Wednesday, June 17, 2020

KISAH MEMBUAT RESUME BERSAMA BUK THERE

Resume Belajar Menulis Gelombang 8, yang ditulis oleh Rasita,S.Pd



Bersama nara sumber Theresia Sri Rahayu,S.Pd.SD. Lahir Di Kuningan 13 September 1984. Bertugas di SDN Wahhibur Kabupaten Sumba tengah NTT.

Ketika awal menulis resume, saya coba mengimitasi gaya menulis resume dari beberapa orang, namun saya  merasa kaku dan ide - ide tidak bs mengalir dgn lancar.

Setelah materi berjalan beberapa kali, dan sesuai anjuran Om Jay utk melakukan blog walking, saya pun mulai menemukan style sendiri dlm menulis resume. Dari situlah akhirnya saya merasa lebih percaya diri saat menulis resume.

Hal yang menjadi kebanggaan bagi saya sebagai blogger pemula adalah ketika resume yg kita buat lalu kita posting daii blog, dibaca oleh orang lain bahkan diberikan komentar. Saat itu, saya pun tertarik untuk memasang gadget statistik di laman blog saya, shg sy bs terus memantau trafik pengunjung blog saya, bahkan melihat bnyknya viewer yang membaca tulisan saya. Ini adalah contoh artikel yang saya buat dan dilihat oleh ribuan pembaca


Sedangkan untuk resume hasil belajar menulis, jumlah viewernya bervariasi sekitar ratusan pembaca.
Ini resume yang paling banyak viewernya yaitu 720 orang https://www.cikgutere.com/2020/04/semua-guru-bisa-jadi-gupres-ini-caranya.html?m=1.

Sepanjang mengikuti kegiatan belajar menulis bersama Om Jay, saya punya pengalaman yg unik dan menarik. Ini salah satunya :

Suatu saat, salah satu narasumber kami saat itu, Ibu Lilis Sutikno, beliau adalah guru PPKn di salah satu SMA di Kab. Kupang NTT, memberikan tantangan kepada kmi untuk lomba menulis resume dengan cepat. Bagi yang tercepat, maka akan mendapatkan hadiah dari beliau. Saat itu kondisi di daerah saya sedang mati lampu. Sehingga saya harus berjuang untuk bisa terus menulis resume sampai selesai. Dan akhirnya resume selesai Pkl 01.00 Wita. Dan sy pun langsung membagikannya di laman FB Ibu Lilis. Esoknya , beliau mengontak saya dan menyatakan bahwa saya termasuk 10 besar resume tercepat dan akan mendapat hadiah buku dari beliau.

Tentu saja saya merasa sangat senang, karena saya bisa membuktikan bahwa saya bisa menulis resume dengan cepat dan beliau juga suka dengan resume yang saya tulis.

Setelah pengalaman itu, akhirnya motivasi saya dalam menulis pun bertambah dengan motivasi untuk berprestasi. Memang banyak motivasi untuk menulis, tapi bagi saya, motivasi sy menulis ada 2 yaitu untuk berbagi / sharing dan utk berprestasi.

Dari beberapa resume yang saya buat, ada yang mendapat hadiah atau penghargaan yaitu :


Dan terakhir, sy mendpt penghargaan sebagai blogger inspiratif dr Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta.

Ternyata, benar yang dikatakan oleh Om Jay, "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya". Saya adl org yg sdh merasakan manfaat menulis setiap hari, yaitu dgn menulis resume. Keajaiban itu datang ketika saya dan peserta yg lain menyimak materi dari Prof. Richardus Eko Indrajit. Di tengah - tengah penyampaian materi, beliau menantang kami utk menulis buku dlm waktu seminggu.

Dan saya termasuk satu dr sekitar 21 peserta yg menjawab tantangan itu. Dan akhirnya, setelah melewati proses bimbingan dari beliau juga penguatan dari Om Jay, buku karya saya yg berkolaborasi dgn Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar". Dinyatakan diterima dan dierbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta yg merupakan salah satu penerbit mayor.

Terus terang ini adl pencapaian yg luar biasa bagi saya. Saya merasa berat krn memikul tanggung jawab dan kepercayaan besar dgn pemberian penghargaan itu.
Dan apa yg sy khawatirkan pun terjadi. Banyak guru - guru yg menghubungi saya secara japri melalui WA dan messenger sekedar utk meminta tips atau saran dlm menulis.

Sy merasa malu krn ilmu dan pengalaman sy masih sangat minim namun di sisi lain, saya pun harus tetap berbagi dgn guru lain. Maka, saya pun berusaha utk menjawab pertanyaan2 dr bpk/ibu yg tlh menghub sy.

Oleh karena itu, pd mlm hari ini sy ingin jg berbagi kpd Bpk/Ibu ttg tips menulis resume ala Cikgu Tere :
1. Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yg terlewat.
2. Menulis resume sesuai dgn gaya menulis kita sendiri. Just be your self.
3. Tangkap point penting materi dr narasumber, modifikasi dgn kalimat sendiri (jangan asal copas materi dr chat)
4. Gunakan pengantar yg menarik sebelum masuk di isi resume (biasanya saya menghubungkan dgn kehidupan saya, misalnya topik Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor, maka saya awali dgn pengantar bhw sejak kecil sy suka membaca buku dan ada mimpi suatu saat sy bs menulis buku dan buku sy dipajang di rak buku sebuah toko buku besar"
 5. Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca
memahami struktur tulisan.

6. Tulislah resume dengan sepenuh hati. Bukan karena sekedar ingin mengerjakan tugas dari Om Jay. Ketika kita sudah menulis resume dengan sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yang lebih dari orang lain / blogger yang lain.
- Menentukan judul resume yg wow
- Mencari referensi terkait topik
- Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi
- Merancang tampilan / visual resume dgn menambahkan gambar atau video di resume kita.
-Melakukan editing sederhana (PUEBI)

7. Cari  informasi terkait narasumber yang akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dalam memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan menjadi lebih baik daripada peresume yang lain. Caranya : stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll)

8. Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yg mendukung kita dalam menulis resume, misalnya jika ada narasumber yang memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yg menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text untuk mengubahnya menjadi text.

9.  Lakukan blog walking untuk mencari informasi yg mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.

Memang luar biasa semangat dan kegigihan buk there dalam menulis, dengan kiatnya yang jitu sehingga tulisannya banyak di kunjungi oleh pembaca, saya awal mendengar cerita lewat omjay bagaimana kesuksesan buk There saya cari blognya saya baca memang kalimat demi kalimat tersusun dengan rapi dan enak di baca, saya salut sekali. terima kasih buk there atas ilmu yang di bagi malam ini.


6 comments: