Monday, August 17, 2020

DETIK-DETIK PROKLAMASI Ke 75 DI PERJALANAN

 

HUT RI ke 75 DI PERJALANAN



 

Tanggal 17 Agustus adalah hari yang brsejarah bagi bangsa Indonesia, dimana kemerdekaannya di Proklamirkan pada saat tanggal tersebut. 

Bersyukur dan berbahagianya para Rakyat Indonesia, yang masih bisa menikmati kemerdekaan sampai saat ini, kalau kita ingat bagaimana perjuangan nenek moyang kita dulu merebut kemerdekaan dengan mengorbankan nyawa, harta, darah dan waktu.

Semangat perjuangan mereka perlu kita contoh bagi generasi penurus bangsa, kita  mempunyai kewajiban untuk mempertahankan Negara kita  dan memajukan Negara kita, mengisi kemerdekaan ini dengan penuh rasa tanggung jawab.

Semangat masyarakat kita, kalau penulis pantau sangatlah tinggi, terbukti dimana – mana bendera merah putih berjejejer dijalan - jalan, di rumah – rumah penduduk, di perkantoran, di tempat – tempat ibadah dan di kenderaan – kenderaan  Penduduk.


Semangat melaksanakan kegiatan – kegiatan, mengadakan perlombaan panjat pinang, lari bawa kelereng, lari karung, dan lari dalam sawah yang dalam serta kegiatan lainnya.

inilah lomba panjat pinang dan kelapa

 Lomba lari dalam Sawah di Desa Penulis desa Keluru Kabupaten Kerinci 


Kegiatan upacara di Perkantoran, di sekolahan, di Desa –desa, kegiatan secara virtual, kegiatan Nobar bareng lewat Yotube lave, Zoom, menghiasi halaman mediasos fostingan bermacam – macam gambar di facebook, wa grup, instegram, talegram, SMS, lomba di blog dan lain – lain.

Yang sangat mengharukan penulis adalah:

1.       Ketika Penulis menghadiri pernikahan anak dari adik kandung yang bernama KOKO SETIAJI pada tanggal 16 Agustus 2020 momen pernikahannya adalah 17 agustus semua petugas mulai dari Kepala KUA, seksi nikah, kedua mempelai, dan kedua orang tua memakai selendang merah putih yang di sematkan oleh petugas dan panitia pernikahan, serta di depan masing – masing ada benderah kecil merah putih.



1       Pada tanggal 17 Agustus Penulis pulang ke kampung halaman setelah menghadiri Pesta pernikahan kemenakan KOKO SETIAJI, di sepanjang jalan penulis melihat umbul – umbul bewarna putih dan bendera merah putih berjejer di sepanjang jalan yang penulis lewati, dan di rumah – rumah warga, di tempat – tempat ibadah dan perkantoran.

Tepatnya pada pukul 10.05 sampai di simpang Lais Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu mobil kami di stop oleh Polisi, saya kaget dikira ada Rahazia  kamipun berhenti supir di suruh turun dan harus berdiri tegap, tapi sepertinya bukan Rahazia sayapun mengira lagi munkin ini ada pemeriksaan masker terkait dengan COVID-19,  untuk antisipasi saya berikan masker dengan supir.

Setelah beberapi menit baru saya ingat bahwa sekarang sedang detik – detik Proklamasi dengan adanya bunyi serine mobil patrol kepolisian. Saya mulai pokus dengan memandang bendera yang ada di pucuk rambutan simpang Lais tersebut, saya merasa terharu ternyata di simpang jalanpun di tunggu oleh Polisi untuk memandu Masyarakat yang sedang berpergian bisa tetap menghormati Bangsa.

Terima kasih Pemerintah dan Kepolisian yang telah mengingatkan kami untuk selalu mengenang hari bersejarah.

Penulis RASITA,S.PD Kepala SDN 16 Penarik Kabupaten Mukomuko.

 







4 comments: