Wednesday, January 11, 2023

SANG GURU,KEPALA SEKOLAH DAN SISWA

BELAJAR MENULIS BERSAMA KEPALA SDN 16 PENARIK

Rasita Bersama Warga SDN 16 Penarik

Rasita,S.Pd,  Elia Isnawati,S.Pd, Siti Nurhalimah,S.Pd, Viky Melda Manurung,S.Pd, Ridha Fajriani,S.Pd, Lina Mariana,S.Pd.I, Suharti,S.Pd,  Dewit Putri Yani, Fitri Yeni,S.Pd, Benny Sukriady S.Pd, Fitriani, S.Pd  dan siswa – siswi mulai dari Kelas 1 sampai kelas VI SDN 16 Penarik

KATA PENGANTAR

Kepala Sekolah SDN 16 Penarik

Assalamualaikum,

Puji dan syukur selalu kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga “buku cerita liburan murid dan guru SDN 16 Penarik semester 1 tahun pelajaran 2022-2023” telah kami tulis.

Untuk meningkatkan, mengembangkan dan memotivasi siswa dan guru SDN 16 Penarik untuk senang berliterasi, karena menurut pemantauan kami masih kurang tentang literasi atau menulis dan membaca.

Harapan kami cerita liburan  ini bisa menjadi sebuah karya dan bisa dicetak menjadi buku serta  juga bisa memotivasi siswa dan guru kedepannya  untuk senang membaca dan menulis secara mandiri.

Kami juga mengharapkan masukkan, keritikan atau saran dari bapak dan ibuk yang telah membaca buku in,terhadap buku yang kami cetak ini, semoga buku ini bisa sempurna dan berguna untuk kepentingan Pendidikan terutama di SDN 16 Penarik.

Terimakasih kepada Kepala sekolah, dewan guru dan staf serta siswa yang telah bersedia membuat tulisan tentang selama mereka libur dan dituangkan kedalam tulisan.

Terimakasih juga kami ucapkan kepada kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko,Pengawas Sekolah,Pengurus Persatuan Guru republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Mukomuko, dewan guru beserta staf SDN 16 Penarik, Siswa siswi SDN 16 Penarik dan Komite Sekolah yang telah memberi suport  sehingga buku ini bisa di cetak menjadi sebuah Buku.

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

SDN 16 Penarik berdiri pada tahun 2015, SD ini berawal dari kelas jauh SDN 01 Penarik karena jarak lokasi sekolah dengan warga berkisar 2 kilo meter dan juga melewati jambatan serta jalan raya maka tokoh masyarakat disini berinisiatif ingin membangun sekolah sendiri supaya lebih efektif,efesien serta aman dan nyaman, maka berdirilah SDN 16 Penarik yang di resmikan pada tanggal 3 Januari 2015.

SDN 16 Penarik sudah berusia 7 tahun dengan terakreditasi pada tahun 2018 dengan nilai B jumlah nilai 84.

SDN 16 Penarik masuk sekolah yang termuda di Kabupaten Mukomuko dan mulai menjalankan proses belajar mengajar dengan penuh tantangan karena kita menyadari sekolah yang baru lahir tentu banyak mempunyai kekurangan terutama bidang sarana dan prasarana serta tenaga Pendidik dan kependidikakn.

Tahap demi tahap SDN 16 Penarik mulai mengurangi kekurangan dan kelemahan dengan menggiatkan proses belajar mengajar serta mencari mitra sekolah untuk bisa membantu peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan.

Pada tahun 2018 SDN 16 Penarik sudah mulai menampakkan perubahan terhadap lingkungan sekolah dengan mendapat penghargaan sebagai sekolah ADIWIYATA tingkat Kabupaten Mukomuko, kemudian pada tahun 2019 sebagai sekolah Penjamin Mutu Internal (SPMI).

Di tahun 2020 Covid-19 menyerang dunia tidak ketinggalan bangsa Indonesia juga terserang wabah tersebut termasuklah imbasnya ke Kabupaten Mukomuko terutama di SDN 16 Penarik. Pembelajaran di wajibkan oleh pemerintah daerah melalu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko secara Daring.

Pembelajaran secara Daring banyak ketemu kendala mulai dari jarak,alat dan serana serta motivasi warga sekolah menurun, akhirnya menimbulkan kesulitan semua baik guru,siswa maupun orang tua baik menjelaskan tentang materi dengan siswa maupun siswa yang menerima materi.

Pada tahun 2022 Sekolah di Kabupaten Mukomuko sudah 100% tatap muka, SDN 16 Penarik mulai berbenah lagi terutama menghadapi Perubahan zaman atau zaman di gital dan perubahan di kurikulum dengan mengedepankan Literasi, Numerasi dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Sesuai dengan hasil dari RAPOR PENDIDIKAN SDN 16 Penarik tahun 2021, masih kurang Literasi dan Numerasi, maka dari itu kami mencoba meningkatkan Liteasi lewat cerita Pendek Ketika siswa dan guru berlibur di semester 1 tahun pelajaran 2022-2023 dari cerita lisan  bisa menuangkan  kedalam sebuah tulisan setelah menjadi tulisan bisa menjadi sebuah buku.

Setelah menjadi tulisan mudah-mudahan bisa menjadi sebuah buku, buku ini bisa digunakan di perpustakaan sekolah SDN 16 Penarik khusunya dan umumnya untuk masyarakat sekitar serta bisa menambah koleksi buku bacaan disekolah juga.

BAB II

KISAH LIBUR SISWA,GURU, DAN KEPALA SEKOLAH SDN 16 PENARIK

A.      CERITA KEPALA SEKOLAH

Berlibur Bersama orang tua, anak dan cucu

Pada tanggal 24 Desember2022 adalah mulainya libur Sekolah semesrt ganjil tahun ajaran 2022 -2023. Pada tanggal 23 – 12 – 2022 setelah pembagian Rapor siswa saya langsung pulang kampung, kampung saya adalah Desa keluru Kabupaten Kerinci pada pukul 14.00 saya sampai di kota Sungai Penuh Kerinci.

Keberangkatan saya Bersama suami dengan memakai mobil Kijang inova warna hitam, setelah samapi Kerinci  dilihat di amper minyak sudah setengah habis, karena langkanya solar di masing – masing SPBU yang kami lewati makanya baru ketemu satu SPBU yang antrinya sedikit maka kami ikut antri Solar untuk mengisi solar mobil supaya perjalanan nanti tidak ketemu hambatan kekurangan solar.

Setelah antriian selesai saya dan suami langsung menuju kampung atau desaku yaitu desa Kelu Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci, sampai di desa jam sudah menunjuk pukul 17.15.

Esok hari pada tanggal 24 Desember 2023 pada pukul 05.10 wib pagi Bersama kedua orang tua kami berangkat menuju Pasaman Barat lewat Solok Selatan tempat anak tinggal, di perjalanan tepatnya di  kaki Gunung Kerinci kami berhenti untuk menikmati suasana dinginnya cuaca dan melihat pemandangan kebun the yang terbentang luas bak permadani hijau.

Sampai di Pasaman Barat pada pukul 21.30 wib malam kami segra beristrihat, pagi hari cucu-cucu dan anak pada bangun kami bercanda saling bergurau untuk melepas kerinduan.

Pada tanggal 28 Desember 2023 kami berangkat menuju tempat wisata Kota Bukit Tinggi dan nginap di Villa satu malam, perjalanan di tempat wisata adalah jam gadang dan payakumbuh  wisata kuliner tepi sawah.

Selama di daerah Sumatra Barat baik Pasaman Barat maupun Bukit tinggi kami sangat menikmati keindahannya, sekitar sepuluh hari di daerah ini kami segra bersiap-siap untuk Kembali kekampung halaman.

Pada tanggal 03 Januari 2023 kami berangkat menuju Kabupaten Kerinci, sekitar pukul 20.00 wib malam kami sampai di Kampung halaman desa ku kamipun beristrihat.

Esok harinya kami kekebun jeruk untuk melihat ada yang perlu di rawat tumbuhannya ternyata rumputnya sudah tinggi perlu di bersihkan, suami saya membersihkan rumput dengan cara membabat pakai mesin Sebagian dan juga di semprot rumputnya pakai racun rumput.

Selesai mengurus kebun, sudah waktunya kami pulang Kembali ke tempat tugas karena waktu libur akan berakhir, pada hari minggu tanggal 08 Januari kami pulang ketempat tugas dan esok hari senin 09-01-2023 kami mulai masuk sekolah.

Demikianlah cerita singkat saya berlibur di semester ganjil tahun 2022, terimakasih bagi yang sudah membaca

B.      CERITA LIBURAN GURU DAN STAF

1.       Elia Isnawati guru kelas V

Liburan dirumah  Orang tua Bersama anak dan orang tua

Liburan semester tahun ini,saya pulang kerumah orang tua. Selama libur tidak pergi kemana-mana.Aku habiskan waktu liburan di rumah bersama Ibu,Ayah,dan Anak-anak.Kegiatan selama liburan aku membersihkan semua pekarangan rumah baik yang di luar rumah maupun yang di dalam rumah.Setelah menyelesaikan aktivitas di rumah saya membawa anak-anak bermain di lingkungan rumah.Di sela-sela waktu mendampingi anak bermain,saya menghabiskan waktu untuk membuat perangkat pembelajaran yang di perlukan untuk semester II.Begitulah aktivitas yang saya lakukan selama libur.Tak terasa waktu liburpun telah selesai,semua perangkat pembelajaran sudah di kerjakan,siap kembali beraktivitas seperti biasanya sebagai seorang Pendidik.

2.     Siti Nurhalimah guru kelas VI

Liburan Sekolah Mengunjungi orang tua

Pada liburan semester ganjil Tahun Ajaran 2022/2023,  kegiatan yang saya lakukan tidak jauh berbeda dengan liburan semester pada tahun-tahun sebelumnya. Liburan semester adalah waktu yang sangat saya nantikan karena liburan semester memiiki waktu yang cukup lama. Karena hanya dengan liburan semester inilah saya bisa pulang kampung halaman Bapak/ibu saya dan melepas rindu dengan mereka yang berada di Unit 9 Kota Argamakmur, Kabupaten Bangkulu Utara.

Liburan semester tidak membuat saya ingin pergi jalan-jalan, atau biasa orang sebut heling ke tempat suatu wisata tertentu. Namun bagi saya liburan semester adalah dimana saya bisa mengunjungi ke dua orang tua saya di kampung halaman. Hal itu sudah membuat saya sangat bahagia dan tidak ada yang lebih saya inginkan dari hal tersebut.

Singkat cerita liburan semester saya berangkat ke Bengkulu terlebih dahulu pada kamis malam mengendarai kendaraan travel dan  singgah di tempat mertua saya selama  beberapa hari, karena belum ada kendaraan yang langsung sampai di tempat untuk rute Mukomuko ke unit 9 Kota Argamakmur. Selama di Bengkulu saya hanya menghadiri pesta pernikahan saudara saya dari hari jumat sampai sabtu. Setelahnya saya hanya berada di rumah mertua dengan rutinitas seperti biasa sebagai seorang ibu rumah tangga. Mengasuh anak bujang saya serta membantu pekerjaan rumah dan dapur mertua.

Liburan hari  ke- 5 pada hari selasa, saya dan kakak ipar perempuan saya beserta keponakan berangkat ke rumah bapak/ibu saya unit 9 kota argamakmur menggendari travel. Sesampai nya di tempat kami langsung di sambut ke dua orang tua dan mereka menangis bahagia karena bisa bertemu setelah lama menahan  kerinduan dengan cucu dan anaknya.

Selama berada di kampung halaman saya menghabiskan waktu di rumah bercengkrama bersama keluarga dan melakukan rutinitas seperti biasa, meskipun sepertinya hal sepele dan biasa namun momen seperti ini adalah momen yang sangat dinantikan yang merupakan kebahagiaan yang tidak dapat diganti dengan apapun bagi saya maupun orang tua saya.

Selama di kampung selain menghabiskan waktu di rumah ada satu waktu di mana ketika kakak kandung saya datang ke kampung dengan tujuan menjemput anak dan istrinya seblum balik ke Bengkulu, menyempatkan waktu untuk mengantar kami ke tempat Wisata Air Putiak Kab Lebong.

Maksud dan tujuan utama pergi ke tempat tersebut bukan untuk jalan-jalan semata namun mencari obat penyembuh bagi anak serta ponakan saya yang sudah lama penyakit gatal gatal.  Banyak yang bilang bahwasanya air panas belerang dapat menghilangkan dan menyembuhkan penyakit gatal, maka dari itu kami berusaha pergi kesana berobat sambil jalan. Semsampainya disana kami pun mengajak anak dan ponakan untuk berendam air belerang tersebut. Bagaimana hasilnya apakah sembuh tidaknya itu urusan nanti yang terpenting sudah di coba. Setelah selesai kamipun kembali balik ke rumah dan sampai sebelum magrib berkumandang.

Singkatnya liburan hampir selesai dan kami kembali ke Bengkulu, sebelum kembali berangkat ke mukomuko kami pun menyempatkan diri menjenguk suami saya yang berada di Argamkmur. Dan setelahnya kami kembali ke mukomuko. Dan melaksanakan aktivitas dan tugas sebagai guru kembali.

3.     Fitri Yeni guru kelas IV

Liburan di kampung Halaman Air Haji

Pada liburan semester 1 diakhir tahun 2022,saya bersama keluarga pergi mudik ke kampung halaman di Air Haji,kelurga di kampung sangat senang menyambut kedatangan kami sekeluarga dari daerah Penarik.

Selama liburan di kampung anak-anak sangat senang sekali,mereka sangat menikmati liburannya,dan saya sebagai orang tua sangat senang sekali melihat anak-anak bahagia.

Di kampung halaman sangat banyak sekali kegiatan yang kami lakukan,seperti membuat makanan khas dari palembang yaitu peempek,dan memasak bersama-sama,dan makan pun kami juga bersama-sama.

Pada tanggal 1 Januari 2023 di hari tahun baru,kami bersama keluarga pergi jalan-jalan kepantai Family yang ada di Air Haji,anak-anak sangat senang sekali,karena di pantai sangat rame pengunjung,dan banyak permainan anak-anak

Setelah anak-anak puas bermain di pantai,hari sudah sore,kami bersama keluarga kembali pulang ke rumah,di perjalanan pulang mobil antrian panjang,sehingga jalan macet,kamipun terjebak macet sampai 2 jam.

Sampai di rumah pukul 20.00 wib kami bersama keluarga bersih-bersih dan makan malam bersama,setelah itu istirahat dan tidur malam.Keesokan harinya kami bersama keluarga pergi ke kebun jeruk milik kakak saya di kampung,di kebun jeruk kami mencabut rumput dan membakar sampah daun-daun kering.

Hari sudah sore dan kamipun pulang dari kebun jeruk,sampai di rumah kami mandi dan shalat magrib,kemudian di lanjutkan dengan membaca surat yaasiin bersama-sama, sudah merupakan kebiasaan keluarga kami,walaupun kami pergi jalan-jalan tapi shalat tetap kita laksanakan.

Liburan di kampung halaman  sangat menyenangkan,dan anak-anak pun malas untuk balik ke Penarik mereka sangat menikmati liburannya di kampung Halaman.

4.     Viky Melda Manurung guru kelas III

Libur Sekolah bertepatan hari Natal

Liburan tahun ini saya tidak pergi Liburan di luar kota. Libur semester kemarin masih dalam suasana menyambut Natal. Saya mempersiapkan diri untuk menyambut Natal seperti bersih-bersih di Rumah,mengadakan doa dirumah dan  memasang pohon Natal. Kami merayakan Natal bersama keluarga besar saya.Selain itu saya juga sibuk dengan membuat Kue Natal dan Tahun baru dirumah bersama dengan anak-anak saya.

Malam Tahun Baru saya dan keluarga berkumpul di Rumah Orangtua saya. Tepatnya jam 00.00 wib kami berkumpul bersama dengan Orangtua saya (Ibu), Abang, kakak dan adik-adik saya untuk berdoa. Saat itu Yang mempimpin Doa adalah Ibu saya,dalam doa tersebut ibu saya menangis memohon Kepada Tuhan agar kiranya Tuhan selalu memberikan kesehatan untuk seluruh anggota keluarga,mendoakan kami anak-anaknya agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan memberikan rahmat dan rejeki diTahun yang baru.

Tanggal 01 Januari 2023 Saya dan anak-anak beribadah bersama diawal tahun yang baru. Sepulang ibadah kami pergi kerumah ibu saya di penarik. Disana kami memotong Ayam untuk dimasak dan disantap bersama keluarga. Sore harinya saya dan keluarga pulang kerumah,sesampainya dirumah saya bersih-bersih rumah,mencuci dan melakukan aktivitas biasanya yang layaknya dilakukan oleh seorang ibu.

Tanggal 5 Januari 2023 saya pergi Ke Muko-muko untuk mengurus berkas kenaikan pangkat. Tetapi sebelum saya pergi Ke Kantor BKPSDM saya singgah terlebih dahulu di rumah teman saya untuk melengkapi berkas. Singkat cerita semua berkas selesai kami buat pukul 14.30 wib.

Saya dan teman saya pergi ke kantor BKPSDM jam 15.00 Wib, setibanya disana suasana kantor cukup ramai. Kami mengajukan berkas kami,setelah di Cek oleh petugas ternyata ada beberapa berkas yang salah,akhirnya kami kembali kerumah teman saya untuk memperbaikinya, agar ke esokkan harinya berkas tersebut tinggal diantar.

Hari Jumat tepatnya tanggal 6 Januari 2023 tiba-tiba saya mendapat telpon dari teman saya bahwasanya berkas yang sudah kami perbaiki kemaren ternyata ada yang salah lagi, dan teman saya meminta saya untuk datang lagi kemuko-muko. Tanpa memikir panjang,akhirnya saya langsung bergegas. Sesampainya disana  berkas kami perbaiki kembali,jujur saja cukup menguras tenaga dan pikiran,dimana saya juga harus meninggalkan ke tiga anak saya,apalagi saya juga masih memiliki anak yang masih Bayi yang saya titipkan di Rumah Neneknya.

Tetapi Puji Tuhan Sore itu juga pada hari Jumat itu berkas kami diterima oleh petugas yang ada di Kantor BKPSDM, dan saya merasa lega dan sangat bersyukur. Akhirnya setelah semua selesai sayapun berpamitan dengan teman saya untuk pulang.

5.       Ridha Fajriani guru kelas II

Berlibur di Kota Bengkulu

Liburan semester I ini saya dan keluarga pergi berlibur ke kota Bengkulu untuk mengunjungi keluarga yang ada di sana, selama di Bengkulu saya mengajak anak-anak pergi mengunjungi kebun binatang dan bermain di Mall.

Setelah beberapa hari di bengkulu, kamipun melanjutkan perjalanan ke kota Mana untuk mengunjungi keluarga suami yang ada di sana. Sesampai di sana kamipun menyempatkan diri untuk mengunjungi objek wisata yang ada di sana bersama keluarga besar suami. Tak terasa sudah 3 hari di sana kamipun kembali keMukomuko.

Lelahpun terasa sampai di rumah, namun ada beban dihati mendapatkan informasi untuk mengajukan pemberkasan kenaikkan pangkat. Disaat mendapatkan informasi mulailah saya menguruskan syarat berkas, di dalam melengkapi berkas cukup banyak halangan dan rintangan yang saya hadapi dengan penuh kesabaran tidak mengenal lelah, akhirnya pemberkasan selesai juga.

Tapi masih ada pekerjaan yang lain sudah menanti yaitu membuat perangkat Pembelajaran untuk persiapan semester II. Akhirnya meskipun lelah namun tetap dikerjakan karena itu adalah kewajiban dan memikirkan waktu libur tinggal beberapa hari lagi, dengan semangat dan kemauan ingin mengerjakan akhirnya selesai juga. Itulah cerita saya selama libur semester ini.

6.       Fitriani guru kelas I

Liburan di Wisata Pantai di Kabupaten Mukomuko

Selama liburan sekolah kami tidak liburan ke luar kota.kami hanya pergi liburan di sekitar

Pantai wisata kabupaten mukomuko.kami pergi ke pantai setiap hari minggu.walaupun tidak

Libur panjang kami setiap hari minggu juga pergi ke pantai.selama di rumah saya sering

Membuat makanan yang di sukai sama anak2 dan suami.

Minggu pertama liburan yaitu tepatnya hari senin saya menyempatkan diri untuk pergi ke

Balai senin.karena di penarik hari balainya hari senin.kalau hari sekolah setiap hari senin saya

Tidak bisa pergi ke balai karena hari senin itu hari sekolah jadi tidak bisa pergi ke balai.

Pada minggu pertama liburan saya bersama keluarga pergi kepantai mukomuko.saya pagi2

Sudah masak karena mau di bawa ke pantai.kami makan di pantai.sungguh sejuk suasana di pantai.makan pun di pantai itu terasa enak.

Pada hari libur sekolah,saya dan keluarga berlibur di pantai pandan wangi,sebelum kami berangkat ke pantai saya mempersiapkan makanan dan minuman untuk kami nikmati di pantai.Sedangkan bapak mempersiapkan kendaraan yang akan kami pakai.setelah semuanya Siap kami langsung berangkat.

Sebelum sampai di pantai kami singgah di pasar minggu karena setiap hari minggu mukomuko ada pasarnya.di pasar saya membeli jajanan yg akan di bawa ke pantai,untuk di

Nikmati bersama keluarga.

Setelah berbelanja di pasar kami melanjutkan perjalanan di pantai pandan wangi,sesampainya di pantai kami mencari tempat yang teduh,kebetulan hari itu cuacanya cukup panas,jadi kami harus mencari tempat yang nyaman untuk beristirahat.setelah mendapat

Tempat yang cocok saya langsung menggelarkan tikar dan kami duduk bersama dan menyiapkan makanan dan cemilan.

Setelah itu kami berfoto bersama keluarga di pantai pandan wangi untuk di jadikan kenangan.setelah semuanya puas bermain dan berfoto kami langsung membereskan tikar,Setelah selesai kami langsung menuju mobil dan bersiap untuk pulang.Itulah cerita saya dan keluarga selama liburan.terima kasih.

7.       Lina Mariana guru Agama

Liburan Sekolah Melihat Kebun

Assalammualaikum,

Pada saat liburan saya tidak liburan keluar kota,karna suami bekerja belum bisa mengambil cuti karna posisi teman teman kerjanya yang lain nya sudah banyak yang mengambil cuti terlebih dahulu dan suami menggantikan posisi mereka

Pada liburan saya melihat orang bekerja di kebun dan sambil membantu memilih brondolan di kebun bersama orang tua saya

Pada tanggal 31 Desember saya membawa kedua orang tua saya dan teman nya berobat ke wono soboh mereka terapi urat kaki untuk melihat ada penyakit apa saja di badan kedua orang tua saya semoga dengan terapi ini kedua orang tua saya sembuh dari penyakitnya

Pada malam tahun baru saya dan anak diajak ke tempat suami bekerja sambil membantu teman nya yang lagi bekerja karna akhir tahun buah sawit di perusahaan harus nol restan

tanggal 1 januari saya mengantar anak saya liburan  ke pantai pandan wangi muko muko bersama keluarga sambil merayakan ultahnya yang ke 10 tahun ketika pulang dari pantai kami  terjebak antrinya panjang sekali ketika mau melewati jembatan di abrasi

Pada hari lain nya saya dan anak di rumah saja dan saya di rumah sambil berjualan jilbab,saya buka toko dari pagi sampai malam selama liburan,alhamdulillah rezeki selama liburan rame yang mampir ke toko belanja jilbab

Hari terakhir liburan saya membawa anak makan bersama di pinggir  pantai abrasi muko muko bersama anak anak dan teman kerja ayah nya di perusahaan.

8.       Suharti Tata Usaha

Liburan Akhir Semester 1 di Kota Curup Kampung Halaman

Libur akhir  semester 1 atau libur akhir tahun 2022, Pada hari jumat tanggal 23 Desember 2022 adalah akhir dari kegiatan belajar mengajar di tahun ajaran 2022/2023 dan pada hari ini juga dibagikannya raport untuk anak murid. Pada hari sabtu tanggal 24 Desember 2022 adalah hari pertama saya libur dan pada pagi harinya saya berangkat pulang Kampung halaman saya di Curup kota Sejuk.

Dalam perjalanan dari Penarik ke Bengkulu  alhamdulah saya tidak mabuk, sampai di Bengkulu saya harus menyambung mobil lagi menuju curup,  2 jam perjalanan yang harus saya tempuh menuju kota kelahiran saya pada pukul 18.00 wib, Sampailah saya di rumah orang tua saya dengan selamat.

Hari pertama saya di kampung halaman, saya berkumpul dengan keluarga dan makan bersama bercerita tentang banyak hal, selama 2 minggu saya lalui liburan dengan keluarga dengan pergi ke tempat wisata dan berkunjung kerumah saudara terdekat, liburan ini sangat menyenangkan karena bisa bertemu dengan saudara dan teman saya waktu masih kecil karena sudah sekian lama tidak bertemu dengan mereka.

Pada pagi sabtu tanggal 7 Januari 2023  saya bersiap untuk berangkat pulang dari kota Curup menuju kota Bengkulu, sampainya di kota Bengkulu pukul 12.00 wib saya turun dan menunggu mobil yang menuju arah Penarik, alhamdulilah saya sampai di penarik pada pukul 18.00 wib. Waktu libur sudah  berakhir dimana saya akan menjalani aktifitas saya lagi seperti biasanya.

9.     Dewit Putri Yani Tenaga Perpustakaan

Liburan akhir semester yang menyenangkan bersama keluarga

Libur akhir semester atau libur akhir tahun 2022,,,hari terakhir sekolah pada hari jumat tanggal 23 tahun 2022,hari pertama libur itu tanggal 24 desember 2022,pada hari pertama libur itu saya  dirumah,bermain sama keluarga,bersihkan rumah dan berkumpul sama orang tua dan saudara-saudara.

Pada hari pergantian tahun saya berkumpul bersama keluarga.Pada malam pergantian tahun itu kami bakar-bakar,kami karaoke bersama,dan makan bersama, malam pergantian tahun itu sangatlah menyenangkan.

Keesokan hari nya pada tanggal 1 bulan januari 2023,,sorenya saya mengajak keluarga jalan-jalan,,,didalam perjalanan mau ketempat salah satu pariwisata yang ada diMukomuko dijalan itu sangat macet dan cuaca sangat panas.sesampai di pariwisata saya mengajak anak saya bermain,anak saya sangat senang menikmati permainan yang ada dipariwisata itu.

Setelah itu kami pindah lagi main dipantai mengajak anak bermain dipantai dan kami makan bersama tidak terasa hari sudah sore kami langsung pulang,dijalan pulang itu suasana dijalan masih macet akhir nya kami sampai dirumah sudah malam.Liburan bersama keluarga itu sangat lh menyenangkan.

10.  Benny Sukriady  guru PJOK

Liburan Sekolah Dirumah saja

Libur sekolah merupakan salah satu hal yang sangat dinantikan ya.Apalagi untuk para pelajar yang sangat lelah mengerjakan tugas-tugas dan membutuhkan liburan. Libur semestar dan Tahun baru kali ini,aku menghabiskan waktu di rumah saja. Sebenarnya aku tidak ingin ke tempat wisata,tempat rekriasi atau yang lain nya.

Berlibur di rumah juga menjadi sangat berarti misal nya bisa membantu istri untuk beres-beres rumah,menyapu halaman rumah dan lain-lainnya.

Pada esok hari nya kami pergi memancing di kolam tempat orang tua dan isi kolam nya ikan nila,ikan betok dan ikan gabus.

Saya memancing bersama anak-anak ternyata anak-anak saya suka sekali memancing di kolam nenek nya.

Saya dan anak-anak sangat banyak mendapatkan hasil pancingan ikan nya pun bermacam-macam karena hari udah sore kamipun segera pulang kerumah

C.    CERITA LIBURAN SISWA-SISWI

1.     Cerita Siswa Kelas VI

Nama Siswa      : Muhammad Alif Alghazali

Kelas                : VI (Enam)

Di Pagi hari aku bangun pukul 06.00 WIB. Kemudian aku sholat subuh 2 rakaat. Setelah itu aku membantu mama menjemur pakaian, kemudian aku menjaga adek ku yang masih kecil yang sudah bangun. Setelah itu aku di ajak temanku untuk marathon pagi sambil melihat gedung-gedung yang tinggi. Setelah selesai marathon aku mandi dengan bersih, kemudian memakai baju dan lanjut bermain HP. Setelah puas bermain Hp aku diajak teman-temanku bermain bola, namun sebelum bermain bola aku terlebih dahulu makan dan minum untuk tenaga saat bermain bola. Itulah kegiatan ku selama liburan ini.

Nama Siswa      : Aditya Riski Hamizan

liburan hari pertama sampai ke tiga, saat datang ke kampung halaman saya bersama keluarga melakukan persiapan untuk acara mengirimkan doa bersama untuk almarhum ibuku yang sudah lama meninggal dunia. Ketika malam semua orang datang kerumah untuk ikut mendoakan almarhum ibu, setelah selesai mendoa kami memberi makanan untuk para tamu yang datang mendoakan.

Kemudian pada liburan ke-4 sampai ke-7 Pagi-pagi sekali kami mandi dan bersiap-siap untuk pergi ke sawah.Tiba di sawah kami menolong kakek dan nenek bertani disana. Setelah menolong mereka kami pulang dan mandi kemudian lanjut menyantap masakan sop kambing dan setelahnya kami sambil bersenda gurau dan bercerita-cerita bersama-sama.

Nama Siswa      : Nahrasya Fahreza

Kelas                : VI (Enam)

Pada hari minggu pagi, ayahku mengajak ku pergi kepantai. Aku sangat senang sekali diajak ke pantai dan aku pun bersiap-siap untuk pergi. Aku pergi berlibur ke pantai bersama dengan keluargaku. Sesampainya di pantai akupun menikmati indahnya pantai di siang hari, lalu aku ingin naik motor ATV untuk jalan-jalan ke daerah pantai maka akupun menyewa motor ATV tersebut selama satu jam. Dan tidak tersa hari sudah mulai sore aku dan keluargaku memutuskan untuk kembali pulang ke rumah.

Nama Siswa      : Rafael Abimayu Hidayat

Pada saat liburan aku bangun pagi sekitar pukul 06.00WIB, kemudian aku langsung shalat dan setelah itu aku langsung mandi. Setelah selesai mandi aku makan sambil menonton TV. Itulah kegiatan selama liburanku pada semester ganjil ini

Nama Siswa      : Ahmad Hayadi

Kelas                : VI (Enam)

Pada pagi hari aku bangun pukul 08.00 WIB kadang sampai terbangun pada pukul 11.00 WIB. Ketika terbangun sebenarnya aku ingin tidur lagi, tetapi tidak jadi karena aku harus pergi kerumah teman karena sudah janji dan aku harus menepati janjiku. Sebelum pergi ke rumah teman aku mandi dan setelah mandi  dan makan terlebih dahulu.

Sesampainya di rumah teman aku bermain HP dan game bersama. Teman yang ku datangi namanya Rafael. Setelah puas bermain HP aku pulang ke rumah tidak sadar aku bermain di rumah Rafael dari pukul 12.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Itu adalah kegiatanku saat liburan pada hari senin, selasa, rabu, kamis, sabtu dan minggu.

Sedangakn kegitan liburanku pada hari jum’at setiap pagi aku bangun pukul 10.00 WIB. Setelah bangun aku mandi dan makan, kemudian pergi bermain ke rumah Rafael untuk bermain game. Namun saat jam sudah menunjukkan pukul 12.00 WIB aku pulang kemudian mandi dan makan kemudian berangkat shalat jum’at ke masjid Al-Furqan.

Nama Siswa      : Keyla Syarafana Bilqis

Kelas                : VI (Enam)

Pada hari pertama liburan saya pergi ke Pondok Panjang dan menginap disana sampai beberapa hari. Setelah itu saya pulang kerumah. Dan ketika malam tahun baru saudara saya dari kerinci datang ke rumah, dan pada malam tahun baru kami bakar jagung dan makan – makan bersama.

Besok paginya saya dan saudara saya pergi bermain di tepi pantai dan setelahnya saya mengantarkan saudara saya pilang ke kerinci. Setelah itu saya berhenti di warung makan dan kami makan di sana. Setelah selesai makan kami melanjutkan perjalanan pulang dan berhenti di puncak dan kami melakukan foto-foto bersama. Kemudian kami melanjutkan perjalanan pulang dan sesampainya di rumah saya langsung mandi dan kemudian tidur.

Nama Siswa      : Thalita Aura Sabila

Kelas                : VI (Enam)

Hari pertama libur dan hari kedua lbur saya hanya di rumah saja. Dan yang saya lakukan di rumah adalah tidur, mandi bermain hp dan membantu bunda membersihkan rumah serta membantu menjaga warung. Ke esokan harinya sepupu dari padang berlibur ke rumah . ketika kakak sepupuku datang aku dan kakak sepupuku awalnya sama-sama malu karena sudah lama tidak bertemu, namun pada malam hari kami pun sudah akrab kembali dan bisa bermain bersama.

Pada saat subuh Pak Wo membangunkan kami untuk shalat subuh dan keesokan harinya kami ke pantai. Kemudian dua hari setelah sepupu pulang saya, adek dan ayah pergi ke Waterboom, kami pergi setelah sholat zuhur dan siap-siap membawa pakaian, makanan shampo dan kami pun masuk ke waterboom dan mandi serta berenang bersama. Dan ternyat disana saya hampir saja tenggelam di kolam renang yang kedalamannya 2 meter. Meskpipun hujan dan hamper tenggelam kami tetap bahagia dan setelah puas kami pun pulang.

Nama Siswa      : Arfa Chonary

Kelas                : VI (Enam)

Pada saat liiburan  aku bangun pukul 05.00 untuk shalat subuh. Setelah shalat aku di ajak marathon bersama teman teman. Setelah marathon kami bermain bola bersama sampai pukul 09.00 WIB. Setelah itu aku pulang ke rumah dan mandi kemudian makan dan menonton Televisi sambil menggambar sampai sampai pukul 11.25 WIB.

Setelahnya aku pergi ke rumah teman ku untuk mengajak bermain kartu remi sampai jam 13.30 WIB, kemudian aku shalat dan tidur siang dan terbangun pada pukul 14. 35 WIB akupun nonton televisi sampai sore. Kmudian pada waktu magrib aku pergi shalat magrib dan setelah shalat aku mengaji kemudian sampai isya sesudah isya aku pun tidur. Itulah keseharianku selama liburan semester 1.

Nama Siswa      : Auliya Fitrah Ashari

Kelas                : VI (Enam)

Pada liburan hari pertama saya berada di rumah saja. Setiap pagi dan sore hari saya dan adik saya di beri tugas untuk menyiram sayur-sayuran. Kami menanam banyak sayur seperti kangkung, tomat, cabai, bawang merah, seledri daun bawang dan labu.

Kemudian pada malam tahun baru kami bakar-bakar jagung bersama. Ketika itu ada orang kecelakaan di dekat ruamh saya elihat motor yang menabrak mobil yang sedang berhenti. Kemudian pada tanggal 1 Januari, kami menghadiri pengajian akbar di Nurul Iman dan disana saya bertemu dengan teman lama saya yang bersekolah di MI dulu. Dan itu sekian cerita liburan saya pada semester ini.

Nama Siswa      : Azzahra Maharani

Kelas                : VI (Enam)

Pada hari pertama saya liburan saya hanya berda di rumah saja, kalau tidak pergi keluar rumah saya membantu ibu saya untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Kemudian pada saat hari minggu saya jalan-jalan ke pantai dan pergi berbelanja ke pasar sabtu bersama kakak saya untuk membeli kebutuhan pokok. Saat sore hari saya memberi makan ayam dan sapid an terkadang jika tumbuhan yang saya tanam sudah siap panen saya pun ikut memanen tumbuhan tersebut.

Setiap tidak ada kerjaan saya akan menontot Televisi atau bermain HP atau jika ada waktu saya pergi jalan-jalan ke mukomuko bersama abang dan kakak saya. Pada malam tahun baru sorenya saya ke pasar malam bersama abang saya. Lalu saat saya pulang ke rumah saya bersama teman abang saya dan keluarga saya, kami merayakan tahun baru dengan membakar ayam ikan jagung sampai jam 12 malam. Lalu tidak terasa jika tahun baru sudah berganti dari 2022 ke 2023 dalam satu malam, setelah selesai merayakan malam tahun baru saya merasa capek kemudian tidur.

Keesokan harinya saya dan ke- 2 saudara saya pergi ke Waterboom yang berada di SP 1. Saya sangat senang mandi dan berenang disana karena sangat seru. Setelah selesai mandi dan berenang di waterboom saya lanjut membeli seblak yang berda di depan polsek penarik raya. Itulah sekian cerita liburan semester 1 saya.

Nama Siswa      : Vannya Kartiqa Sari

Kelas                : VI (Enam)

Setelah menerima raport saya hanya berada di rumah saja dan bermain dengan saudara-saudara yang ada di rumah, lalu ke esokan harinya kami mandi ke sungai dan bermain bersama-sama, setelahnya saya mandi dan makan bersama dan bermain HP. Besoknya kami pergi ke mukomuko , di mukomuko kami pergi ke ladang dan memancing bersama. Kemudian pergi kepantai dan mandi bersama di pantai.

Setelah puas bermain di mukomuko saya kembali ke penarik dan merayakan tahun baru dengan cara bakar-bakar jagung ikan dan lainnya, tidak lupa pula bermain mercon dan kembang api. Keesokan  harinya saya mengantar kakak saya  ke mukomuko karena tanggal 2 januari sudah harus masuk sekolah kembali, setelahnya pulang ke penarik lagi dan melakukan aktivitas seperti biasanya.

Nama Siswa      : Izatul Wa’afira

Kelas                : VI (Enam)

Pada hari sabtu di pagi hari yang cerah, keluargaku memutuskan untuk berlibur di kampung halaman dan jalan-jalan. Aku dan adikku menyiapkan baju yang akan di bawa. Selesainya beres-beres kamipun pergi ke kampung yang berda di kota padang kabupaten malalak brjg pada pukul 02.00 WIB.

Kami menempuh perjalanan 1 hari untuk sampai di rumah nenek dan kakek di padang karena panjangnya perjalanan. Aku bermain bersama teman lama meskipun aku merasa malu karena tidak bisalagi bahasa padang maka aku terpaksa menggunkana bahasa Indonesia. Selesai main aku mandi mengaji dan malamnya langsung tertidur.

Keesokan harinya aku pergi ke kolam renang dan mandi disana, selsai dari kolam renang aku lanjut bermain ke pantai di sore harinya dan malamnya lanjut pergi ke pasar malam.

Keesokan harinya aku jalan-jalan ke jam gadang, di samping jam gadang ada pasar malam dan dipasar malam itu aku bermain motor motoran lanjut makan bakso dan es pokat. Setelah itu ibuku mengajak karaoke, maka aku ikut ibu karaoke dulu dan lanjut pulang ke rumah.

Besoknya aku pulang dengan keluargaku, kami pamitan dengan nenek dan kakek. Di perjalanan kami mapir danau, kebun stroberi yang ada di kerinci. Di kerinci kami menginap di hotel. Keesokan harinya aku langsung pulang ke penarik dna sampai pada pukul 05.00 WIB langsung mandi dan bersih bersih. Itulah cerita liburanku dengan keluargaku yang menyenangkan.

2.       Cerita Siswa Kelas V

Nama Siswa : Adamri

Pada hari jum’at aku pergi sholat jum,at bersama teman-temanku.Selesai sholat jum,at aku bersiap-siap pergi mandi ke waterboom bersama teman-teman.Dari rumah aku menuju kerumah teman mengajak mereka pergi mandi kewaterboom,disana kami asik sekali bermain ,tidak terasa jam telah menujukkan pukul 17,00 sore kami bersiap-siap mengantikan pakaian,setelah itu kami pulang ke rumah masing-masing.

Nama Siswa : Putri Aulia Shafika

Hari jum,at hari yang sangat menyenangkan bagi saya,karena hari itu hari pembagian raport dimana saya mendapatkan nilai yang cukup bagus,saya dapat peringkat VII.Keesokkan harinya saya dan abang berangkat kekampung halaman disan kami merasa senang kami dapat bermain bersam keluarga di kampung.Dekat rumah bibi saya ada pasar,kebetulan nenek saya jualan sayur dan makanan saya membantu nenek berjualan,karena nenek berjualan tidak ada yang membantunya kakek sudah meninggal.Tak terasa waktu libur telah usai saya dan abang kembali kepenarik.

Nama Siswa : Fricilia

Setelah pembagian raport saya pergi berlibur ke ruamah nenek dan kakek,lalu say bermain di sekitar ruamh kakek,di sana cuacanya sangat sejuk sekali karena banyak pepohonan dan pemandangannya pun begutu indah.Dekat rumah kakek ada sungai saya pun pergi mandi ke sungai degan cucu kakek yang lain nya kami pun asik bermain sampai sore.setelah sholat isya kami mendengarkan kakek bercerita tentang

kehidupan kakek dan nenek pada zaman dahulu.Tak terasa jam telah menunjukkan jam 21.00,kami pun segera tidur di kamar dan kami tidur bersama-sama.setelah beberapa hari liburan ke rumah kakek waktunya kami pulang,berakhirlah masa liburnya.

Nama Siswa : Cinta Indriani

Setelah pembagian raport saya dan teman-teman diberikan libur selama 2 minggu.Di saat tahun baru saya,kakak,adik,ibu,ayah,abang,nenek kami sekeluarga merayakan malam tahun baru adapun acaranya yaitu bakar-bakar jagung,ayam,ikan dan di tutup dengan berdoa bersama.Keesokkan harinya kami pergi berenang kekolam renang,kami pun asik mandi sambil bermain.Tak terasa hari sudah sore waktunya kami pulang.

Nama Siswa : Faiz Hafuza

Liburan pertama saya seminngu sesudah libur semester atau Tahu Baru 2023 1 januari.Saya dan keluarga akan pergi kepantai kami berangkat jam 13.00.Sebelum kami menuju pantai kami singgah di rumah makan untuk membeli nasi bungkus .Di saat perjalanan menuju pantai  terjadi kemacetan karena begitu banyak pengujung yang ingin memasuki kawasan pantai tersebut,saya merasa bosan di dalam mobil karena juga kepanasan,tidak beberapa lama mengikuti antrian macet sampailah kami ke lokasi pantai.Sesampai di san kami makan nasi yang kami beli tadi,kami pun sangat menikmatinya sambil merasakan sejuknya angin pantai.Setelah jam 17.00 sore kami pun pulang,sampai di rumah siap-siap melaksanakan ibadah sholat magrib,habis shoalt langsung pengajian bersama teman-teman.Itulah sedikit cerita tentang liburan saya.

Nama Siswa : M Aderal Alden Kayana

Saya minggu pertama libur tidak pergi kemana-mana saya hanya di rumah saja membantu ibu saya berjualan.Tanggal 2 januari saya dan keluarga pergi berlibur kedanau Nibung,ternyata di sana sangat lah ramai pengunjungnya dari luar daerah bahkan banyak orang berjualan.Saya sangat senang sekali menikmati liburan ini,karena saya ikut naik kapal menuju pulau di sebrangnya saya pun menikmati keidahan danau tersebut.Setelah sore kami pun kembali pulang ke rumah selama di perjalanan kami menikmati pemandangan pantai abrasi.

Nama Siswa : Jhovier Ivander Heraz

Saat liburan semester 1 saya pergi kekampung saya di Padang,saya menginap di rumah nenek kamipun istirahat disana.Saat paginya saya pergi kepasar bersama bunda karena ingin berbelanja,setelah itu kami singgah di rumah makan untuk makan siang.Dan kami pun melanjutkan perjalanan menuju tempat objek wisata yang ada di kota padang.Keseokkan harinya kami pergi lagi ke bukit tinggi dan mengunjungi objek wisata yang ada di sana.Setelah beberapa hari kami di sana kami pulang ke penarik.

Nama Siswa : Najla Al-Fatihah

Selama libur saya tidak pergi kemana- mana saya hanya liburan di rumah.Saya mengisi waktu libur dengan bermain bersama adik dan menolong kedua orang tua saya berjualan.pada hari sabtu saya bermain bersama adik dan teman-teman,setelah siang tiba saya sholat bersama adik dan orang tua saya.setelah sholat saya membantu kedua orang tua membereskan barang yang akan dijual dan keesokkan harinya dimalam tahun baru saya makan jagung bakar bersama-sama.Pada tanggal 1 hjanuari 2023 saya berenang bersama adik di belakang rumah.Setelah jelang beberapa jam berenang saya bermain bersama adik.Itulah cerita saat berlibur selama 2 minggu ini.

Nama Siswa : Afrazel

Selama libur semester saya mengisi waktu libur saya membantu orang tua saya berjualan kepasar,setiap hari saya mengikuti ayah ke pasar,dalam waktu 1 minggu 2 kali saya menemani ayah saya pergi kekerinci untuk membeli sayur yang akan ayah saya jual kepasar.Setelah pulang dari pasar saya istirahat di rumah jam 15.00 saya pergi mengaji,sorenya saya pergi melihat ternak sapi  untuk memberi makan nya.itulah sedikit cerita tentang liburan saya.

Nama Siswa : Dhafi

Liburan semester ini saya tidak pergi kemana-mana saya cuma di rumah saja bermain bersama teman-teman dan membantu ibu saya berjualan.Hari minggu saya pergi mandi ke waterboom bersama teman-teman.

Nama Siswa : M Ahdan

Setelah pembagian raport,saya dan teman -teman pergi mandi ke waterboom.Tanggal 31 Desember kami berangkat ke Padang sampai di sana kami menginap di hotel dan keesokkan harinya kami pergi ketempat objek wisata,setelah kami keliling kota Padang kami pergi menuju Bukit Tinggi di sana kami pergi ke mall,kebun binatang dan banyak sekali tempat wisata lainnya yang kami kunjungi.Selama perjalanan libur ini saya sangat menikmatinya karena di sepanjang jalan yang dilalui banyak melihat tempat objek wisata yang sangat bagus.Semoga Tahun depan saya bisa berkunjung ketempat ini lagi.

Nama Siswa : Revaldo Jenatan

Selama libur,saya mengunjungi kampung halaman saya di pesisir selatan daerah batang kapas,rumah nenek saya di pinggiran sawah dengan pemandangan yang sangat bagus.Kegiatan selama di rumah nenek, saya membantu nenek kesawah untuk menanam padi dan teman-teman sayapun ikut membantu nenek saya.jam telah menunjukkan jam 12.00 kami pun makan siang bersama-sama.Setelah itu kami main di sungai kecil yang ada di dekat pinggiran sawah sambil menangkap ikan.

Nama Siswa : Wahyu Aufa

Libur semester saya di rumah saja saya tidak pergi kemana-mana saya bermain bersama teman- teman saya yang ada di lingkungan rumah.Kami lomba permainan yang lagi viral saat ini yaitu permainan Lato-lato,ternyata permainan ini sangat mengasikkan tidak terasa tanganpun biru akibat benturan dari permainan ini.

Nama Siswa : Alfandi

Kegiatan selama libur,saya cuma membantu orang tua saya dan bermain bersama adik dan teman-teman.saya tidak pergi kemana-mana.

Nama Siswa : M Zikri

Liburan akhir tahun ini saya pergi kekerinci,saya mengunjungi objek wisata yang ada di kerinci..selama perjalan, yang saya lihat banyak sekali perbukitan yang tinggi.Sampai di kota kerinci kami menginap di hotel Aroma,dan pagi nya kami bermain permainan yang ada di lapangan merdeka..Jam 10.00 kami menuju KayuAro,sesampai di sana kami menikmati pemandangan hamparan kebun Teh,Disana cuacanya kurang bagus karena hujan jadi kami cuma menikmati pemandangan dari dalam mobil.Setelah pulang dari KayuAro kami menuju Danau Kerinci di sana sungguh indah sekali pemandangannya.Keesokkan harinya kami kembali ke Penarik.

Nama Siswa : Ali Alfi

Di saat libur saya menginap dikebun,di sana saya membantu orang tua saya mengangkat kayu-kayu yang sudah di tumbang oleh ayah dan saya pun ikut membakar daun-daun yang sudah kering.sKeesokkan harinya kami pulang dari kebun saya mampir main ke pantai bersama keponakkan saya,kami mandi di pantai,habis mandi kami maka-makan dan tidak terasa hari sudah sore kami pulang lagi kerumah.

Nama Siswa : Given

Tahun baru ini,saya pergi berlibur ke kerinci ikut keluarga saya.Selama di perjalanan saya melihat perbukitan yang cukup tinggi.Sampai di kota kerinci kami menuju Kayu Aro kami menikmati pemandangan kebun Teh.

Nama Siswa : Azhka

Hari jum’at setelah pembagian raport  saya pergi sholat jum’at ,sepulang dari sholat saya dan teman-teman pergi mandi waterboom yang ada dekat rumah saya.kami pun sangat senang sekali bisa bermain bersama-sama di kolam renang.Tak terasa hari sudah sore kami pun pulang ke rumah masing-masing.

3.       Cerita Liburan Siswa  Kelas IV

Nama : Assyfa Ummi Syarifah

Pada hari pertama libur aku bangun pukul 05.30 wib aku langsung di suruh mama shalat subuh,setelah shalat aku mandi,lalu aku makan dan langsung nonton Tv,setelah itu main game di HP.Pada pukul 12.30 wib,aku shalat zuhur,setelah itu aku main bersama adek-adekku,dan membantu mamaku,selama liburan kami berkumpul bersama keluarga di penarik,walau aku  liburan di rumah saja,aku tetap bahagia karena tetap bersama keluarga. Karena keluarga adalah harta yang paling berharga Inilah ceritaku sepanjang liburan di semester 1.

Nama  : Selvia Anggita

Selama libur dua minggu aku hanya di rumah saja bersama mamaku,nenekku,dan aku,saat di rumah aku  membantu mama dan nenek,setelah itu aku makan dan minum dan main HP,kemudian aku shalat dan mengaji,selama liburan di rumah aku merasa bosan,karena tidak ada teman,liburan semester 1 kali ini tidak asyik bagiku.

Nama : Mayhan Anggara

Pada hari pertama liburan,aku bersama Kakek dan Nenek pergi ke Bandara untuk menjemput adek,oom,dan tanteku,aku sangat senang dengan kedatangan adek,oom,dan tanteku,kemudian aku bersama keluarga pergi jalan-jalan ke Bukit Tinggi dan kami menginap di Hotel selama 3 hari,dan keesokan harinya kami jalan-jalan ke Pantai Padang,setelah itu kami pulang ke Penarik.

Nama : Neni Koefifah Gintika

Pada hari pertama liburan semester 1,setelah bangun tidur aku merapikan tempat tidurku, kemudian membantu mamaku untuk mengambil batu es,dan mencuci piring,dan merapikan meja makan,setelah itu aku mandi dan sarapan,kemudian aku bermain bersama teman-teman dan main game di Hp,selesai main aku pergi mengaji.Itulah ceritaku selama liburan  di rumah bersama keluargaku.

Nama : Rezeghi Mesro Rajendra

Pada awal liburan semester 1 aku bersama keluarga pergi ke kota Padang,sampai di kota Padang hari sudah malam,dan kami menginap disalah satu hotel di kota Padang.Keesokkan harinya kami pergi ke Bukit Tinggi,dan kami nginap lagi di hotel di Bukit Tinggi,setelah itu kami bersama keluarga pergi jalan-jalan di Bukit tinggi,dan setelah puas jalan-jalan kami kembali pulang ke penarik.

Nama : Nawfal Rafif Respati

Saya merasa bahwa liburan sekolah kali ini dalah liburan yang paling indah dan berkesan,bagaimana tidak?Saya sekeluarga pulang ke Bengkulu menikmati liburan yang panjang,dengan mengunjungi rumah nenek,rumah mbah,dan rumah bibik.

Hari libur saya pergi ke rumah mbah,disana saya sangat senang bermain,makan dan membantu mbah menyiram bunga,kemudian saya pulang ke rumah saya di Bengkulu.Keesokan harinya saya mengunjungi rumah nenek,nenek sangat senang dengan kedatangan cucunya,nenek sudah menyiapkan makanan kesukaanku.Saya sangat lahap makan di rumah nenek,dan sayapun lanjut menginap di rumah nenek.

Sepupu sayapun berkumpul di rumah nenek,dan kamipun kumpul dan main bersama.Saya dan sepupu diajak mama main ke mall dan jajan.Sepulang dari mall,saya dan sepupu main ke rumah bibik dan makan pecel lele,karena bibik saya berjualan pecel lele,hati saya sangat senang.

Keesokan harinya saya main ke rumah bibik saya,adik dari mama saya,yang berjualan miso bakso,sayapun ditawar makan miso bakso sama bibik,dan saya pun menikmatinya,di tempat bibik saya main di atas ruko dengan sepupu,hati saya sangat senang.Sore harinya saya pulang ke rumah dengan menaiki maxim.

Besoknya sepupu saya saya gantian datang ke rumah saya,merekapun nginap di rumah saya,kami pun main bersama di kamar,makan dan jajan bersama yang dibeli di alfamart,pagi harinya kami main lagi ke rumah mbah,dimana rumah mbah sangat dekat dengan rumah saya.Saya dan sepupu panen jambu di rumah mbah,kami pun merasa senang dan tertawa.,waktu berlalu kami pun ke rumah nenek lagi,dan membakar sosis di rumah nenek

kami sangat happy,membakar dan memakan sosis,semuanya habis dimakan dan tanpa sisa,semua keluarga senang,karena kami berkumpul bersama dengan lengkap di Bengkulu.

Sepulang dari rumah nenek,dan sampai di rumah saya,mbah sudah menyiapkan sate dan es buah kesukaanku,senang sekali hati kami,saya dan kelearga keliling melihat kota bengkulu dari mobil.

Tanggal 1 Januari saya dan keluarga kembali ke Penarik,dikarenakan kakak saya tanggal 4 Januari sudah masuk sekolah,nenek saya ikut dengan saya ke Penarik dan menginap di rumah saya,saya dan nenek bekerjasama membersihkan halaman belakang rumah ,satu minggu nenek di Penarik.Pada hari sabtu nenek kembali pulang ke Bengkulu,dan hari Senin tanggal 9 Januari saya kembli masuk ke sekolah.

Liburan yang sangat mengesankan bagi saya,karena bisa berkumpul bersama keluarga di Bengkulu.

Nama : Abat Alif Verdiansyah

Hari pertama liburan saya pergi bermain ke lapangan bola,setelah lama sekali main bola kami pulang ke rumah,suara azan terdengar berkumandang dari mesjid saya menunaikan shalat zudhur,selesai salat saya makan siang,istirahat dan tidur siang,karena saya sangat kelelahan.

Hari ke dua liburan saya pergi memancing bersama teman-teman,dan mendapat ikan selengek,ikan baung.ikan wader dan ikan nila dan saya pulang ke rumah,dan ikan -ikan yang saya dapatkan di tarok di kolam di belakang rumah saya.

Hari ketiga liburan saya main HP,karena hari minggu,saya main game di HP,selesai main Hp saya mandi kemudian makan dan menonton TV

Hari keempat liburan saya sakit,karena saya main hujan-hujanan,saya diantar berobat oleh ayahku ke Dokter,dan saya minum obat yang di berikan dokter,keesokan harinya saya tidak demam lagi,panas badan saya turun,saya bermain lagi bersama teman-teman.

Keesokan harinya saya bermain sepeda bersama teman-teman,dan bermain bola lagi di lapangan sampai sore hari. hanya itu cerita saya di saat liburan sekolah dan saya sangat senang dengan liburan kali ini.

Nama Felysiya Xena Zohandra

Hari pertam liburan aku pergi ke rumah ibu ayahku,disana aku main kim,tradisi Pariaman yang diiringi musik,dan kita mendapat kupon serta hadiah,hari sudah menunjukan pukul 9 malam aku bersama ayah dan ibuku pulang ke rumah untuk istirahat dan tidur.

Keesokan harinya aku bangun pagi pukul 05.00,dan aku melaksanakan shalat subuh,lalu meraton bersama bersama kakak dan adekku,Keesokan harinya aku bersama keluarga pergi ke Water part di kampung sekucur,disana aku main sepuasnya,dan sore harinya aku bersama keluarga main ke puncak lawang,di sana aku foto-foto,dan menikmati pemandangan yang indah,dan matahari tenggelam.dan hari sudah malam aku pergi ke jam gadang di Bukit Tinggi dan bermain disana,pengunjung sangat rame sekali,dan kami sekeluarga sangat puas bermain,dan menikmati indahnya kota bukit tinggi pada malam hari.

LIburan sudah hampir selesai dan keesokan harinya saya pulang ke Penarik.Liburan semester 1 sangat  menyenangkan bagi saya dan keluarga saya.

Nama : Jumiatul Marisya

Hari pertama libur,sesudah bangun tidur,aku membersihkan tempat tidurku,kemudian aku mandi dan sarapan pagi,setelah itu aku membantu ayah membuka warung,dan membersihkan warung.setelah itu  aku membantu ibu mencuci piring dan menjemur pakaian.

Waktu sudah menunjukkan pukul 12.30,saya shalat zudhur,dan makan siang bersama keluarga,setelah itu bermain bersama kakak dan adekku,setelah puas bermain aku istirahat dan tidur siang,bangun tidur siap-siap berangkat mengaji.

Liburan semester 1 sangat menyenangkan walaupun di rumah saja,aku menikmati liburanku karena berkumpul bersama keluargaku..

Nama : Herliza

Pada hari pertama libur sesudah bangun tidur,aku mandi dan sarapan,dan bermain bersama kawan-kawan,sesudah bermain aku membantu orang tua,mencuci piring dan menjemur baju,setelah itu aku menonton televisi,selesai menonton aku bermain Hp,setelah puas bermain Hp aku tidur siang,mendengar suara azan berkumandang aku bangun dan melaksanakan shalat,dan pergi mengaji ke mesjid.

Inilah ceritaku selama liburan semester 1,walau di rumah saja,tapi hari-hariku sangat menyenangkan,karena bisa bermain dengan teman-teman, dan berkumpul bersama keluarga.

4.       Cerita Siswa Liburan Kelas III

Nama                  :Gilang

Saat aku libur hari pertama aku hanya bersantai dirumah dan saat hari kedua aku memancing ikan dikolam Nenekku. Aku mendapatkan ikan lele dan pada hari ketiga aku pergi ke pantai, aku melihat orang memancing dan aku bermain air pantai selesai itu aku melihat jajanan selesai itu kami pulang.

Nama                  : Khayla

Liburanku dirumah bersama keluarga

Pada suatu hari, aku membantu ibuku menyapu dan aku juga membantu ayahku menyiram tanaman,habis itu aku juga kepantai bersama keluarga. Aku main istana balon ,habis naik istana balon aku berenang dipantai habis aku berenang aku naik ayunan.

Nama                  : Aqila

Liburanku di Bengkulu

Disuatu hari aku dan keluarga pergi ke Bengkulu. Kami memakai mobil kijang,disitu mobilku mogok pas ditanjakan. Mobil kedua ikut berhenti untuk mencari batu dan akhirnya kami nyampai di Bengkulu sekeluarga. Kami berhenti di alfamard kami membeli makanan. Kami pergi ketempat cucu ibukku yang bernama kaiden disitu kami liburan ke kolam renang

Nama                  : Haris Nabiyan

Liburan Sekolah

Selama liburan semester kemarin aku pergi ke Padang panjang, sambil mengantarkan abang Hafids kepondok untuk menuntut ilmu. Aku dan keluarga  juga pergi ke muko-muko selama liburan sekolah. Kami juga pergi ke Tapan. Selama liburan aku juga ke pantai dan makan cemilan, dan aku juga bermain Lato-lato. Itulah ceritaku selama liburan semester.

Nama                  : Riama

Liburan Semester 1

Saat liburan semester kemaren saya dirumah saja bersama keluarga. Selama dirumah saya membersihkan pekarangan dan halaman depan dan belakang rumah. Setelah tanggal 01 Januari saya tahun baruan ke rumah,sepupu dan saudaraku, setelah itu kami kepantai dan melihat matahari terbenam yang indah. Tanggal 08 Januari 2023 aku dan semua keluargaku pergi ke pantai Pandan wangi, disana aku main air. Kami pulang jam 5 sore. Itulah cerita liburanku.

Nama                  : Tania

Liburan semester satu

Saat liburan saya dirumah bersama keluarga. Kami tidak jalan-jalan,walaupun demikian saya merasa senang,karena dapat berkumpul bersama keluarga. Saya juga bermain Game dirumah. Kami juga pergi ke pantai, saya bermain air disana. Ini lah cerita selama liburanku.

Nama                  : Arumi

Liburan Semester satu

Selama 2 minggu libur saya jarang liburan. Saya juga pergi ke kemun dimuko-muko, disana aku bertemu nenek,kakek. Setelah ke kebun kami pulang kerumah.Aku bermain bersama adik dan kakak. Kami menyiapkan jagung-jagung untuk malam tahun baru. Malam tahun baru kami bakar-bakar jagung,dan main mercon.

Nama                  : Shofy

Selama liburan aku membantu abangku mencuci motor,aku juga bermain bersama teman-teman. Saat bermain aku bertengkar dengan temanku karna Slaime,tetapi aku meminta maaf kepada temanku.

Nama                  : Farah Nabila

Liburan Semester satu

Selama liburan aku pergi ke Lubuk Pinang, Disana aku mandi di Sungai bersama keluarga. Ada mama,papa,adik dan kakak. Disana aku makan Pop mie dan teh panas. Setelah mandi disungai aku dan keluargaku pulang dan beristirahat. Dirumah aku juga membatu mamaku menyapu halaman,dan aku juga membantu papaku menyiram tanaman.

Nama                  : Zhafira

Liburan Ke Pantai

Saat Libur semester aku pergi ke pantai bersama keluarga. Aku sangat senang sekali, aku bermain dipinggir pantai. Aku dan adikku mencari kepiting dan kerang. Aku mengejar kepiting,sementara adikku mengumpulkan kerang. Aku tidak mandi dipantai dikarenakan ombak cukup besar. Itulah ceritaku selama libur semester.

Nama                  : Berlyan

Liburanku di Bandung bersama keluarga

Saat Libur semester aku pergi ke Bandung bersama keluarga. Aku sangat senang sekali. Kami menginap di Apatermen. Aku tidur dengan ayah dan ibu. Pagi harinya aku sarapan bersama keluarga,setelah itu aku pergi jalan-jalan ke Mall bersama keluarga.

Nama                  : Tenny

Liburanku di Bukit Tinggi

Liburan kemarin aku dan keluargaku pergi ke Bukit tinggi. Disana aku melihat Jam Gadang. Selama liburan disana aku sangat senang sekali.

Nama                  : Nabila Fatina

Liburanku

Aku selama libur kemarin ada pergi ke Pasar malam mukomuko. Aku berangkat bersama keluargaku. Besoknya aku pergi kepantai pandan wangi bersama keluarga.Disana aku mencari kerang-kerang.

Nama                  : Fida

Liburan Semester 1

Saat libur semester,aku liburan ke pantai. Aku berangkat bersama keluargaku. Disana aku mandi dan salto-salto. Aku juga makan-makan diwarung makan,setelah itu aku langsung pulang ke Penarik.

Nama                  : Kea

Libur semester kemarin aku dan keluargaku pergi ke Bukit Tinggi. Aku pergi naik mobil. Kami sempit-sempitan.Kami juga pergi ke Padang panjang. Disana kami juga singgah di Masjid. Itulah cerita liburanku.

Nama                  :Rizky Fajar

Liburan Semester 1

Libur kemarin aku bermain kerumah keluarga. Aku menolong keluarga bersih-bersih rumah. Selama liburan aku juga membantu ayahku berjualan dipasar.Dirumah aku bermain bersam dengan teman-temanku.Meskipun dirumah saja aku tetap merasa senang.

5.       Cerita Siswa Liburan Kelas II

Nama Siswa : Feby

Pada liburan kemarin saya dan keluarga pergi liburan kepantai, lanjut kami pergi ke Kerinci. Saya menginap di Hotel Madura, saya sampai di hotel malam hari saya dan keluarga tidur. Pagipun tiba saya pun mandi lalu sarapan, setelah itu saya kewaterboom, saya berenang setelah itu saya kembali kehotel Madura. Siangnya saya kesungai untuk memancing ikan, saat memancing ikan tiba-tiba angin kencang sehingga topi saya terbang kesungai. Saat mengambil topi saya terpeleset dan jatuh dipinggir sungai sehingga saya basah semua dan saya kembali kehotel. Besoknya saya pulang kembali ke penarik.

Nama Siswa : Rapha

Hari rabu aku pergi ke Bengkulu, jam 3 aku sampai di Bengkulu. Setelah sampai aku istirahat dan tidur dan bangun jam 09.00 pagi, setelah bangun aku main bersama adekku. Lalu jam 4 sore aku berangkat ke curup, aku sampai di curup jam 5 sore, lalu aku bermain bersama adekku ada 6, kami diajak kebukit Jipang bersama keluarga dan lainnya, disana sangat dingin lalu kami pulang ke Curup lanjut kami pulang ke Penarik.

Nama Siswa : Sofia

Pada suatu hari saya pergi kepasar, sepulang dari pasar saya dan keluarga pergi ke Kerinci. Di Kerinci saya bertemu dengan keluarga yang ada di Kerinci untuk bersilaturahmi, besoknya saya sudah pulang ke penarik. Hari berikutnya Saya ke SP 8 bersama ibu, ayah, adik dan nenek, pulang dari SP 8 saya berenang ke waterboom, setelah puas berenang saya kembali ke rumah.

Nama Siswa : Jaya

Pada saat libur aku dan keluarga siap-siap pergi berlibur ke muara sako, disana saya dan keluarga mandi-mandi atau berenang dengan gembira. Setelah puas bermain kami pulang ke Penarik. Besoknya saya pergi bermain ke pantai Pandan wangi. Saya bermain di pantai dengan senang. Hari berikutnya saya dan keluarga berlibur ke Bengkulu, di Bengkulu saya bekunjung ke pantai dan ke BIM untuk bermain. Setelah puas  bermain di Bengkulu saya dan keluarga pulang kembali ke Penarik.

Nama Siswa : Ira Aprilia

Pada liburan kemarin saya pergi kerumah adek, kami pergi ke kebunnya di belakang rumahnya yang banyak tumbuh pohon stowberi, kami memetik buah stowberi dan memakannya, setelah itu saya dan keluarga serta adek dan kelurganya pergi ke pantai, sesampai dipantai kami bermain pasir pantai dan mandi dipantai, setelah puas bermain akhirnya kami pulang kembali ke rumah.

Nama Siswa : Ibnu

Saya dan keluarga pergi berlibur ke Bukit Tinggi, saya berkunjung di kebun teh, disana sangat indah, setelah dari kebun teh kami merasa lapar dan karena membawa bekal kami makan-makan di kebun teh. Setelah puas bermain di kebun teh kami pulang kembali ke Penarik

Nama Siswa : Anjani

Hari pertama saya libur sekolah saya bermain bersama adik saya yang bernama Kirana, kami bermain masak-masakan bersama-sama, sore harinya kami mandi setelah itu kami makan kemudian saya tidur bersama adik. Paginnya saya mandi dan makan baru belajar setelah belajar saya dan adik jajan ditemani bunda. Saya lalu pulang kerumah saya dan adik makan dulu baru makan jajan setelah itu kami mandi dan tidur.

Nama Siswa : Alwi

Liburan kemarin aku pulang kekampung yaitu Gunung Kerinci. Pagi-pagi setelah sarapan kami sekeluarga pergi ke waterboom, setelah dari waterboom aku ke kebun teh lalu aku ke kebun cabe, kebunku ada dua. Setelah dari kebun aku bermain ke taman kemudian aku pulang ke rumah. Malam harinya aku dan keluarga bersiap-siap untuk pulang ke penarik.

Nama Siswa : Grasela

Hari pertama saya berlibur kami berangkat dengan ayah, ibu, kakak adek, saudara. Kami ke Medan jam 4 sore. Malam kami makan di Padang, paginya kami berbelanja di Bukit Tinggi. Aku dan ibu berbelanja sanjai dan kami berangkat kembali, kami mampir di warung makan untuk makan. Kami berhenti di pom bensin untuk mengisi bahan bakar setelah itu kami pergi lagi, kami sampai jam 3 sore, habis itu aku taruh tas dahulu baru itu aku dikasih hadiah adat maisyai gaun boneka. Kakak uli, kak aurel, paman, dan bibi datang berkunjung, paginya kami ke waterboom. Bibi dan kak aurel beli mercon malam harinya kami main mercon dan pagi harinya kami pulang kembali ke penarik.

Nama Siswa : Arkhan

Pada suatu hari aku siap-siap ke pantai Abrasi sebelum kepantai aku makan dulu direstoran, nama restorannya Mas Pur setelah itu aku ke pantai Abrasi, aku berenang di pantai setelah itu akupun pulang

Nama Siswa : Ariffa

Hari pertama saya berlibur sekolah saya bermain bersama teman saya yang bernama Abil, Usna dan Dilan kami bermain ayunan dan kami pulang makan siang agar tidak sakit perut. Dan besok harinya saya membantu ibu saya menjaga adek yang dititipkan kepada ibu saya sampai ibunya pulang kerja. Sore minggu saya pergi ke pantai bersama ayek saya dan ibu. Saya pergi kepantai pandan wangi saya meliahat anak-anak yang sedang mandi di pantai.

Nama Siswa : Farid

aku  mengisi liburan dengan bermain bulu tangkis di lapangan dengan teman-teman. Aku juga pergi memancing ikan dan aku mendapatkan ikan nila. Aku membatu ibu menggosok baju serta membantu abang dan kakakku. Aku bermain bersama teman-teman yang dekat rumahku yang tidak pergi jalan-jalan.

Nama Siswa : Akma

Aku liburan ke kerinci bersama keluarga setelah sampai di kerinci aku makan kemudian aku ke kayu aro aku melihat kebun teh. Aku menginap di kerinci dan besoknya aku pulang kembali ke penarik. Aku juga pergi berlibur ke pantai dan waterboom. Di waterboom aku mandi dan berenang bersama keluarga, setelah puas berenang akupun pulang kerumah.

Nama Siswa : Boy

Aku siap-siap dirumah dulu habis siap-siap aku pergi ke kerinci terus aku lewat gunung kerinci dan melewati kebun teh. aku makan dekat danau kerinci habis makan aku menginap di hotel, aku menginap selama satu hari, dari kerinci aku ke Bukit Tinggi, aku pergi ketempat wisata yang ada di Bukit Tinggi aku foto-foto disana. Aku menginap di Bukit tinggi Semalam besoknya aku kembali ke penarik.

Nama Siswa : Julia

Hari pertama saya libur sekolah saya bermain bersama teman-teman yang bernama fida. Saya membantu ayah saya yang bekerja dengan ibu kak diva menjual gorengan, saya membantu menggoreng dan melayani pembeli. Pada malam minggu setelah jualan saya membeli lato-lato. Besoknya saya kepantai Abrasi, Pandan Wangi dan Mukomuko. Saya mencari batu dipantai dan mandi dipantai.

Nama Siswa : Tama

pada liburan semester 1 kemarin saya bersama keluarga pergi jalan-jalan menggunakan mobil.  kepantai saya bermain istana balon dan etipi, disana juga saya berfoto-foto bersama keluarga untuk kenang-kenangan. Setelah berfoto-foto saya bermain air laut sambil memancing ikan dengan ayah. Setelah dari pantai saya dan keluarga pergi kekebun jeruk. Saya memetik buah jeruk dan memakannya rasanya sangat manis. Sebelum pulang ke Penarik saya mampir ke rumah oma dan opa yang tinggal di Mukomuko.

Nama Siswa : Kasih

Libur semester ini,saya pergi berlibur ke rumah bapak saya. Disana saya berjumpa kakek, nenek dan keluarga besar bapak saya. Selama liburan di sana saya selalu ikut nenek kekebun, di kebun saya ikut membantu mengambil buah sawit yang sudah terpisah dari tandannya.Sepulang dari kebun saya bermain dengan anak-anak bibi saya, kami pergi bermain di pinggir sungai dekat rumah nenek. Mengasikkan sekali selama libur, karna di sana cuaca nya sejuk sekali ,lingkungan sekitarnya banyak pepohonan. Tak terasa waktu liburpun sudah mau berakhir saya kembali kerumah ibu saya.

Nama Siswa : Umam

Saat liburan kemarin saya tidak kemana-mana, saya di Khitan, saat d khitan saya merasa takut sehingga semua keluarga merayu dan membujuk saya supaya saya tidak takut. Akhirnya saya selesai juga d khitan. Malam hari nya d rumah saya melakukan doa selamatan atas di khitannya saya. Banyak keluarga dan teman yang datang mengunjungi saya, mereka membawa berbagai ,macam hadiah seperti uang dan makanan.

Nama Siswa : Safitri

Saat libur tiba,saya tidak pergi kemana-mana.Saya di rumah saja membantu orang tua saya dan mengasuh adik saya. Selama libur saya cuma bermain dengan adik dan teman-teman. Meskipun tidak kemana-kemana tapi saya merasa senang,bisa membantu aktivitas orang tua di rumah.

Nama Siswa : Lutfia

Di saat libur,kami pergi jalan-jalan ke kerinci. Di sana kami mengunjungi objek wisata yang ada di kerinci. objek wisata yang ada di sana cukup banyak cuma kami dapat mengujungi objek wisata kebun teh yang berada di Kayu Aro. Setelah menikmati pemandangan kebun teh kami langsung menuju kota Padang.

Sampainya di kota Padang kami menginap di hotel, keesokkan harinya kami pergi bermain di Mall, di sana kami asik bermain permainan yang ada di dalam mall. Setelah puas bermain kamipun pulang menuju kekampung halaman orang tua saya. Selama di kampung saya pergi ikut nenek saya kekebun, di kebun nenek saya banyak sayuran, kami pun ikut memetik sayuran yang ada di kebun. Asik berlibur, tak terasa waktunya libur sudah mau selesai, akhirnya kamipun pulang ke penarik.

Nama Siswa : Ufaira

Hari libur sekolah aku pergi pulang kampung, disana aku pergi ke kolam berenang bersama keluarga, aku berenang bersama abang, adik, ibu, ayah dan nenek. Setelah berenang aku makan popmie bersama abang dan adik. Selain berenang di d kolam aku juga bereng di sungai karena rumah nenek di kampung dekat dengan sungai.

6.       Cerita liburan sekolah siswa kelas 1

NAMA    : FARHAN

Malam Tahun Baru membakar ikan

Saat liburan kemarin saya di rumah saja,bersama adik baru saya yang baru lahir.

Adik saya terlahir kembar.kedua adik saya laki-laki.

Liburan kemarin saya mendapatkan sepeda baru dari lkakek saya

Pada malam tahun baru saya membakar ikan bersama kel;uarga saya.

Itulah cerita saya di waktu libur.terima kasih.

NAMA      :HABIB

Liburan Di Pantai.

Waktu libur sekolah aku di ajak mama dan papa pergi ke pantai,senangnya hatiku

Pergi ke pantai bersama papa mama dan adikku

Aku melihat air laut dan pantai yang sangat indah.

Aku berjalan di pantai sambil bermain ombak,hatiku sangat senang

Tak lupa aku membeli ikan cupang untuk di pelihara.terima kasih.

NAMA       : GIBRAN

Hari pertama aku pergi ke lubuk pinang,aku mandi di sungai.habis mandi aku makan

Pop me dan teh.

Hari ke dua aku main ke pantai aku bersantai bersama mama dan papa.

Hari ke tiga aku sudah sampai di penarik.aku senang dengan liburan ini

Terima kasih.

NAMA       : RACHEL

Pada suatu hari saya dan bunda berlibur di rumah kakek

Disana saya bertemu banyak keluarga dan saya bertemu teman-teman yg sangat baik

Saya gembira bisa berlibur di rumah kakek,semoga liburan selanjutnya saya bisa liburan

Lagi.di rumah kakek bersama ayah dan bunda.terima kasih.

NAMA      : MEKA

Berlibur ke pulau jawa

Aku bersama keluargaku pergi berlibur ke pulau jawa.aku juga melihat abangku yang di pondok

Setelah itu kami jalan_jalan ke mol

,di sana ada banyak permainan salju,ada permainan mandi bola,seluncuran ,naik mobil kecil

Naik motor kecil,dan ada banyak lagi permainan yang lainnya.

Kami juga makan siang,ayam ciken.jajan es krim turki.kami melihat patung singapur.

Akhirnya kami kecapean dan pulang istirahat.terima kasih.

NAMA      : RAFKA

Liburan semester kemarin aku dan keluargaku pergi ke kampung,kampungku terletak di surantih,sumatra barat.

Di sana kami pergi ke pantai,di pantai kami menyewa motor -motoran.kami juga bermain ombak

Liburan kami sangat menyenangkan .lalu kami pulang ke penarik.terima kasih.

NAMA       : RAYSA RAMADANI

Hari-hari yang begitu menyenangkan untukku di saat libur sekolah kemarin ,selama libur aku

Mengisi hari-hariku dengan kegiatan di rumah bersama keluarga.

Kita membikin suasana rumah yang tidak membosankan.kita membikin kue.bermacam-macam kue kita bikin ,yang sangat menyenangkan sekali papa dan bunda memberikan kami kegiatan

Yang begitu menyenangkan,aku berenang bersama kakak adik di rumah,kami lakukan setiap hari.terima kasih.

BAB III

PENUTUP

Buku inspiratif tentang kisah liburan Sang guru, kepala sekolah  dan siswa SDN 16 Penarik  bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan Literasi sekalipun sederhana yang di ceritakan mudah-mudahan bisa menimbulkan makna yang besar.

Harapan kita semua warga sekolah gemar menulis dan gemar membaca sesuai dengan kurikulum yang sedang dijalankan oleh Pemerintah saat ini Kurikulum Merdeka dengan menitik beratkan Literasi, Numerasi dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Buku ini mengisahkan tentang memanfaat masa liburan sekolah, dalam ceritanya bermacam – macam yang dikisahkan, dan dalam buku ini kita bisa melihat apa aktifitas dari penulis selama liburan.

Buku ini bisa juga jadikan sebagai tahap membiasakan diri untuk senang menulis dan membaca sekalipun ceritakan yang ditulis itu singkat.

Buku ini juga bisa menjadi penggunggah imajinasi yang tinggi bagi pembaca untuk membayangkan  kegiatan selama liburan untuk divisualisasikan dalam pikiran bagaimana liburannya yang terisi dengan penuh makna dan bermanfaat.

Terimakasih kepada semua pembaca dan yang telah mendukung diterbitnya buku ini.