Orang Indonesia mah jangan
diharepin. Boro-boro membuat strategi seperti itu, kepikiran aja kagak.” Omongan temen saya ini salah besar.
Banyak sekali saya temukan orang-orang lokal yang membuat
strategi jenius dan gak kalah sama strategi Starbucks di atas. Dan hebatnya
mereka adalah pebisnis-pebisnis skala kecil dan menengah.
Apakah kalian pernah mendengar Soto Gebrak?
Boleh percaya boleh
tidak, soto gebrak buat saya rasanya biasa aja. Soto Ambengan Pak Sadi di Jalan
wolter Monginsidi rasanya jauh lebih enak. Soto Kudus di Jalan Wijaya 1 lebih
gurih, Soto Mie di Jalan Pinangsia lebih mantap dan Soto Betawi Pondok Pinang
lezat bukan main walaupun harganya terhitung mahal.
Tapi toh saya tetap menceritakan pengalaman saya makan di
Soto Gebrak. Kenapa?
Ketika kita memesan soto, maka kokinya akan membanting botol
kecap ke atas kayu yang dilapis seng. Setiap kali botol digebrakkan ke meja
maka akan terdengar suara yang sangat memekakkan telinga. Hahahahaha kocak ya? 😂
Setiap kali temen saya ngajak makan siang, saya sering
banget ngajak mereka makan di sana, terutama yang belom pernah ke tempat itu.
Kenapa saya ngajak mereka kesana padahal makanannya gak
begitu enak? Karena saya pengen dia kaget seperti saya pertama kali. Karena
saya punya sesuatu untuk diceritakan.
Jadi saya berkesimpulan bahwa pemilik soto gebrak ini
menyadari bahwa rasa sotonya tidak cukup kuat untuk diceritakan oleh
konsumennya.
Karena itu dia menciptakan gimik dan merekayasa sesuatu
supaya konsumennya punya pengalaman untuk diceritakan.
Artinya, owner soto gebrak ini secara intuisi telah
menciptakan strategi marketing keren yang tidak kalah seperti yang dilakukan
oleh perusahaan multinasional sekelas Starbucks.
Gebraknya membuat konsumen punya sesuatu unttuk diceritakan.
Bukan sotonya.
SIOMAY PINK
Pernah ga kalian mendengar Siomay Pink?
Siomaynya sih biasa-biasa aja seperti siomay pada umumnya.
Yang berwarna pink adalah benda-benda lain di luar siomay.
Dulu dia sering nongkrong di Jl. Jend. Sudrman, Jakarta pas
car free day. Biasanya dia suka mangkal di setia budi atau di Bundaran HI. Saya
sering ke Car Free Day bersama anak-anak dan isteri saya.
Nah, supaya kita tidak terpisah, biasanya kami menetapkan
Siomay PINK sebagai meeting poinSaya sering makan di sana dan rasanya kembali
tidak membuat saya puas.
Rasanya sih biasa aja tapi karena berfungsi sebagai meeting
point, saya tetep nongkrong di situ dan membeli beberapa siomay untuk
menyenangkan hatinya. Belakangan saya mendapat cerita lain tentang penjual
siomay pink ini. Namanya Bapak Sriyono asli dari Klaten.
Warna Pink adalah warna favorit anaknya Nama anaknya adalah
Peksi Safira Miradalita.
Pak Sriyono bercerai dengan istrinya ketika Peksi baru
berusia 3,5 tahun. Dan tragisnya, Pak Sriyono tidak diizinkan untuk bertemu
dengan anaknya itu. Nah loh, sebuah cerita lagi, kan? Hati saya tersentuh
sekali mendengar cerita itu. Saya gak bisa membayangkan kalo saya gak bisa
bertemu dengan anak saya sepert yang dialami oleh Pak Sriyono.
Sejak itu, setiap kali pergi ke Car Free Day, saya selalu
makan siomay Pink. Saya beli yang banyak.
Tapi inga! Saya ke sana bukan karena siomaynya. Siomaynya
gak enak! SAYA KE SANA KARENA CERITANYA. Luar biasa kan pengaruh sebuah CERITA?
Sekian dan selamat berbuka puasa.
Luar biasa sekali pak Budiman, saya seking asyiknya membaca
cerita, sambil membayangkan gam-gambar yang di postingnya dan merasakan dalam
keadaan nyata berjualan, membeli dan membayangkan pembelinya, dan merasakan
nikmatnya makanan tersebut ternyata ini adalah dongeng pak Budiman dengan
peserta Belajar menulis, terima kasih.
Mohon komentarnya ya
ReplyDeleteKeren lengkap bu
ReplyDelete