Sunday, August 2, 2020

Mendokumentasikan Tulisan di Blog

Belajar bersama AISEI Pertemuan Ke 7,  Minggu, 02 Agustus 2020, oleh Rasita

Materi hari ini” Mendokumentasikan Kegiatan lewat Blog” bersama bapak Dedi Dwitagama

Mengawali cerita pak Dedi, Blog adalah catatan kita yang boleh di baca orang lain atau berguna untuk orang lain, menulislah dengan baik di blog dan postingkan, kita melihat dan membaca berapa banyak tulisan omjay di blog tentang dirinya, jadi dengan mudah membuat tulisan kita bisa banyak belajar dengan beliau.kalau kita sedang tidak ada ide kita bisa membaca di blog orang, yang penting kita punya niat dan motivasi. 

Pak Dedi guru matematika di SMKN 50 Jakarta. Akan tetapi, beliau lebih dikenal bukan karena guru matematika.  Beliau ngeblog sejak tahun 2005, namun 2 tahun awal Pak Dedi tidak fokus. Blog merupakan catatan harian atau diary yang orang lain boleh baca. ini beliau bergelar Simatupang ‘siang malam tunggu panggilan’. Jika kita mau ngeblog bisa ngeblog lewat blogspot, wordpress, guraru, kompasiana, gurusiana atau juga yang lainnya.

Inilah semangat teman – teman untuk belajar di Aeisei, banyak pertanyaan yang di sampaikan oleh kawan – kawan di bawah ini: https://youtu.be/dqTBzKip_os.. 

From Edi Triyanto to Everyone:  04:50 PM

maaf Pak Dedi bagi kami pemula di dunia tulis menulis, Bagaimana stategi menemukan ide, mengembangkan ide yang layak jual, layak jadi tulisan yang menginspirasi

From Rabetsakariono, S.Pd. to Everyone:  04:53 PM

Ijin bertanya Om Dedi, kalau yang profesi guru, menulis di blog sebaiknya fokus tentang pendidikan atau gimana?  Tidak terbatas masalah pendidikan kah?

pemaparan yang sangat menarik. adakah trik mengajari siswa bermain blog, yang kondisinya sekolah di daerah rawan signal?kadang ada, seringnya ga ada signal

From sigit to Everyone:  04:50 PM

menulis yang baik dan bisa menarik minat orang itu perlu spesifik tema atau bebas aja ya? mohon pencera

From Nurhabibah SMKN 4 Pekanbaru Riau to Everyone:  04:58 PM

apakah perbedaan kompasiana premium dng yang biasa setelah daftar?

From Fahriyani to Everyone:  04:59 PM

setuju..terkadang menulis tu berat...kadang semangat..utk menjaga konsistensi saya akui itu sulit..bagaimana memotivasi diri kita utk menjaga konsistensi

Bagaimana cara menulis di kompasiana Pak Dedi?

From Sumarjiyati,S.Pd.I to Everyone:  04:42 PM

ijin bertanya om dedi.. bagaimana mengantur  blog agar bias mengelompokkan antara kegiatan sekolah kita dan kegiatan sehari hari kita di rumah. Seperti pengalaman om dedi di awal-awal ngeblog. sementara blog saya jg demikian isinya macem-macem tulisan teriakasih.Sumarjiyati Gk

From Sugeng Riyanto to Everyone:  04:42 PM

Salam Kenal. Untuk menulis pada blog/site pribadi, sebaiknya fokus satu Tema atau campur2 sesuai sudut pandang Kita/trending masalah saat ini.

From Siti Maslufin to Everyone:  04:42 PM

Tadi dipaparkan mengenai blog yang campuran. Mau tanya pak Dedi...Manakah yang lebih baik, blog itu campuran tetapi sudah ada halamannya (topiknya sendiri2) ataukah satu blok focus untuk satu tema. Terima kasih  (Siti Maslufin-SMPN 2 Rengel Tuban)

Mari kita simak materi dari pak Dedi lewat youtube di bawah ini

https://www.slideshare.net/dwitagama/materi-aisei-writing-event-03-agustus-2020

Itulah pembelajaran hari ini, terima kasih Pak Dedi, ibuk Capri dan omjay.

 

6 comments:

  1. wow, lengkap bu ada waktunya juga, :)

    ReplyDelete
  2. Wow cepat sudah jadi catatan ya... cerita yang disampaikan Pak Dedi sore hari ini.... Jadi ingat pesan Pak Dedi... ayo fokus dan konsisten!
    Yuks selalu latihan menulis Paling tidak sekali setiap minggu....

    ReplyDelete