Wednesday, June 24, 2020

Pengalaman Dedi Dwitagama Ngeblog

Menyimak Pengalaman Dedi Dwitagama Ngeblog

Resume Pembelajaran Menulis gelombang 8, di tulis oleh Rasita



SEJARAH NGEBLOG

Bersama nara Sumber Bapak DEDI DWITAGAMA. Beliau mengajar di SMKN 50 Jakarta.lengkapnya bisa di simak di blognya http://dedidwitagama.wordpress.com/about. Ini hijrah keblog wordpress tahun2007.

Pak Dedi juga menulis di kompasiana http://www. kompasiana.com/dedidwitagama postingan terakhirnya adalah tentang Balita Merokok di depan ibu dan adiknya. Sungguh miris bukan? Siapa yang harus disalahkan jika masih balita sudah merokok. Terbayang kondisi paru yang masih rentan terhadap penyakit. Seharusnya kita sebagai orangtua menyayangi kesehatan anak kita dengan tidak merokok di depannya. Mungkin hal ini bisa mengurangi kemungkinan besar alasan balita atau anak belum cukup umur untuk ikut-ikutan merokok.

Pak Dedi dengan segudang prestasi adalah seorang blogger. Menurutnya, blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang sedunia. Media blog pertama kali di populerkan oleh Blogger.com yang dimiliki Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google tahun 2012. Semenjak itu banyak aplikasi-aplikasi terbuka yang diperuntukkan penulis blog tersebut. Apalagi sekarang aplikasi blog sudah bisa di unduh di playstore. Sangat memudahkan kita untuk terus semangat dalam menulis di blogm Sejarah ngeblog dibuktikan dengan terlahirnya lebih dari 4100 artikel yang dilihat sampai dua juta kali dan pengunjung blog sampai 600.000 orang. Wah, sangat keren sekali bukan??? 

Didalam materi yang di sampaikan oleh Pak Dedi, dia mempersilakan membuka blognya. Saya membuka blognya, pertama saya tertarik dengan membaca ini KAWAN KAWAN guru bisa gabung di https://www.facebook.com/groups/gurublogger/, setelah saya buka saya melihat foto para blogger – bloger se Indonesia, jadi ngeblog pak Dedi memang luar biasa disini banyak pengalaman yang bisa kita contoh, ayoo kawan – kawan baca blognya pak Dedi.




Manfaat blog adalah mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, dan ditulisan seperti Arsip yang disimpan di Map Bindek maya. Bisa juga mengarsipkan foto seperti kita simpan dialbum serta juga bisa menyimpan video. Karena Pak Dedi suka fotografi beliau sampai punya blog khusus foto https://fotodedi.wordpress. com tapi beralih semenjak ada  akun Instagram.

Pak Dedi pernah menerbitkan buku Matematika di Penerbit Galaksi, Buku PTK bersama Omjay, dan tulisan-tulisan lepas di Majalah PGRI. Pernah 2 tahun keliling Indonesia bersama BNN RI menyemaikan Anti Narkoba. 

Blog Kompasiana, pembacanya orang-orang pinter yang suka baca. Orang Indonesia yang tinggal di dalam dan luar negeri bisa tahu tulisan kita bisa jadi alat rekam yang dahsyat. Kalau blogspot atau wordpress itu pengunjungnya datang jika terhubung dengan mesin pencari (link) sedangkan kompasiana langsung terbaca oleh semua orang. Jika kita menulis di kompasiana hasil plagiat atau tiruan maka akun kita bisa ditutup karena ketauan admin. Jadi usahakan rubah tulisan kita jika ingin menulis kembali di blog kompasiana. 

KESIMPULAN

Manusia yg baik adalah manusia yg bermanfaat buat orang lain, yang bisa menyenangkan orang lain peribahasa mengatakan gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggal belang dan manusia mati meninggalkan nama.  kedua point itu bisa diaplikasikan lewat media Blog yang sekarang bisa kita kelola menggunakan HP, apalagi kemudian bisa membuat kita dikenal orang dan diundang kesana-kemari, dan dibayar pula, menulis di blog, mendokumentasikan apa saja yang terlintas di hati kita dan di pikiran kita, nikmati hasilnya kemudian hari.

Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Khoirunnas, Anfa uhum Linnas. Luangkan waktu untuk menulis di sela-sela aktivitas kita yang begitu padat. Menulislah dengan lepas. Tuangkan tulisan dengan 3 alinea (pembuka, isi, penutup)
Jika blog ingin ramai, rajin-rajinlah Blog Walking. Dengan membaca tulisan teman dan memberikan komentar positif, blog kita akan banyak tamu.
Jadikan blog arsip di Map bindek maya yang suatu saat bisa di buat buku. Teruslah menulis setiap hari untuk mengasah keterampilan menulis Anda. 

Dengan rajin menulis, maka tulisan kita bisa bermanfaat untuk dibaca orang lain dan juga bermanfaat untuk semua orang bagi yang membtuhkan. Tulisan yang kita tulis dengan sederhana kita bisa menjadi sangat berharga bagi orang lain.

Terima kasih nara sumber hebat Pak Dedi Dwitagama, luar biasa ilmu yang di sebar kepaada kami para guru blogger Indoesia terutama saya sebagai blogger pemula yang masih kurang ilmunya dan masih haus untuk menimba ilmu – ilmu dari para nara sumber hebat. Dan juga terima kasih omjay dan buk Fatimah yang selalu menjadi pembimbing dan moderator hebat.mari kita berdoa supaya para blogger di group ini selalu dalam keadaan sehat dan di beri ilmu yang melimbah. Aamiin.



5 comments:

  1. Ya...bu semoga bisa mengikuti jejaknya walau agak tertinggal tetap semangat...😊😊

    ReplyDelete
  2. Mantab...ibu rasita...trus berkarya...semoga selalu jaya

    ReplyDelete
  3. Semoga selalu jaya bu rasita..terus berkarya

    ReplyDelete