Wednesday, June 24, 2020

Pengalaman Ngeblog Di Wordpress

Menulis di blog wordpress dan menyimpan dokumen di Wordpress


Profil Penulis

RASITA,S.Pd. Lahir di Desa Keluru  52 tahun yang lalu, Lulusan S1 universitas Terbuka tahun 2009. Sejak tahun 1989 diangkat menjadi guru CPNS di SD Negeri 19 Sungai Ipuh II di daerah tertinggal, mengabdi selama 5,5 tahun . Alamat Mukomuko Bengkulu
Pada tahun 1995 Pindah Sekolah ke SD Negeri 24 Saribulan selama 11 bulan, kemudian mutasi lagi pada bulan Desember 1995 ke SD Negeri 01 Penarik, selama 10 tahun atau  bulan Juli  tahun 2005 saya dipercaya oleh Kepala sekolah memimpin kelas jauh yang berada di Peruhaan PT Agro Muko yang bergerak di bidang Kelapa sawit.
Saya memimpin Sekolah ini sama dengan memimpin sekolah yang mendiri karena kelas dan gurunya sudah memnuhi standar, setelah 5,5 tahun saya memimpin kelas jauh sekolah ini di Negrikan Menjadi SD Negeri 14 Penarik, selama 8 tahun menjadi kepala sekolah difinitif banyak prestasi yang saya raih mulai dari Prestasi siswa sebagai juara pada lomba LCC, MIPA dan Pidato tingkat Kabupaten, menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten dan tingkat Provinsi.
Pada tahun 2017 saya di mutasi lagi ke SD Negeri 16 Penarik, sebagai kepala Sekolah. Saya memimpin sekolah baru lagi yang belum terakreditasi, alahamdulilah dalam jangka 9 bulan saya memimpin sekolah ini sudah bisa terakreditasi dengan nilai B.
Berjalan tidak begitu lama kira – kira satu tahun kemudian sekolah ini sudah menjadi sekolah Adiwiyata Kabupen serta menjadi sekolah model.
Menjadi Guru Pavorit tingkat Provinsi,  Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2012 tingkat Kabupaten, Kepala  Sekolah berdedikasi tinggi tahun 2014. Mendapat tanda jasa dan tanda kehormatan dari Presiden Joko Widodo tahun 2019.
Hobbi saya adalah berorganisasi, sekarang menjadi pengurus PGRI Kabupaten, Pengurus Srikandi Pemuda Pancasila Kabupaten. Pernah mengikuti Pelatihan kepimpinan organisasi PGRI di laksanakan di Malaysia (Kuala lumpur) tahun 2009 selama 3 minggu. Yang diadakan oleh organisasi guru Dunia IE.





BELAJAR NGEBLOG DI WORDPRESS BERSAMA MR.BAMS


Berawal dari Libur Covid-19, yang membuat saya bosan di rumah tanpa aktivitas yang positif untuk saya sebagai Guru, maka saya coba buka – buka media sosial terutama facebook, kalau – kalau ketemu kegiatan yang bisa membawa saya banyak beraktivitas dan bermanfaat untuk diri saya sebagai guru atau kepala sekolah.
Alhamdulillah saya membaca brosur tentang belajar menulis online dengan gratis, saya copi brosur itu saya simpan di galeri HP, inilah bentuk brosur dibawah ini




Saya mengirim wa di no HP yang ada di brosur itu, untuk bisa di daftarkan sebagai peserta Belajar menulis online bersama omjay PGRI. Ternyata seminggu setelah itu saya sudah tergabung dalam group gelombang 8, saya sapa mereka yang ada didalam group tersebut dengan mengucapkan salam dan mengucapkan terima kasih bisa bergabung dengan peserta yang ada se Indonesia.

Pada esok harinya saya sempat bingung karena peserta didalam group tersebut di minta membuat blog, setiap tulisan di simpan di blog  kata omjay sebagai pembimbing kami. Jangankan membuat tulisan blogpun saya tidak tahu dan juga tidak bisa membuatnya. Saya sempat bertanya dengan Zani kebutulan dia pernah bekerja di dinas Pendidikan Kabupaten Mukomuko. Apakah belaiu pandai membuat blog? Jawabnya tidak.

Wa group belajar menulis online gelombang 8 saya pantau terus, saat itu omjay mengirim video cara membuat blog, nah dari sanalah saya mulai belajar membuat blog, sebentar – sebentar video tersebut saya matikan kemudian saya hidupkan lagi sampai blog saya jadi.

Blog yang saya buat dengan nama “membangunkreatifitasbrending.blogspot.com”, saya coba menulis di blog dan saya publikasi, namun saya belum bisa mengirim tulisan blog ke wa group. Hampir satu minggu hanya saya kirim file di words saja, kadang saya malu dengan kawan – kawan bahwa saya saja yang ngirim tulisan lewat words.

Walaupun saya belum bisa mengirim tugas lewat blog ke wa group namun saya tetap menulis, tulisan itu tetap saya simpan di blog. Suatu hari Mr.Bam mengirim video cara mengirim tulisan di blog ke wa group,nah dari sini saya simak terus video tersebut kemuadian saya coba kirim ke wa suami saya dulu apakah bisa di buka blog tersebut?, ternyata bisa di buka.

Hati saya merasa senang karena tulisan di blog sudah bisa saya kirim ke wa group, Cuma saya masih ragu juga sebab saya belum bisa mengirim fotonya, tapi tulisan itu tetap saya kirim tanpa foto.

Blog saya isi terus dengan tulisan – tulisan dan resume – resume pembelajaran, namun saya tetap mengutak atik blog untuk belajar lebih baik, baik untuk mempostingkan foto  maupun tulisan – tulisan yang bermakna.

Belajar Menulis online gelombang 8 ini sebagai ketua kelasnya adalah pak Bambang yang di kenal dengan nama Mr.Bams, beliau ini sering menjadi moderator yang diminta oleh omjay. Bersama Mr.Bams inilah kami diajak untuk belajar membuat blog wordpress.

Mr.Bams menawarkan di group Belajar Menulis online gelombang 8 siapa yang mau ikut belajar membuat wordpress silakan daftar dengan Link yang sudah disiapkannya dengan kontribusi Rp.25.000.sayapun segra mendaftar dan tidak ketinggalan juga dengan kawan yang lain satu group di menulis gelombang 8. Dan saya terdaftar sebagai gelombang pertama.


Untuk Kegiatan Pembelajaran membuat blog di wordpress, kami di beri panduan oleh Mr.Bams, dengan beberapa materi lewat power point dan juga di beri jadwal kegiatannya. Semua materi dan jadwal di kirim duluan sebelum kegiatan di mulai dan kami di minta untuk membaca – baca materi nanti kapan jadwalnya baru di pandu sama Mr.Bams.

Inil adalah jadwal yang di buat oleh Mr.Bams
No
Tanggal
Materi
Keterangan
1
Pelaksanaan di bulan Mei  2020, waktu pukul 20 – 23
Membuat blog
Angkatan 1
2
Mengatur tema

3
Posting

4
Shere posting

5
Insert gambar/foto

6
Insert file

7
Insert link

8
Insert youtube

9
Membuat ketegori


Saya mulai membuka laptop dan membuka petunjuk dan membaca materi yang di berikan oleh Mr.Bams, saya mulai ngilik google dan mengetik wordpress akhirnya apa yang ada di materi saya ikuti dan saya juga mengikuti arahan Mr.Bams akhirnya blog wordpress saya jadi inilah bentuk wordpress saya




Langkah – langkah pada materi yang di berikan oleh Mr.Bams saya coba ikuti terus, namun tidak semua langkah tersebut saya bisa dan lancar  mengerjakannya, tetapi tetap  ada kendala, namun saya tetap optimis dan rajin mengikuti postingan – postingan kawan – kawan di group belajar di blog wordpress, akhirnya tulisan saya di blog bisa saya posting dan saya shere di group – group guru ngeblog dan banyak juga kritikan dan masukkan yang di berikan oleh kawan – kawan dalam kolom komentarnya, tapi saya merasakan senang setiap keritikan yang di samapaikan saya usahakan untuk membenahinya supaya lebih baik kalau di baca yang lain.




Jadi Menulis di blog sangat banyak manfaatnya untuk kita, terutama di wordpress karena bisa mengamankan dokumen kita juga bisa memberi manfaat banyak untuk orang lain, bagi yang membutuhkan tulisan yang kita buat.


Ngeblog di wordpress Bersama Mr.Bams selama Covid-19 memang mengasyikkan, kadang saya ngeblog di blogspot juga. Setelah tulisan saya buat di blog wordpres saya buat lagi di blogspot kedua – duanya saya isi terus kemudian di posting dan di shere di beberapa group.dan kita bisa lihat di statistiknya berapa yang like dan berapa yang komen itu membuat kebahagiaan tersendiri inilah contoh statistic saya, walaupun belum bnyak yang like dank omen tapi saya sudah merasa senang sebab masih ada kawan yang mau berkunjung ke blog saya.




Terima kasih inilah pengalaman saya dalam menulis blog wordpress dan pengalaman membuat blog wordpress, terima kasih Mr.Bams yang telah membimbing saya dan kawan – kawan satu group, semoga kedepan guru ngeblog lewat wordpress selalu berkembang dan membawa kemajuan untuk dunia Pendidikan serta gurupun menjadiprofesional.

3 comments:

  1. Terima kasih infonya, senang melihat perjalanannya mencoba WordPress

    ReplyDelete
  2. Mantap nian bu..udah jadi penulis senior SemarangšŸ‘

    ReplyDelete