Tuesday, June 23, 2020

TIGA MANFAAT MENULIS

Bersama nara sumber Wijaya Kusumah yang dikenal dengan omjay blogger terkenal.
Ditulis oleh: Rasita


Berkembangnya Virus Corona atau yang dikenal dengan nama COVID-19 di Indonesia membuat Pemerintah menerapkan   social distancing, sekitar pertengahan bulan Maret 2020 lalu, jadi waktu itu Sekolah di liburkan selama 14 hari yang terhitung mulai tanggal 17 Maret sampai tanggal 31 Maret 2020.

Menurut pengamatan Tim Covid-19 dan tenaga medis virus Corono belum juga Nampak hilang di bumi kita, virusnya masih menyerang pada manusia, akhirnya pemerintah memperpanjang masa libur sekolah, dengan perpanjangan libur sekolah tentu saya merasa bosan juga berada dirumah tanpa ada aktivitas yang bisa membuat kesibukan yang fositif.


Saya membuka facebook ternyata ada Brosur Belajar Menulis online gratis bersama omjay PGRI  atau Bapak Wijaya Kusumah,M.Pd.di brosur sudah ada no wa yang bisa di hubungi, saya coba kirim nama saya dan tempat tugas untuk ikut bergabung di group yang dipimin omjay. Alhamdulillah seminggu setelah itu saya sudah tergabung dalam kelompok menulis online gelombang 8.

Setelah tergabung didalam kelompok tersebut saya sempat bingung, karena disarankan untuk membuat blog sedangkan saya tidak bisa membuat blog. Tapi saya tetap mengikuti dan membaca postingan kawan –kawan didalam group tersebut sambil belajar.

Omjay mempostingkan video cara membuat blog, lewat video inilah saya mulai belajar membuat blog, saya buka laptop dan saya klig google chrome saya cari blogger akhirnya saya bisa membuat blog sendiri yang di pandu oleh video omjay. Terima kasih omjay


Saya senang sekali dengan group belajar menulis online gelombang 8, karena pada semangat semua untuk mempostingkan tugasnya, dari sinilah saya banyak belajar bagaimana menulis yang baik.


Saya berpikir  ketika bergabung di grup ini, mungkin di sinilah jalan aku untuk menuntut ilmu tentang menulis itu akan terpenuhi. Hasrat menulisku akan tersalurkan. Dan ternyata memang benar dengan Belajar menulis, artikel saya sudah dua kali masuk di media cetak Radar Mukomuko. Alhamdulillah.

Sejak bergabung dengan grup belajar menulis online gelombang 8 ini ternyata aku tidak salah masuk. Di dunia maya ini, di rumah keduaku ini, aku bertemu dengan insan-insan hebat. Mulai dari teman, yang kini sudah ibarat saudara, sahabat sekaligus keluarga, ditambah lagi nahkodanya OmJay didampingi para moderator hebat. 

Dan tentu saja para Sang Guru Hebat yang senantiasa dengan penuh daya dan pesona menebarkan ilmu-ilmu tentang menulis, tentang kehidupan, dan tentang apa saja yang dibutuhkan dalam kehidupan ini.

Disinilah aku menemukan dan merasakan 3 manfaat hebat bergabung dengan sahabat, pemandu, dan narasumber hebat di grup belajar menulis . Disini, di grup ini aku dapat menjalin tali silaturahmi dengan insan-insan Tuhan dari berbagai penjuru tanah air, dari berbagai latar belakang budaya, sosial, profesi, tempat tinggal, dsb yang beragam. 

Namun tak menyurutkan langkahku , langkah kami semua untuk mengayun asa bersama dengan penuh kedamaian. Dan semuanya mempunyai satu tujuan yaitu ingin mendapatkan secercah ilmu tentang tulis menulis dengan segala rangkaiannya.

Dan dengan bergabungnya di grup ini, berarti kita semua telah menjalin tali silaturahmi, yang dianjurkan dalam ajaran agama.   Di sini kita  saling mengenal satu sama lain, saling berbagi, saling bercanda, saling suport, saling memberi, saling melengkapi, saling mendukung, saling berkunjung ke blog teman lain. 

Dan semua ini adalah menjalin tali silaturahmi lewat dunia tulis menulis, sekalipun hanya lewat maya. Namun tak mengurangi rasa pertemanan yang kini sudah terukir menjadi sebuah persahabatan, persaudaraan diantara yang satu dengan yang lain.

Menjalin tali silaturahmi ada beberapa manfaat yang kita dapat. Begitu juga kita menjalin silaturahmi dengan sesama peserta yang punya tujuan sama yaitu berkarya dengan menggoreskan pena untuk merangkai kata sehingga dapat menjadi sebuah pustaka yang akan melegenda sepanjang masa.

Inilah 3 manfaat menulis bersama di grup ini yaitu :

1. Mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Dengan bergabung di grup belajar menulis online ini banyak sekali ilmu hidup dan kehidupan, juga ilmu-ilmu tentang kecakapan hidup, kesuksesan hidup, keterampilan hidup dan lain-lain yang didapat dari membaca dan menulis. 

2. Mendapatkan banyak sahabat.

Dengan bergabung di grup belajar menulis online ini, kita mendapatkan banyak teman / sahabat, yang kini sudah seperti saudara , walau jauh di mata namun dekat di hati. Saudara sebangsa dan setanah air yang berasal dari hampir seluruh penjuru negeri. Dan persahabatan ini   akan terkenang sampai mati.

3. Bertemu manusia-manusia hebat.

Dengan bergabung di grup belajar menulis online ini kita juga diberi kesempatan oleh Tuhan, untuk dapat bertemu dengan para manusia hebat yang dianugerahi talenta luar biasa, para  narasumber yang ilmunya sangat sarat dengan nasehat, kiat-kiat, , siraman semangat yang sangat bermanfaat agar kita menjadi manusia-manusia yang literat sepanjang hayat dan akan berguna dalam menapaki kehidupan di dunia juga sebagai bekal menuju alam akherat. Insya Alloh.

Salam literasi, mari tuangkan imajinasi dengan bereskpresi diri lewat goresan-goresan pena berdasarkan kalam-kalam Ilahi. 

Demikianlah tulisan yang dapat saya gores hari ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih omjay yang selalu membimbing kami.


2 comments: