Tuesday, May 26, 2020

BERSEPEDA DI PAGI HARI

Kegitan bersepeda Mengasyikan


Asyiknya bersepeda, di tulis: oleh Rasita

Aktivitas setelah sholat subuh, suami selalu mengajak untuk berolah raga bersepeda, di pagi yang cerah ini yang belum banyak masyarakat beraktivitas, kami menelusuri jalan yang  masih sepi dengan santai tapi pasti, sepeda ku kayuh dengan santai dengan memperhatikan lurusnya jalan yang di lewati, tak terasa kayuhannya sudah sampai batas yang di tentukan dan kami berputar balik kebelakang dengan santai lagi kaki selalu berputar mengikuti pedalnya sepeda, hal ini kami lakukan berulang – ulang kali.

Tak terasa keringat telah menguncur seluruh badan, namun hal ini tidak terasa lelah hanya yang ada kebahagian dari wajah masing – masing, saya mengajak suami berhenti untuk  membantu memotret saya, karena hasil poteretnya mau saya jadikan bukti dari sebuah cerita yang saya tulis hari ini.

Bersepeda melatih otot  - otot paha, pantat dan meningkatkan metabolisme. Sehingga bisa mengurangi lemak yang ada di badan, dan membakar kalori, Deabetes, meningkatkan resiko serangan jantung, stroke dan kadar gula darah.

Bersepeda bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius. Bersepeda adalah sebuah kegiatan yang mengasyikkan yang dilakukan dengan santai.
Kalau di baca dalam  liputan6.com rangkuman dari berbagai sumber, manfaat bersepeda bagi tubuh
1.      Menstabilkan diabetes

Deabetes merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan. Tak hanya orang yang sangat dewasa yang bersiko, anak muda pun zaman sekarang sangat mungkin terserang . apalagi mereka tidak memiliki pola hidup yang sehat. Cobalah rutin melakukan bersepeda setiap hari minimalnya 30 menit.

2.       Mencegah resiko darah tinggi
Bersepeda adalah aktivitas yang sangat baik dalam mencegah resiko darah tinggi. Dan bisa mengontrol detak jantung, melunturkan lemak dalam tubuh dan memperkuat otot tubuh terutama kaki.

3.       Mencegah resiko jantung
Bersepeda bermanfaat juga membantu mencegah resiko jantung, mencegah resiko mudah lelah, dan mencegah obesitas.

4.       Mencegah resiko Depresi
Bersepeda di pagi hari dan sore hari bisa membantu mengurangi stress, depresi, serta kecemasan. Bersepeda ini juga akan meningkatkan kualitas kebahagiaan dan kenyaman hati.

5.       Meningkatkan kekuatan otak
Bersepeda dapat menyehatkan otak dan mengurangi perubahan kognitif yang dapat membuat kita rentan terhadap demensia di kemudian hari. Dan juga dapat membuat  beberapa aria peredaran aliran  darah tetap naik hingga 40% bahkan setelah olah raga, penelitian menyimpulkan bahwa kita harus bersepeda selama 45 – 60 menit  dalam 4 kali seminggu.

6.       Meningkatkan kemampuan seks
Bersepeda dapat membangun beberapa kelompok otot yang penting. Dr Matthew Forsyth, ahli urologi dan pengendara sepeda dari Fotland, Oregon, mengatakan: “ Semua otot ini (di bentuk saat bersepeda) digunakan selama hubungan seksual . semakin baik  mengembangkan otot  - otot ini, hubungan seksual yang lebih lama.

7.       Mengatasi insomnia
Bersepeda di percayai mengatasi gangguan insomnia. Sedangkan manfaat bersepeda di pagi hari yang terik matahari belum terlalu terik dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

8.       Menurunkan resiko kanker
Sebuah studi mengungkapkan bahwa bersepeda bisa mengurangi resiko kanker juga. Studi itu juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, beresiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal, jadi bersepeda secara teratur dapat mengurangi resiko kanker usus dan payudara.


Tanpa kita sadari bahwa Bersepeda banyak manfaatnya bagi kesehatan kita, sebaiknya kita lakukan secara rutin. Kita juag harus tau dengan gaya bersepeda perhatikan kayuhannya, sesuaikan postur kita dengan sepeda yang kita gunakan, posisikan tubuh kita dengan benar, perhatikan rute  bersepeda,  perhatikan keamanan dan keselamatan,

8 comments: